Friday, March 27, 2015

Gunung Fuji biasanya cuma Bubu liat di kalender, buku or brosur wisata, kesempatan ke Jepang kali ini ga lengkap rasanya kalo ga melihat langsung gunung tertinggi di Jepang ini.  Ada beberapa alternatif untuk melihat gunung ini, bisa via Hakone dan via Kawaguchiko Lake.  Karena yang dicover Kanto Pass adalah Kawaguchiko Lake, jadi sudah dipastikan trip ini yang kami pilih.

Sehari sebelumnya Bubu sudah janjian dengan Bunkey, Onti-Na dan Onti-Hes untuk ketemuan di Kawaguchiko Lake.  Mereka rencana berangkat jam 9.30 dari Shinjuku.  Bubu pikir kayaknya kesiangan ya, dengan yakin dan penuh gaya Bubu bilang sama mereka deh, kita kayaknya berangkat duluan pagi jadi ketemuan aja di sana..ya ya ya.  Di hari H, pagi-pagi dah rempong bener, masak   buat sarapan, bekal makan siang, ngerayu Nam mandi, beres-beres, dan kita baru selesai jam 8.30 aja.  Waduh siang amat, malu ni ama Bunkey dkk, kalo ternyata mereka yang sampe duluan.  Akibat persiapan yang ternyata super lelet itu, kita aga buru-buru jalan ke Shinjuku Station.  Untung lah kita masih keburu dengan jadwal yang bareng sama Bun Key dkk.  Dan pas ketemu mereka, sambil tersipu-sipu malu Bubu bilang, yah..kita sengaja kok siangan, males kepagian..padahal ya emank lelet aja :) 





Bagian dalamnya Kaiji Express


Untuk ke Kawaguchiko kita naik Limited Express Kaiji dari Shinjuku Station sampai ke Otsuki Station dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam.  Kemudian disambung Fujikyu Railways kurang lebih 45 menit.  Dan semua sudah include ke dalam Kanto Pass Fujikyu Railways ini bentuknya unik-unik banget, ada yang bergambar gunung Fuji, thomas n friend, kereta klasik dan yang mirip-mirip KRL.  Sewaktu berangkat kami dapat yang bergambar gunung fuji dan pulangnya yang mirip dengan KRL.



Pose di depan Fujikyu railway




Ini dia interior Fujikyu Railway
Perjalanan dengan Fujikyu  Railway ini semacem kereta wisata.  Kita melewati desa-desa dimana sakura udah mulai berkembang, Gunung Fuji, Fujikyu Highland dan sampailah kita ke Kawaguchiko Station.  Sayangnya selama perjalanan menuju gunung Fuji ini, si nam lagi agak-agak crangky, muka ditekuk ga mau senyum.  Bubu sempet khawatir juga takutnya dia kecapean habis main salju kemaren, waduh gimana ini.  Untunglah ketemu tante tante cantik yang menghibur Nam, jadi keluar lagi deh senyum manisnya.



Stasiun Kawaguchiko yang berlatar belakang cantiknya gunung Fuji


Sesampainya di stasiun sempet disorientasi arah deh kami, bingung mau jalan kemana.  Sempet liat beberapa shuttle bus, tapi karena berbayar males juga..hehe.  Karena pernah baca di blog sebelumnya juga, dari stasiun ke Kawaguchiko Lake jaraknya ga terlalu jauh dan bisa banget ditempuh dengan jalan kaki.  Setelah tanya petugas dengan bahasa inggris dicampur bahasa tarsan, ketemulah petunjuk menuju Kawaguchiko Lake.  Ternyata untuk ke Kawaguchiko Lake kita tinggal nyeberang dari stasiun, kemudian lurus aja ikuti petunjuk arah, sampai ketemu jalan besar kita ke kiri, jalan terus sampe ketemu tulisan Welcome to Kawaguchiko Lake.  Si Danau itu ada di sebelah kiri ga jauh dari tugu selamat datang itu.




Akhirnya nemu juga petunjuk arahnya..yippie

Jarak dari stasiun ke Kawaguchiko Lake sekitar 800m bisa ditempuh dengan jalan santai banget kira-kira 15 menit.  Yeea..nyampe juga kita di danau ini,danau yang tenang dikelilingi bukit-bukit.   But wait.. mana Gunung Fujinya, ngumpet dimana gerangan si gunung incaran kita itu.  Haha..kita disorientasi arah lagi pas sudah sampe danau ini, karena tujuan utama kita melihat Gunung Fuji, tapi sejauh mata memandang belum kelihatan Gunung itu.  Kita jalan menyusuri Danau ini ke arah kiri belum keliatan juga tanda-tanda gunung itu, sampai ketemu information board dan kita baca lagi informasi di situ.  Daan..masih keder juga.  Untung, kebetulan di belakangnya ada toilet, sekalian lah kita 'setor' disana sambil cari ilham..ihh. 



Bubu inget-inget lagi informasi yang ada di blog yang pernah Bubu baca *dan parahnya ga sempet diprint :( , kayaknya kita harus naik Kachi-Kachi Ropeway a.k.a kereta gantung.  Tapi Bubu cari, mana gerangan kereta gantung itu, karena biasanya di tempat wisata di kampung halaman, kereta gantung akan melintasi tempat wisata, dan sejauh mata memandang masih ga keliatan juga.  Sampe akhirnya kita memutuskan untuk balik arah, berjalan ke arah kanan dari danau ini.  Ternyata baru keliatan dimana kereta gantung berada, ada di atas bukit di depan danau Kawaguchiko ini.  Jadi harusnya pas datang, kita jalan ke arah kanan sampai ketemu bangunan coklat dengan jalan masuk tanjakan, dan nemu juga tulisan Mt. Kachi Kachi Ropeway.  Ahh..sampe juga..terharu.
Kachi Kachi Ropeway ini adalah kereta gantung yang akan membawa kita ke puncak bukit dimana Gunung Fuji akan kelihatan jelas.  Untuk biayanya, round trip (bolak balik) dewasa sebesar 720 yen dan Nam masih gratiss.. *masukin yen ke dompet lagi.



Pertama kali ni Bubu naik kereta gantung dengan body besar ya di Mt.Kachi Kachi Ropeway ini.  Biasanya kereta gantung yang Bubu tau yang cuma muat paling banyak 4-6 orang hadap-hadapan, nah kalo yang ini mungkin bisa muat hampir 20 orang dengan komposisi berdiri.  Berasa naik kopaja tapi mendaki bukit.

Ga sampe 5 menit, sampai lah kita di atas bukit.  Dan pemandangannya luar biasa indaah banget.  Alhamdulillah, berkah kita hari ini, cuaca di sini cerah ceria.  Gunung Fuji terlihat jelas banget tanpa ketutup awan.  Kita naik sedikit dari stasiun ropeway, disediakan teropong-teropong untuk mengamati Gunung Fuji lebih dekat.  Untuk menggunakannya kita harus nyemplung koin, tapi agak lupa berapa, kalo ga salah ga sampe 100 yen untuk 90 detik.  Si Nam senaang banget neropongin Gunung Fuji ini, dia minta neropong berkali-kali ga ada capeknya.  Untuk view lain, bisa juga dengan menaiki tangga lagi, dimana Gunung megah ini kelihatan lebih jelas lagi.  Oya Kawaguchiko Lake ini kelihatan super cantik dilihat dari atas bukit ini.




Asik neropong Gunung Fuji



Ga bosen-bosennya ni bocah intip-intip Gunung Fuji



Remaja masa gini pose di Lonceng cinta.... hehe


View Gunung Fuji di lihat dari observatory deck paling atas *maapkan kenarisan sayah



Kawaguchiko lake dari stasiun atas ropeway
Setelah hampir 2 jam di sini, kita memutuskan untuk pulang ke TokyoKarena kita ambil yang round trip, kita balik lah ke stasiun ropeway dan menunggu kereta gantung ini membawa kita ke bawah.  Oya untuk ropeway ini, bisa juga beli tiket one way, dan turunnya tracking alias jalan kaki, katanya sekitar 45 menit.  Kalo kita, mana sanggup, duduk manis aja deh di kereta gantung yang mengantar kita ke bawah.

Sambil menyusuri  jalanan pulang menuju Stasiun Kawaguchiko, banyak toko-toko souvenir bertebaran di pinggir jalan.  Souvenirnya unyu unyu banget, bahaya deh buat pecinta hello kitty, karena buanyak banget macemnya, bisa kalap..  Kalo harga memang sedikit lebih tinggi daripada di Asakusa, tapi banyak barang yang memang cuma Bubu liat di sini.  Haduh.... laper mata, untung inget masih panjang perjalanan di Jepun, jadi beli seperlunya aja. 
Jam setengah 3 kita sudah sampai lagi di stasiun Kawaguchiko untuk balik lagi menuju Tokyo.  Sepanjang jalan kaki dari dan menuju Kawaguchiko lake si Nam riang gembira banget, hampir ga pernah minta gendong, senangnya..  Untuk pulang rutenya masih sama, dengan Fujikyu Railway ke Otsuki Station lalu nyambung deh Kaiji Express ke stasiun Shinjuku.

Sampai di Shinjuku jam 5 lewat kita berpisah dulu dengan tante-tante cantik yang akan lanjut ke Osaka, sedangkan kita berencana window shopping ke Akihabara.
Unforgettable Mount Fuji.... see u latter..

Artikel Jepang lainnya:

12 comments :

  1. Halo mbak...makasih infonya ya...berguna sekali buat trip saya nanti. Oh ya, kereta dari shinjuku yang mau ke otsuki dan dari otsuki ke kawaguchiko itu ada jadwal tertentu ga? Atau keretanya ada terus sampai sore? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mbak rachma..salam kenal
      Sama2.. :) Untuk kereta dari shinjuku ke otsuki dan otsuki ke kawaguchiko ada jadwal-jadwalnya, tapi kalo kita kemarin sampai sekitar jam 3 sore masih ada. Untuk jadwal kereta, bisa dicek di www.hyperdia.com.
      have a nice trip :):)

      Delete
  2. Halo mba, saya juga rencananya mau ke fuji 2 weeks to go. InsyaAllah mau beli Kanto Pass juga (sekarang udah ganti nama jadi Jr Tokyo Wide Pass). Hmmm mau tanya, apa kereta Fujikyu Railways dari Otsuki - Kawagucgiko itu free (alias sudah termasuk dalam Kanto Pass)? Soalnya dr website Jr pass katanya Fujikyu Railways gak termasuk dalam JR. Semoga mba mau share ya pengalamannya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Novia, salam kenal. Kalo untuk Kanto Pass, Fujikyu Railways dari Otsuki-Kawaguchiko PP sudah termasuk mbak. Ternyata sekarang sudah diganti ya jadi JR Tokyo Wide Pass, kalo saya check mapnya di http://www.japan-guide.com/e/e2361_06.html sih harusnya termasuk ya. Tapi coba check n ricek lagi mbak..barangkali sy salah liat.
      Happy vacation mbak

      Delete
  3. Sampai di postingan ini gegara ngintip MtFuji, terima kasih mbak, ijin baca postingan lainnya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah..makasih ya udah mampir n sempetin baca baca. Dengan senang hati, silakan dibaca2 postingan yang lain.

      Delete
  4. waaah coba pasa lagi bunga mekar. bagus banget Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih..sayang banget salah timing..hiks. Mudah2an next time bisa dpt cherry blossom

      Delete
  5. mb mau tanya
    saya baca tata cara ke kawaguchu spt ini "Kemudian disambung Fujikyu Railways kurang lebih 45 menit.. " nah Fujikyu railways ini ada arah gak ? apa semua fujikyu pasti ke kawagucho semua ?

    lalu 2nd question
    kan tadi "Jadi harusnya pas datang, kita jalan ke arah kanan sampai ketemu bangunan coklat dengan jalan masuk tanjakan, dan nemu juga tulisan Mt. Kachi Kachi Ropeway. "

    nah maksutnya pas dateng, itu pas dateng udah nyebrang dari stasiun trs lurus, ktmua jalan besar, ke arah kanan gitu sesudahny bukan kiri ? tks mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Oktiara
      1. Setahu saya fujikyu semua ke arah Kawaguchiko. Tapi ada stasiun-stasiun lain sebelumnnya, jadi perhatikan nama stasiunnya.
      2. Maksudnya, jika sudah sampai di kawasan Kawaguchiko lake (danaunya sudah kelihatan) kita berjalan ke arah kanan untuk menuju Kachi Kachi rope way.

      Delete
  6. Hallo mbak mau tanya donk,jd rutenya kachi kachi dulu atau kawaguchiko lake dulu ya? Ga naik eEl Soleil mbak?,tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak lala.

      Kachi-kachi ropeway stasiunnya terletak di Kawaguchiko lake. Jadi ke kawaguchiko sekaligus bisa nikmatin lake maupun gunung fujinya. Eel Soleil apa ya? Saya malah belum tau mbak. Happy holiday

      Cheers

      Delete