Saturday, November 16, 2013


Di sela-sela tugas luar kota, Bubu kadang sempatkan untuk coba kuliner lokal. Jambi adalah kota yang sering Bubu kunjungi. Berikut jajanan favorit Bubu selama di sana :


1. Mpek mpek
Lho kok di Jambi ada Mpek mpek..nah begitulah adanya. Mpek mpek menjadi salah satu jajanan favorit Bubu kalau sedang berkunjung ke sana. Di Jambi banyak sekali warung sampe resto Mpek mpek. Banyak macam brand2nya..salah dua favorit Bubu adalah Mpek mpek Sumsel di daerah Talang Banjar dan Selamat yang banyak cabangnya di seputar Jambi. Berbeda dengan di Jakarta dimana Mpek mpek dipesan dulu baru disajikan.

Di Jambi, beraneka jenis Mpek mpek langsung disajikan di piring. Tinggal kita memilih mau makan yang mana. Nah kita hanya membayar Mpek mpek yang kita makan. Hmm..cara penyajian yang begini ini yang sering bikin ga sadar ternyata sudah makan banyak..ups. Selain Mpek mpek, tersedia juga jajanan lain seperti model, tekwan, lenggang dan lain lain. Semuanya maknyus..

Untuk desert kita bisa pesan es kacang merah yang rasanya segar manis dan lembut kacang merahnya. Enaknya komplit. Untuk oleh-oleh sudah tersedia Mpek mpek yang siap packing. Jangan lupa juga beli kerupuk ikan yang asik banget jadi cemilan or temen makan.




2. Dendeng batoko
Ini pun menu favorit Bubu. Daging yang lembut banget dengan 2 macam sambal, yaitu sambal tempoyak dan sambal merah, dua duanya enaak. Langganan Bubu adalah Dendeng Batoko pusako di daerah telanai. Dendeng ini pun bisa dijadikan oleh-oleh.



3. Durian
Memang di Jakarta pun banyak Durian, tapi Bubu jarang kecewa kalau makan Durian disini. Biasanya Bubu beli Durian di daerah tugu juang atau langsung di Sengeti. Di sekitar penjual Durian juga banyak yang berjualan lemang. Makan Durian dicampur lemang maknyuss rasanya.




4. Jajanan di dekat Abadi
Karena Bubu biasanya menginap di hotel Abadi, untuk makan malam biasanya cari yang tidak jauh2. Favorit Bubu adalah Pecel Ayam di sebrang swalayan Abadi. Bubu nobatkan ini jadi salah satu pecel ayam terenak yang pernah Bubu makan. Tersedia ayam kampung dan ayam negeri, ada juga lauk lain, seperti lele, ikan, belut. Sambalnya maknyus banget dan klo ngasih lalapan ga kira-kira banyaknya.

Makanan maknyus lainnya Tenda Sop. Di sini tersedia sop sapi, sum sum, maupun ceker ayam. Rasanya jangan ditanya, gurih dan enak. Dengan harga bersahabat juga. Sebetulnya masih banyak kuliner khas Jambi lainnya. Hanya karena biasanya waktu terbatas kalau disana, jadi terbatas juga waktu wisata kuliner Bubu di sana. So, klo berkunjung ke sana, jangan lupa puaskan lidah dan perut tentunya.

0 comments :

Post a Comment