Friday, June 5, 2015


Pulau Belitong ini terkenal dengan pantainya yang tenang setenang kolam renang dan berbatu-batu.  Ga lengkap rasanya ke sini kalo ga cobain island hoping.  Karena waktu sangat-sangat terbatas, kita memutuskan untuk island hoping ke 3 pulau yang katanya paling favorit aja, yaitu Pulau Batu Belayar, Pulau Pasir dan Pulau Lengkuas. 

Untuk harga sewa kapal dibanderol 450ribu dimana bisa muat 10 orang.  Jadi kalo mau irit.com, carilah temen untuk island hoping, jadi bisa share cost.  Untuk naik kapal kayu ini, kita wajib banget sewa pelampung, yang mana harganya 20ribu per pelampung, dan alat snorkling sekitar 40ribuan.  Kapal yang kita naiki memang kapal kayu tapi sudah bermesin motor, jadi lumayan lah ga selow selow amat sampenya.

Kita start dari Tanjung Kelayang jam 08.30 pagi.  Sayang banget island hoping kali ini disponsori sama cuaca mendung, jadi kita ga dapet deh langit birunya.  Pertama yang kita lihat adalah Batu Garuda, ga jauh dari Tanjung Kelayang.

Me and Batu Garuda

Batu Garuda ini cukup unik, karena bentuknya menyerupai burung Garuda.  Ga jauh dari situ kita mampir ke Pulau Batu Belayar.  Pulau Batu Belayar ini ga terlalu besar dan dipenuhi dengan batu-batu buesaar dan salah satunya lebar kayak layar perahu


Nam & Patrick


Mungkin karena ini ya disebut Batu Belayar.  Di Batu Belayar ini, kita bisa nemu bintang laut juga dan main-main di sekitar pantainya yang dangkal.

Ga lama kita di Batu Belayar, kita lanjut ke Pulau Pasir.  Pulau Pasir ini seperti gundukan pasir di tengah laut, dimana kalo udah sore katanya udah ga terlalu keliatan. Pulau pasir ini, pasirnya lembut dan airnya bening dan dangkal.


Nam seneng banget main-main pasir di sini sambil leyeh-leyeh di pinggir pantainya. Kami agak lama menghabiskan waktu di sini, karena liat si Nam betah. Pulau ini kayaknya juga favorit wisatawan, karena lumayan rame. 

pulau pasir

Di sini pun ada bintang laut yang ukurannya lebih besar dan jadi rebutan buat objek foto. Kasian juga sih bolak balik si 'patrick' ini diangkat dari laut, dan dimasukkan lagi. Kalo mau foto, sebaiknya jangan diangkat lama-lama. Cukup foto di sampingnya aja, yang penting bisa eksis sebentar sama si Bintang Laut Kece ini.

Selesai main-main pasir, kita lanjut ke Pulau Lengkuas.  Ga jauh dari Pulau lengkuas, kapal kita parkir sejenak untuk snorkling.  Jangan lupa ya bawa remah-remah kue, karena seru banget liat ikan bergerumul pas setelah dikasih makan.  Nam cuma ngasih makan di atas kapal aja, dia udah teriak kegirangan. 


Kalo Bubu dan Ayah coba snorkling, tapi ya karena cuaca kurang mendukung, kayaknya kita kalah dengan arus laut, jadi ga maksimal deh snorklingnya.  Ga lama setelah snorkling, ujan deras melanda.  Untung aja kita udah ga jauh dari Pulau Lengkuas, kita melipir ke Pulau Lengkuas untuk berteduh.

Sesampainya di Pulau Lengkuas, hujan deras dan orang-orang banyak yang cuma numpang berteduh di sini.  Sebenernya kita pengen naik ke mercusuar sambil menunggu hujan, tapi dilarang sama penjaganya.

Pulau lengkuas dan mercusuarnya dari kejauhan

Ternyata, kita ga boleh naik mercusuar selagi hujan untuk aspek safety.  Karena mercusuar ini terbuat dari besi, yang dikhawatirkan bisa tersambar petir saat hujan.  Sambil menunggu hujan, kita liat-liat dulu deh tempat penangkalan penyu di sisi Mercusuar.  Penyu-penyu bayi ini sukses bikin Nam terpana.  Lumayan lah untuk mengisi waktu.


Setelah hujan selesai, kita baru diperbolehkan naik ke Mercusuar.  Untuk naik ke atas, kita dikenakan sumbangan 5000 per orang.  Gapapalah mungkin untuk dana maintenance mercusuar ini.  Kita harus lepas alas kaki pada saat masuk mercusuar ini. Mercusuar ini terdiri dari 18 lantai dan 313 anak tangga.

yuk kita naik ke atas mercusuarnya...

Lumayan tinggi banget ya pemirsah.  Alhamdulillah, Nam did it...!!!  Dia berhasil naik tanpa digendong, yeay.  Walopun sempet berhenti di beberapa lantai, tapi dia kuat lho sampe ke puncak.  Dan begitu sampai di puncak, terbayarlah pegel-pegel kaki pas naik dengan pemandangan yang aduhai indahnya.  Keceeee banget deh Pulau Lengkuas dilihat dari puncak mercusuar…… sampe speechless.

Wowwww..... cakepnya pemandangan dr atas mercusuar...


Puas foto-foto, kita turun deh dengan si Nam yang minta digendong.  Bahu membahu deh Bubu dan Ayah gendong si gadis kesayangan yang udah kecapean.  Ah sampe juga ke bawah dan karena hujan berhenti, kita go home.

Untuk island hoping ini kita pesan makan siang ke kru kapal.  Sebenernya udah disiapin makan siangnya, tapi karena kita buru-buru.  Makanya kita mutusin makan di kapal aja deh.  Harga paket makan siang 60ribu per orang (kita ambil cuma 2 paket) dan menu yang didapet ikan bakar guede, udang bakar, cah kangkung dan aneka sambal.

ayo kita makan diatas kapal

Entah karena laper atau doyan, rasanya nikmaat banget makan siang di kapal dengan menu ini.  Si Nam hap-hap, lahap banget makannya,  Ga berasa sampe juga kita ke Pantai Tanjung Kelayang lagi.

Selesai deh agenda island hoping kita, memang kurang maksimal karena cuaca ga mendukung.  Tapi ya daripada penasaran, tetep ya kita asik-asik aja ngejalaninnya.  Smoga next time ada kesempatan kesini lagi dengan cuaca yang lebih bersahabat.

#Wonderful Indonesia

2 comments :

  1. Ahhh Belitung selalu ngangenin! Hebat banget Nam naik ke atas, aku aja belum:D

    ReplyDelete
  2. Hihi..untung aja ga minta digendong pas naik..bisa gempor deh kami Bubu Ayahnya :):)

    ReplyDelete