Wednesday, October 28, 2015



Late post nih pemirsah.... Sebetulnya ini Bubu buat waktu persiapan lebaran kemarin tapi ga pa pa deh telat.... Karena udah jadi ibu-ibu, pastinya kerjaan rumah tangga tak terhindarkan lagi ya. Dari beraneka macem kerjaan rumah tangga Bubu paling favorit banget sama masak. Bubu rela deh berjam-jam berkutat di dapur, tapi kalo disuruh beberes apalagi nyetrika, 15 menit aja udah bikin mood berceceran..haha.

Salah satu hobi pengusir bete Bubu emank masak, paling hobi deh ngulik-ngulik resep trus nyobain.  Beruntung deh Ayah Nam yang hobi makan, hampir ga pernah komplain sama hasil trial resep Bubu, walopun kadang rasanya masih jauh dari harapan.  Tantangannya adalah si Nam, kalo dia doyan, berarti sukses berat deh trial resep Bubu.


Menyambut lebaran kali ini, pengen iseng-iseng ah trial resep kue kering.  Kali ini pilihan Bubu jatuh kepada kue Nastar, Kue Lidah Kucing dan Kacang Bawang. Kenapa sih bikin kedua kue itu, selain karena Nastar adalah kue favorit Ayah dan Lidah Kucing adalah kue favorit Nam, Nastar di resepnya hanya butuh kuning telor, nah kalo si Lidah Kucing hanya butuh putih telor.  Pas kan, ga ada tuh telur-telur yang dibuang, semua habis diberdayakan untuk resep kedua kue ini.  Ini dia resep hasil browsingan yang sakses bikin Nam n Ayah nambah lagi dan lagi :

Kue Nastar :

Selai Nanas :
1 buah Nanas diparut
3 butir cengkih
2 batang kayu manis
100 gr Gula pasir

Kulit Nastar :
200 gr mentega
50 gr margarin
250 gr tepung terigu
150 gr tepung maizena
50 gr susu bubuk
3 butir kuning telur
Vanili

Cara membuat selai :
Masak parutan nanas di atas wajan dengan api kecil, campurkan cengkih, kayu manis, gula pasir dan aduk-aduk sampai kecoklatan.

Cara membuat kulit nastar:
  1. Kocok mentega, margarin dan vanili sampe agak lembek
  2. Masukkan kuning telur satu per satu dan matikan mixer
  3. Masukkan tepung terigu dan susu sedikit demi sedikit, aduk lembut adonan dengan spatula
  4. Tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur merataa
  5. Bentuk adonan sesuai selera dengan selai nanas di dalamnya
  6. Olesi telur dan taburi keju parut
  7. Panggang kira-kira 20 menit/ sampai kecoklatan kuning telurnya




Kalo Nastar yang dipake kuning telurnya, Lidah kucing yang dipake adalah putih telurnya.  Untuk resep lidah kucing, this is it :
- 160 gram tepung terigu berprotein rendah
- 50 gram tepung gula (diayak)
- 200 gram margarin
- 10 gram susu bubuk
- 100 gram tepung gula
- 5 putih telur

Cara membuatnya  :
  1. Aduk margarin sampai lembut.  Lalu masukkan deh 50 gram tepung gula, kocok hingga lembut
  2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk dalam adonan margarin sebelumnya.  Aduk sampai rata
  3. Kocok putih telur sampai mengembang dan tambahkan 100 gram tepung gula sedikit-sedikit.  Masukkan ke dalam adonan sebelumnya, sedikit-sedikit
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik.  Ambil di salah satu sisinya hingga berbentuk seperti kerucut, dan robek bagian bawahnya.  Ini akan memudahkan menaruh adonan ke dalam cetakan
  5. Panggang di oven 140 derajat sampai 15 menit.



Well pemirsah.... timingnya agak nga tepat sih realease artikel ini sekarang. Tapi kan bikin kueh nga harus mau lebaran khan.....?!?!?! 

0 comments :

Post a Comment