Friday, May 29, 2015


Sebagai anak cewek, apalagi baru 4 tahun, si Nam kadang kurang berani mencoba hal baru.  Pertama kali ke sekolah takut dan malu-malu, boro-boro masuk kelas, melangkahkan kaki masuk halaman sekolah aja takut.  Pertama kali di ajak berenang sama sekolahnya, jejeritan, kena air aja nangis kejer, dan meluk Bubunya ga henti-henti.  Nyobain mainan di sekolah pun awalnya takut-takut.


Nah tiba saatnya ni outing dari sekolah di tempat outbond yang berlokasi di kawasan Pasir Putih, Depok.  Maklum ya anak-anak playgroup dan TK, maka acara pun dibuat se-light mungkin.  Awalnya Nam ga mau lepas dari Bubunya, maju ke depan ga mau, ikut lomba pun malu-malu.  Dirayu pelan-pelan sambil di'gombal'in mau dikasih jajan kesukaannya, mau juga deh..hehe.


Diawali dengan lomba gambar, yang mana jadi hobinya sekarang, Alhamdulillah mau juga ikutan.  Walopun malu-malu minta crayon dengan warna sesuai keinginannya, tapi selesai juga mewarnainya.  Memang, hasil mewarnainya belum terlalu rapi, tapi keberanian dan kreatifitas si Nam dalam mencampur warna, bikin komposisi warna ikan yang out of the box (temanya bawah laut), sudah bikin Bubunya bangga.


Lanjut dengan lomba menangkap ikan.  Nam yang ketakutan, mau juga nyebur ke kolam yang udah disebar ikan ini.  Tapi, dasar ya anak ini ga suka kotor dan agak parno binatang yang bergerak, ga lama si Nam minta mentas karena lumpur yang bikin kakinya kotor.  Sudah dirayu dengan sejuta cara tetep aja ga mau.  Ya sudah deh Bubunya nyerah.   Tapi ya jangankan si Nam, Bubunya aja ga berani disuruh megang ikan hidup.... hiiu..... sorakin Bubu.


Sudah kadung berlumpur, anak-anak ini dibawa outbond ke semacam jembatan bergoyang yang ada di atas kubangan air.  Mirip lah sama di acara Takeshi castle di tipi.  Si Nam juga awalnya takut wahana ini.  Bubunya deh turun tangan, pegangin tangan dia dari samping pada awalnya dan mundur pelan-pelan saat Nam keliatan udah berani.  Daan dia sukses sampe ujung tanpa nangis.  Yippie


Lomba tarik tambang memang biasanya buat babe-babe dan emak-emak, tapi ga ada salahnya donk anak-anak ikutan main.  Sebelum tarik tambang, Bubu kasih tau deh aturan maennya dengan bahasa NamNam, dan pas lomba kita ni suporternya alias emaknya anak-anak yang lebih heboh daripada pesertanya.  Si Nam dengan grupnya yang bodinya kecil-kecil, sukses berat memenangkan lomba tarik tambang ini.  Si Nam bukannya ketakutan, malah menikmati banget lomba ini.  Setiap habis selesai narik tambang, dia ketawa sumringah.  Oo..Good girl.


Dan soal berenang, sekarang sudah no problemo banget buat Nam.  Sejak belajar di kesempatan berenang pertamanya, dia dah bisa enjoy main air.  Ga ada tuh istilah takut air, ga berani nyebur dll.  Saking asiknya, yang ada malah takut disuruh udahan ama Bubunya..hihi.

In my point of view ni, takut or ga pe de di awal jangan dianggap si anak ga akan mampu menghadapi hal yang ditakutinya itu.  Kalo cara Bubu ni, bukan berdasarkan teori pakar anak, tapi pengalaman pribadi sebagai mama yang masih cetek pengalaman :

  1. Rayu lah pelan-pelan, Beri pengertian, semangat, dan tanamin percaya diri bahwa dia pasti bisa melewati tantangan ini.  Kadang-kadang sih pake gombalan dikit, mis : nanti dikasih makanan kesukaannya, diajak jalan-jalan atau apalah, yang penting ga lebay dan kita commit memenuhinya.
  2. Bikin suasana yang nyaman, misalnya ni kita dampingi dulu awalnya, terus kita mundur pelan-pelan sambil terus ngawasin dari jauh.  Yang penting meyakinkan dia, kita slalu siap sedia dampingin dia untuk nyelesein tantangan barunya itu.
  3. Kasih pujian kalo dia berhasil, dan kalo dia gagal pun teteup ya kasih semangat donk ya.
Kapan lagi ya outingnya.......

0 comments :

Post a Comment