Saturday, May 14, 2016


Begitu tau sekolahnya mau outing ke D’Kandang, bukan main girangnya anak ini.  Iseng-iseng pas mau bobo, kita browsing deh soal D’Kandang, makin ga sabar donk Namnam menunggu hari H tiba.

Hari yang ditunggu-tunggu datang juga.  Dari pagi-lagi buta Nam sudah bangun, langsung ngingetin Ayah Bubunya buat siap-siap anterin Nam ke D’Kandang.  Ok let's go Nam.


D’Kandang berlokasi di Jl.Penarikan, Pasir Putih Sawangan, sekitar 1jam-an dari lokasi kita.  Begitu tiba, anak-anak disambut oleh pemandu, kita poto-poto dulu donk ya di depan D’Kandang...  Semua bilang…. Jaheee...  cekrek... cekrek. 

Di loket pintu masuk terdapat keterangan tentang paket-paket kegiatan yang dapat dilakukan disini, berapa harganya, macam-macam deh.... Silaken ya dibaca sendiri :)



Masuk kedalam, kami menyelurusi jalan dan beberapa wahana yang masih dalam pembangunan.... Hmmmmm.... Masih terus membangun ya ternyata D'Kandang, sekarang aja udah bagus, apalagi kalau bener-bener selesai dibangun semua wahananya.... Bagus banget kayanya nih jadinya....


Teruslah kami mengikuti kakak pemandu berjalan menikmati suasana D'Kandang untuk menuju ke Pendopo untuk kumpul terlebih dahulu. 


Sampailah anak-anak ke pendopo untuk mendapat pengarahan dari kakak-kakak pemandu yang emank rikues dipanggil kakak biar mudaan, bukan om atau bapak ya... ingat adek adek... hehe oke deh kakaak.....  

Pendopo ini sangat luas dengan sekat-sekat yang bisa digunakan oleh beberapa group. Hari itu saja dipendopo itu kami bareng dengan 4 group lainnya. Belum dipendopo yang lain... Tapi jangan khawatir, sepertinya schedule sudah diatur dengan baik, jadi antar group tidak bentrok satu sama lain sehingga tournya bisa dilakukan dengan nyaman



Buat pemanasan nih, anak-anak dibagikan welcome drink berupa susu murni dan snack berupa agar-agar.   Anak-anak sudah kenyang, kakak pemandu mulai menjelaskan apa yang akan dilakukan nantinya di D’Kandang dan ditutup dengan penguin dance.  



Lucuu banget liat anak-anak ini joget ala penguin.  Jadi pengen ikutan nih Bubu, tapi kayaknya lebih mirip beruang kutub dibanding penguin.   :):)

Tour D’Kandang dimulai.  Stop pertama adalah mengenal Kokedama.  Dari namanya aja udah tau ya kalo teknik menanam ini berasal dari Purwokerto... eh Jepang maksudnya.  


Kokedama adalah teknik menanam dengan media lumut.  Bentuknya bulat mirip sabut kelapa dengan dililit benang warna warni.  Kokedama bisa dipakai untuk menanam anggrek dan beberapa bunga lainnya.

Kemudian lanjut ke ladang.  Di sini anak-anak mengenal tanaman kangkung dan beberapa sayuran lainnya.  


Di ladang tersebut banyak sekali tanam-tanaman yang sedang berbuah dan siap panen. Ada kangkung, bayam, terong, daun bawang, dan beberapa tanaman lainnya.

Setelah ke ladang, anak-anak diajak ke green house dimana sudah disediakan bak besar berisi media tanam dan dibagikan polibag dan sekop untuk masing-masing anak.  



Anak-anak belajar mengisi polibag dan menanam di dalam polibag.  Dan polibagnya boleh dibawa pulang lho, buat PR Ayah Ibunya nanam di rumah.

Lanjut ke tempat lain, yang katanya semacem rumah sakitnya tanaman.  Anak-anak mengenal beberapa teknik menanam tanaman dan bonusnya mereka disiram pake shower yang biasa untuk menyiram tanaman.  


Kena air siapa sih anak-anak yang ga girang. Coba dulu yang ngerasa pernah jadi anak kecill, ngacung kalo bilang nga seru....!!!  SERU.....!!! Biarpun mereka semua basah kuyup tapi hepii..... 

Kemudian anak-anak kembali ke ladang, anak-anak dikasih kesempatan  buat memanen daun bawang.  


Disini masing-masing anak-anak diperbolehkan untuk memanen tiga batang daun bawang... Asiik deh buat bubu masak di rumah.

Setelah mengenal berbagai tanaman, anak-anak diajak ke kandang sapi.  Sapi dari berbagai negara ada di sini.  Ada yang dari Belanda, Australia, sampe sapi lokal. Dari baby sapi, sapi remaja, sampe sapi yang dagingnya bisa buat makan sekampung, alias guede banget.  Anak-anak belajar memerah sapi disini. Secara bergantian mereka memerah cucu sapi.....Moooo.....!!!! 



Nam berani juga nyoba, walopun mukanya keliatan agak grogi... hehe.  Selain memerah sapi secara manual, dijelaskan juga memerah susu dengan alat dengan alat-alat pemerah.

Selesai liat sapi, anak-anak dihibur dengan naik delman keliling area D’Kandang.  Yippiee...  senangnya, sampe ada anak-anak yang minta nambah lagi. 



Tour dilanjutkan ke kandang kambing.  Disini kita bisa liat bayi kambing yang baru 5 hari ampe 3 bulanan.  Imut banget deh, sayang si Nam ga berani gendong.  Tapi anak-anak lain banyak lho yang berani gendong, lucuu kayak boneka.


Kita lalu diarahkan ke jembatan yang panjang dan berliku-liku, kemana ya gerangan tujuan si jembatan ini?  Ternyata ada bangunan putih besar yang diberi label Chickenology.  


Dari namanya aja bikin penasaran, yuk kita masuk.  Di Chickenologi ini dijelaskan aneka ilmu tentang ayam, jenis-jenis, jenis telur ayam, ayam petelur dan pedaging sampaisampai hasil olahan ayam.  Bubu dan ayah ikutan belajar deh, apa sih bedanya ayam broiler dan ayam kampung.  



Trus apa juga bedanya ayam pedaging dan petelur.  Bahkan pertanyaan legendaris "duluan mana ayam atau telur" bisa dijawab di sini.  Mau tau jawabannya?  Dateng aja langsung kesini.

Akhir dari jembatan ini adalah tempat yang namanya Rabitton... alias taman kelinci. Anak-anak berlarian kegirangan menuju taman kelinci ini.  




Tempat ini mirip dengan taman kelinci di Ciwidey cuman skalanya lebih kecil.  Kelinci lucu ini bisa dipegang, digendong, diajak main dan diberi makan.  Ga cuma kelinci, di sini anak-anak juga bisa memberi makan anak sapi, anak domba, dan ayam.


Come To NamNam Rabbit Jack....
Walah.... Disini nih bocah-bocah ini kejar kejaran dengan si Rabbit Jack... Seru banget deh...

Buat menutup tour hari ini anak-anak diajak ke wahana menangkap ikan... yeaay.  Kolam ikan di sini sepertinya well maintained, kolamnya bersih dan airnya bening.  Ikan-ikan disebar berenang kesana kemari, anak-anak berusaha nangkap sampe jatuh-jatuhan.  Tapi apa mereka kapok?  Tentu tidak, wahana ini kayaknya jadi favorit mereka.  Susaah banget diajak udahan.




Baju sudah kuyup, perut sudah lapar, mari kita mandi dan ganti baju, anak-anak.  Selesai mandi sesinya makan siang dan acara bebas.  Ternyata oleh-oleh belum selesai, sebelum pulang dibagikan es yogurt dan ikan untuk masing-masing anak.

Ohya.... Jangan salah lho, ternyata nga cuma anak-anak yang menikmati D'Kandang ini, berbarengan dengan kami juga ada group orang orang dewasa dan anak-anak muda ABG masa kini yang kesini juga.... Memang sih tempat ini sepertinya Instagramgenic, bentar lagi ruame deh ini tempat, terutama buat foto-foto :)




D'Kandang ini juga banyak dilengkapi dengan Toilet yang super bersih dan banyak sekali mushola bersih dimana-mana, keren.... 

Salut sekaligus PR nih buat management, semoga yang bagus-bagus ini selalu dimantain dengan baik sehingga terus nyaman untuk dikunjungi, aamiin...


Alhamdulillah acara lancar, cuaca cerah dan anak-anak senang.  Senyum anak-anak sepanjang tour dan banyaknya ilmu yang didapet, Bubu kasih 4 jempol buat tempat ini……

Nam & Friends Very Happy….


#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment