Saturday, January 31, 2015

Kali keduanya ni Bubu ke Suroboyo, setelah kemaren cuma numpang transit aja, kali ini kesini dalam rangka perjalanan dinas.  Walopun tujuan utamanya kerja, sebagai traveler yang ogah rugi, wajib hukumnya eksplore tempat-tempat wajib kunjung dan makanan Suroboyo pastinya, apalagi Surabaya terkenal dengan kulinernya yang ajib ajib..hmm.

Karena free timenya juga ga banyak, jadilah kita baru bisa hang out setelah selesai tugas.  Untunglah Bubu ditemani kolega Bubu yang sama-sama food lover dan ga keberatan nemenin Bubu ke tempat-tempat di Surabaya yang bikin penasaran..Asiik..let's explore Suroboyo yuk Mom Nzo…..

Saking ngilernya ama jajanan-jajanan khas Suroboyo, malem itu kami sampe 4 kali dinner dan ke 2 interest place..  Kok bisa?? Bisa donk..inilah rangkuman jajan n jalan kami semalem suntuk

Food n interest place hunting ini dimulai dari jam 4 sore.  Interest place  pertama kita adalah Taman Bungkul.  Kenapa sih penting banget kesini? Karena si ayah dah wanti-wanti kalo ke Surabaya harus mampir ke sini.  Saking seringnya diberitain di medsos, si ayah penasaran banget, jadi nugasin Bubu kesini.  Oke deh. 




Taman Bungkul sepertinya adalah salah satu taman kota kebanggaan warga Surabaya.  Beberapa rekan asli Surabaya sewaktu ditanya tentang ini pasti dengan semangat 45 cerita tentang taman ini.  Taman Bungkul cuma sekitar 20 menit aja dari hotel kami.  Ada apa aja sih disini?  Kami parkir di area belakang, jadi begitu keluar mobil yang terlihat Area Sentra PKL yang mana banyak penjual jajanan di sini.  Duh, bikin laper, tapi masa jalan-jalan ke taman malah ngemil dulu.  Ok lah kita liat-liat taman dulu biar afdol.




Area Taman Bungkul terdiri dari playground, air mancur mini, amphitheater yang lumayan gede, arena skate board dan taman bunga-bunga warna-warni.  Asiknya sih taman ini bersih, jadi enak deh buat jjs..or nongkrong-nongkrong aja.  Lagi asik-asik pepotoan datang lah si Bapak tukang kerupuk yang jualan kerupuk segede kertas HVS.  Kami??pasti lah ngiler.  Kami panggil lah si Bapak dan beli kerupuk ini masing-masing.  Sebenernya ini semacem kerupuk dari beras yang dikasih olesan bumbu item, mungkin semacem petis ya.  Cuman yaa saking gedenya..kayaknya ga abis-abis ni kerupuk dimakan.,hmm salah strategi ni, seharusnya sekerupuk berdua..belom apa apa dah kenyang deh..


Belum habis kerupuk dilahap, sampe juga ke tenda Rawon Kalkulator yang terletak di belakang taman bungkul.  Apa sih Rawon Kalkulator, apa memang isinya kalkulator direbus?  tet tot..Ternyata salah penerawangan Bubu..kenapa dibilang kalkulator karena si abang klo ngitung cepet kayak pake kalkulator..oalah.  Karena semangatnya cuma icip-icip, lagian masih sore, masih banci ya antara lunch or dinner, jadilah kami pesan rawon ini sepiring berdua.  Kuah rawon disini terasa light ga terlalu kentel dan dagingnya empuuk banget.  Selain jual rawon, disini juga tersedia soto.  Klo soal harga, kakilima banget..alias murce murce aja.  Kelar makan rawon, kami meluncur lah ke House of Sampoerna.  Cerita lengkapnya di next chapter ya.

 
Cabut dari House Of Sampoerna kami bimbang, mau makan Bebek Tugu atau Soto Cak Har yang sama-sama ngehits itu..  Lagi galau dan bimbang eh si mas driver bilang..kenapa ga dua-duanya aja? ..hmm iya ya, why not?  Singkirin jauh-jauh deh timbangan, lupain diet, mari kita makan.  Rute kita Bebek Tugu dulu lalu ke Soto Cak Har

Sampailah kita di Bebek TuguWarung kaki lima ini terletak di pinggir jalan, ga jauh dari tugu pahlawan Surabaya.  Paling gampang mencirikan warung ini, ya yang parkirannya paling ruame.  Buat pesen bebek ini kita harus antri, nah antriannya cukup panjang lho.. tapi jangan cemas jangan ragu, antriannya rapi bin cepet, karena si bebek udah digoreng semua jadi tinggal pilih yang kita mau dan sepiring  bebek plus nasi udah di tangan.  Karena tempat ini super padat, jadi kalo dateng sama temen, perdayakanlah temen buat booking tempat duduk dulu.  Oya, harga bebek di sini murah meriah banget.  Dengan harga 15 ribuan kita udah dapet potongan bebek besar plus tulangan dan nasi.  Bebeknya tasty banget, alias berasa banget bumbunya dan dagingnya empuk bener.  Kita diberi 2 macam sambel, sambel tomat yang ga terlalu pedas dan sambel cabe yang super pedes..daging bebek dicocol sama kedua sambel ini..huah...endaang banget.  Haduh ga sampe 5 menit sepiring bebek plus nasi udah ludes.  Makan di sini juga harus kilat, baru aja siap-siap makan eh di belakang  udah pada antri juga buat tempat duduk kita.  Buat temen makan bebek, jangan lupa pesen es kelapa yang pake sirop merah jambu, suegerr.

 Kenyang dan puas donk ya makan bebeknya..tapi jangan sedih..masih ada Soto Cak Har menanti.  Kami diajak keliling Surabaya dulu sama si mas driver biar agak turun dan tercerna deh bebek tadi.  Daan tibalah kami di soto cak har.  Kata si mas driver, tempat ini dulunya cuma warung kecil biasa, tapi karena rame berkembang jadi rumah makan yang guede banget.  Soto Cak Har terletak di Jalan MERR2C atau Jalan H. Soekarno.  Uniknya kalo pesen di sini kita ditanya, mau pesen paha, atau tulang. Bubu dan Mom Nzo pesen soto tanpa nasi donk, tapi bihunnya banyak..teteup ya sodara sodara.  Kuah sotonya kentel dan kaya bumbu, enak banget apalagi ditambah koyah, makin mantab deh.  Beda sama soto ayam pada umumnya yang dagingnya tipis dan dikit, soto di sini dagingnya melimpah.  Buat soto porsi yang cukup jumbo ini, dibandrol 17 ribu aja.  Murce kan?

Perut udah begah maksimal, si mas driver masih nawarin kami nyobain 1 kuliner lagi, ceker aneka rasa kalo ga salah di deket pasar pucang..oh noo..tapi kapan lagi ya..haha ayo kita jalan.  Menu ceker di sini macem-macem banget, level pedesnya juga bisa direkues.  Bubu sih icip-icip aja, Mom Nzo yang masih punya semangat dan kekuatan mengunyah ceker yang gurih ini.  Ga berasa habis juga semangkok..hihi great job mom.  Buat minumannya, unggulannya es yakult dicampur natadecoco.  Pas, seger banget buat penutup malam itu. Maap ya pemirsa.... utk kuliner ini nga ada fotonya, HP-nya modar..... :)



Mata sepet, perut kenyang maksimal, kami sampe juga di hotel.  Saatnya bobo dengan sisa lemak di perut.  Tapi puas, dan masih sempet-sempetnya kami browsing lagi tempat wisata kuliner buat besoknya.  Nice place, nice food.. lope u full Surabaya.

#Wonderfull Indonesia


Artikel-artikel Kuliner Lainnya:
Pisang Tanduk Goreng Manggarai
- Warung Koboi @Purwokerto
- Jamu Metjos Jakarta
- Rumah Makan Gabus Pucung
- Purwokerto Culinary
- Jogjakarta Culinary
- Belitung Culinary
Pekan Baru Culinary
- Tasik Culinary
- Depok Culinary


0 comments :

Post a Comment