Wednesday, December 28, 2016



Hello long weekend..nice to see you again..
Liburan long weekend kali ini si Ayah ngajakin ke Bandung (lagi).. walopun dalam beberapa bulan ini udah mondar mandir Bandung, tapi teteup tak kenal bosan kalo diajak ke kota ini lagi.  Itinerary liburan kali ini lebih ke wisata alam,  yang bisa dinikmati tua muda, karena kali ini kita ajak mbah dan mbah uyut Namnam untuk explore Bandung.

Long weekend ditambah kabar jembatan Cisomang yang retak, as always Ayah pun minta kita berangkat pagi-pagi buta, bahkan matahari pun masih malu malu keluar dari peraduannya.  Berangkat jam 4 pagi dan Alhamdulillah lancar jaya.  Rencana kita adalah mandi-mandi air panas yang istilah kerennya hot spring water, tapi kita galau mau ke Sari Ater kah or ke Maribaya yang lagi hitzz. Setelah menimbang, browsing dan memutuskan, akhirnya kita pilih dua-duanya..haha..Ok let's go

Kita sampe destinasi pertama yaitu Sari Ater Hot Spring jam 7 pagi. Dan ternyata, Sari Ater baru buka jam 8 pagi..krik-krik..akibat terlalu semangat dan lupa browsing jam buka..hehe.  Menunggulah kita sambil liat-liat Sari Ater Resort yang juga menyenangkan. Tentang Sari Ater sudah pernah dibahas sebelumnya, monggo klik disini.

Puas mandi-mandi di Sari ater, kita menuju lokasi kedua Maribaya Natural Hot Spring Resort. Sebenernya Maribaya Natural Hot Spring Resort ini adalah request Bubu, ga lain ga bukan adalah karena penasaran yang mana katanya tempat ini baru dipugar, jadi lebih kekinian dan kece.  Masa sih? Ayo kita buktikan.



Lokasi Maribaya Nature Hot Spring Resort ada di Jl.Maribaya No. 105-221, Langensari, Lembang.  Kalo dari Sari Ater, jaraknya kira-kira 15 km atau ditempuh selama 30-40 menit dengan catatan ga macet ya sodara-sodara.  Tapi long weekend kemarin traffic cukup bersahabat dengan kita..cuss..meluncur lancar sampe Maribaya.


Kawasan Maribaya ini terbilang masih sejuk karena masih dikelilingi oleh pepohonan di sepanjang areanya.  Karena datang pas banget jam makan siang, kita memutuskan untuk lunch dulu di area food court yang ada di sebelum pintu masuk Maribaya resort.  Food court yang didesain dengan ornamen kayu ini cukup catchy dengan berberapa pilihan makanan yang namun sayangnya beberapa stall tutup.  Dari semua makanan yang kita pesan seperti mie kocok, nasi goreng, ayam lada hitam dan nila goreng semuanya enak dan pas di lidah kami.  Kalo soal harga, yaah standar makanan di food court mall lah kira-kira.



Perut sudah membuncit, ayo deh bakar lemak sambil zalan-zalan menikmati Maribaya Natural Hot Sring Resort.  Untuk masuk kawasan  Maribaya Natural Hot Sring Resort kita dikenai tiket masuk Rp. 35.000,- per orang dengan dapat free air mineral.    Oya anak di atas 5 tahun sudah dikenai tiket full ya.  Walopun judulnya aja Hot Spring Resort, dengan harga tiket masuk segitu lupakanlah dulu  leyeh-leyeh berendam di air panas secara ghraatiss.  Karena untuk bisa berendam ternyata ada tiketnya lagi dan bayar lagi.. Hiks. 



Okelah marilah kita explore.  Dari mulai tiket yang menggunakan kartu pastik selayaknya e money, mesin tap in di pintu masuk, udah menunjukkan betapa kekiniannya tempat ini.  Begitu lewat entrance gate, kita disambut jembatan dengan frame kayu yang menarik banget dan instagram friendly banget.  Lewat dari jembatan di sisi kanan kita akan liat arena permainan anak yaitu billyard raksasa yang mirip lapangan futsal mini dengan bola billyar segede bola futsal dan catur raksasa dengan pion catur gambar kerajaan monyet yang unyu-unyu.



Sisi kiri ada aneka rumah rumah lucu yang nyediain mulai dari kopi, pizza, jus-jusan, dan beberapa makanan lain.  Setelah pesan makanan kita bisa pilih mau duduk-duduk cantik di bangku-bangku kayu serasa piknik di hutan, bisa juga leyeh-leyeh santai di saung-saung lengkap dengan bantal-bantal dudukan dan view sungai.





Ga jauh dari tempat makan itulah kolam rendem pertama bisa kita liat.  Tiket masuk kolam rendam ini  yang paling murah, rendam-rendem kaki/ foot spa Rp.25.000,- dan buat kolam rendem seluruh badan Rp. 35.000,- buat kolam aja atau Rp. 40.000,- untuk paket dengan minuman hangat. 





Karena sudah puas berendam air panas di Sari Ater, kita kurang tertarik untuk berendam di sini,  Kita lanjut ke area sky bridge.  Sky bridge ini jembatan kayu yang melintasi pohon, agak mirip sama jembatan di Kings Park hanya ini versi kayu dan versi mininya.  Di ujung sky bridge ini ada jembatan tali yang kalo mau melewatinya harus bayar Rp. 5.000,-.  Dari Sky Bridge ini arena anak-anak udah menghampar di depan mata, bikin ijoo mata anak Bubu, si Namnam tea...



Arena anak-anak terbagi menjadi 2, mini zoo dan playground.  Untuk minizoo cuma ada 3 jenis hewan sih : Taman Kelinci, Ayam Kate dan Rusa.  Taman kelincinya kuecil dibanding dengan yang di Dusun Bambu or di Ciwidey.  Kelincinya pun ga seberapa banyak.  Tapi murmer, cuma Rp. 5.000,- untuk sekeranjang wortel sebagai syarat masuk taman kelinci.  Ayam katenya juga lagi di kandang, ga ada yang kelihatan berkeliaran.  Dan untuk rusanya ada 2 dan lagi bobo dua2anya..huft.  Oya tambahan atraksi disini adalah rumah hobbit, mayan lah buat poto-poto.



Selanjutnya area playground.  Kalo versi bubu sih, playgroundnya Ok banget untuk harga tiket masuk cuma Rp. 10.000,- per anak dibandingin di Dusun Bambu yang harus ngerogoh kocek Rp. 50.000,- or di mall yang lebih mahal lagi.  Permainan cukup menantang motorik anak, dari manjat, memutar ban, balok keseimbangan, terowongan dan ayunan di pinggir tebing.  Hepi deh anak-anak main disini kayak Namnam yang ga ada capeknya nyobain macam-macam permainan di sini.   Yang bisa ngeberhentiin Nam adalah karena tiba-tiba dia lihat area melukis di atas kaos yang mana tokoh favoritnya si little pony ada disana.  Mulailah dia merayu Bubunya biar bisa melukis di atas kaos.  Daaan...she's very happy dibolehin ngelukis.  Lumayan ada buah tangan sepulang dari sana..kaos little pony.



Di bawah area permainan anak ini ada air terjun yang cukup besar dan deras.  Yang menarik di air terjun ini dibuat dek untuk menikmati air terjun, malahan di sisi lainnya ada pancuran dari air alami.   Di area atas air terjun dibuat arena love lock.  Kayaknya love lock ini lagi booming banget ya, di beberapa tempat wisata banyak banget ketemu si love lock ini.  Sebenernya bingung juga apa fungsinya, selain ga percaya tahyul juga.  Tapi sisi positifnya sebagai penanda jejak 'was here' bahwa kita pernah kesini.

Buat yang niat berendam, di sini ada kolam rendam VIP.  Yang mana ada kolam utama dan ada kolam mini mirip jacuzi dengan view lembah dan air terjun.  Menurut bubu kolam mini ini keren, mirip onsen alami di Jepun sana.  Cuman namanya juga VIP ya, masuk kesananya lumayan ngerogoh kocek dalem, tiket masuknya Rp. 90.000,- per orang. 



Buat yang seneng private or malu berendam diliat orang banyak, bisa juga ke kamar rendam.  Kamar rendam ini mirip kamar mandi dengan bath tub yang bisa muat 2 orang.  Menurut Bubu sih kurang seru ya.  Kalo cuma di kamar mandi sih berendem aja di kamar hotel..hehe.  Tapi kembali selera sih kalo pengen ngerasain air hangat mengandung belerang di dalem kamar mandi sih, boleh lah dicoba.



Fasilitas lain, adalah resto dengan view air terjun, resto ini menarik dan cozy nampaknya.  Selain itu buat yang suka petualangan bisa juga rafting di sungai Cikawari.



Overall, personal opinion Bubu nih, kelebihan tempat ini adalah 1 stop entertainment, buat nikmatin alam, momong bocah, konkow-konkow sambil ngemil, dan berendam air panas pastinya.  Good point juga petugas-petugasnya terlatih dan ramah-ramah, area yang masih bersih minim banget sampah, dan fasilitas umum seperti toilet dan mushola yang masih well maintained.  Rekomendasi untuk improvement dari Bubu : Mini Zoonya ditambah lagi donk hewan-hewannya dan karena judulnya Natural Hot Spring Water, andaikan disediain area air panas yang gretong alias free buat icip-icip air panasnya pasti lebih yahuud deh.  Maribaya worth it to visit??Absolutely yess.




1 comments :