Sunday, June 28, 2015

Dari bandara, kami mampir dulu ke kota Tanjung Pandan untuk makan siang di Mie Atep yang kesohor itu.  Perut kenyang, si Ayah memutuskan untuk langsung ke Desa Gantong dan Manggar untuk menelusuri jejak laskar pelangi.  Ternyata ya perjalanan ke Gantong itu lumayan jauh ya.  

Nam memang mau sekolah di sekolahnya ikal?
Sepanjang jalan kenangan di Belitung, menurut Bubu pulau ini masih sepi.  Di sepanjang jalan kami jarang tuh ketemu sama mobil-mobil wisatawan lain.  Seringnya sendirian di hutan.  Tapi asik lah bebas macet. Setelah 1,5 jam perjalanan, sampe juga kita di Gantong.  Ga jauh dari signage Desa Gantong inilah replika SD Muhamadiyah yang jadi tempat syuting film laskar pelangi berada.  SD aslinya konon kabarnya udah ga ada, gpp lah mampir ke replikanya sambil bergaya ala ala aktor n aktris Laskar Pelangi.

Iya bu guru....
SD Muhamadiyah persis banget kayak yang di film.  Walopun bangunannya udah hampir reot, tapi masih menarik banget buat di explore, jadi semacem back to the past.  SD Muhamadiyah ini terdiri dari 2 ruang kelas dan masih ada lho bangku dan papan tulisnya.  Bangku kayu jadul dan suasana di SD ini jd inget jaman Bubu SD dulu.

Puas explore di SD ini, kami lanjut ke Museum Kata.  Tempat ini salah satu the best part dalam liburan kami kali ini.  Yup, tempat ini menarik banget.  Dari gerbang warna warninya aja udah seru dilihat.   










Kita masuk lagi lebih ke dalam museum kata yang sebenernya rumah tua yang disulap jadi museum karyanya Andrea Hirata. Atmosfer di tempat ini bagaikan kembali ke masa lampau.  Suasana rumah, dekorasi kursi antik, sepeda antik, televisi, radio jadul bikin kangen masa lalu.  Di sepanjang tembok di tempel naskah-naskah, buku-buku dan prestasi dari Andrea Hirata.  
  


Suasana didalah museum kata
Asik juga baca-baca naskah ini, cuman si Nam agak crangky karena agak panas tempatnya.  Maklum lah rumah lama jadi pendinginnya masih Angin Cepoi cepoi. 




Masuk ke area belakang kita akan disuguhi ruang ngopi dengan bangku jadul yang unik banget, Kupi Kuli namanya.  Kenapa disebut kupi kuli? Karena dulunya kopi memang disediakan untuk pekerja tambang timah yang seharian basah-basahan dan minum kopi seusai kerja biar hangat.

Bocil ini suka sama kopi susu :)


Kupi kuli ini tidak diseduh, tapi dimasak di atas arang, makanya aromanya khas banget.  Yang Bubu pesan sore itu adalah kopi susu.  Biar namanya kopi susu, tapi rasa kopinya tetep lebih strong.  Menurut Bubu, kopi disini adalah kopi paling enak diantara kopi lain yang Bubu cobain seantero belitung.  Secangkir kecil kopi ini cuma dibanderol 6000 perak.  Klo ketagihan, kopi bubuk ini juga tersedia buat dibawa jadi oleh oleh.

Ohya.... disebelah museum kata ini juga ada toko pernak-pernih yg menjual barang-barang untuk dibawa pulang. Ada caping, magnet dan gantungan kunci laskar pelangi, tas, makanan-makanan ringan khas Belitung dan juga tentu saja batu akik :-)




Sebelum kembali ke tanjung pandang, kita mampir dulu ke kota 1001 warung kopi si Manggar.  Kenapa disebut 1001 warung kopi? Karena warung kopi di sini emank buanyak.  Di sepanjang jalan kita bisa ketemu dengan puluhan warung kopi, baik yang sederhana maupun yang lumayan ok.


Kenapa di sini banyak warung kopi? Ceritanya kurang lebih sama.. banyaknya pekerja tambang disini butuh yang anget-anget dan tempat kongkow-kongkow seusai kerja.  Ga heran hampir semua warung kopi ruame.  Mereka ngumpul-ngumpul atau bahkan sambil main kartu or catur.


Warung kopi yang kami coba adalah warung kopi milenium.  Tempatnya bersih dan cukup besar.  Pesanan kami sore itu adalah kopi susu, teh susu, dan singkong goreng.  And u know what.....??? singkong gorengnya enak bingit.  Kudu deh dicoba sambil minum kopi makin maknyus.  Selain menu-menu ringan ada juga kok menu-menu yang lumayan berat buat yang kelaperan, seperti mie, kwetiau goreng dll.

Ga rugi deh jauh-jauh ke sini.  Tempatnya seru n yang penting, ga penasaran lagi.

2 comments :

  1. Aku pun belum kesini, ke Belitung tujuannya main di pantai aja selama ini. Tapi foto-mu keren, membuat aku pun mupeng kesini hahaha

    ReplyDelete
  2. Seru mbak..wajib kunjung deh kalo kesini lagi.. tapi kasih spare waktu lebih banyak biar bisa puas nikmatinnya..ga kayak kitaa..buru2 mode.on..hihi

    ReplyDelete