Saturday, June 27, 2015


Salah satu highlight travelling yang cukup fun adalah dengan nyobain Public Transport di tiap Negara. Keuntungan nyobain Public Transport di Negara laen yang no 1 pastinya murah, bisa sekalian nikmatin stasiun dan terminal yang punya keunikan sendiri, dan yang paling menyenangkan adalah dengan public transport kita bisa ikut ngerasain keseharian warga local, dari gaya berpakaian, budayanya, bahasanya.... pokoknya seruu.

Bubu pengen share ni resep anti nyasar pake public transport dari Bubu yang juga masih newbie, here there are :

1.     Bikin itinerary or rencana perjalanan donk pastinya. Kita harus tau dulu tempat yang mau kita tuju itu di area mana dan cari stasiun/ terminal terdekat dengan tempat itu. Caranya?? Browsing situs resmi tempat wisata tersebut biasanya ada how to get there atau blog walking dari pengalaman blogger-blogger yang udah pernah kesana.

2.     Kalo udah ketemu ni stasiun/ terminalnya, kita tinggal browsing di website untuk transportasi local.

·        Buat Singapura, kami biasa pake www.gothere.sg tinggal tulis dari mana mau kemana, udah lengkap petunjuknya di situ. Paling suka naik kereta di sini, banyak jadwal dan nyaman, kita tinggal ngapalin linenya aja, ga usah takut nyasar, karena ada papan petunjuk dan suara yang nginfoin kita sudah sampe stasiun apa.

Klik disini untuk lihat Artikel: Petualangan ke Singapura

·        Untuk menjelajah Perth, bisa kunjungi aja www.transperth.com.au . Mau naik bis CAT yang gratis, bis berbayar, feri, sampe kereta, semua lengkap di sini. Transportasi di Perth ini super nyaman, teratur, driver yang ramah dan child friendly. Kabita deh kesana lagi.... Bubu full menggunakan transportasi Umum waktu menjelajah Perth ini, seperti waktu main ke Kings Park ataupun ke Fremantle

Klik disini utk lihat Artikel: Another Half Day 3 : Kings Park Botanical Garden & Twilight Hawker Festival

Klik Disini Untuk Melihat Artikel: Half Day 4 : Hang Around at Fremantle






·        Johor Baru seluruh transportnya bersentral di JB sentral, transportasi yang pernah kami coba adalah Bis. Jangan lupa untuk browsing dulu jadwal bis sebelum ke sini, karena bis akan berangkat sharply on time sesuai schedule. Kita pernah banget ya, salah baca schedule..kita baca jam 13.10 ternyata 13.01, ketinggalan bis deh....bhaay.

Klik disini untuk lihat Artikel: Petualangan ke Singapura

·        Tokyo, Jepang. Transportasi di Tokyo salah satu tantangan tersendiri kata orang lho. But we did it lho.. Caranya gampang banget..modalnya cuma browsing di www.hyperdia.com yang English version ya..kecuali emank klo kamu jago tulisan kanji. Ketik aja lokasi berangkat dan lokasi pulang, maka langsung deh dikasih tau naik kereta line apa, turun dimana, jalan berapa meter sampe tempat tujuan.. Informatif banget web ini. 

Klik disini untuk lihat Artikel: Itenerary Petualangan ke Jepang

Kalo ke Jepang khususnya Tokyo, kita harus well prepare ya biar ga keder. Karena di beberapa stasiun yang besar kita akan nemuin puluhan line dengan peron yang bertingkat-tingkat, apalagi jarang petugas yang bisa bahasa Inggris, apalagi bahasa Jawa. Nah disini kejelian kita dipertaruhkan.. 

Klik disini untuk lihat Artikel: Main Salju di Gala Yuzawa Niigata-Jepang

Yang penting apalin aja kita naik kereta Line apa..misalnya Yamanote line or Asakusa Line. Ikutin petunjuk arah, untuk mencapai peron untuk line itu. Klo udah ketemu peron dijamin ga nyasar deh, jangan lupa perhatiin juga papan petunjuk dan suara di dalem kereta. Dan ga usah khawatir semua petunjuk udah ada dalam huruf latin kok. Jadi ga perlu kok kursus bahasa Jepang dulu sebelum kesini..hehe







·        Kuala Lumpur sih gampang lah ya..selain banyak yang bisa bahasa melayu, jalur di sini juga cukup jelas. Tapi ada bagusnya juga browsing jalur-jalur kereta atau bis yang mau kita pake.

·        Jangan takut tanya ke Petugas. Kalo di Singapura, Malaysia bahkan Perth, masih enak lah..kita bisa pake bahasa Inggris bahkan Melayu untuk komunikasi dengan petugas. Yang paling challenging emang di Hongkong dan Tokyo, sering deh kami lost in translation. Sering kita pake body language aja buat nanya arah. Mereka manggut-manggut aja yang kami artikan ya...hehe. Tapi dimanapun negaranya petugas selalu helpful, jadi klo binun, carilah petugas yang berwajib.

Sekian sekelumit tips-tips sok tau saya yang mungkin udah pada tau semua juga..... hihi......

Go explore and Happy travelling, semoga tidak nyasar ya......


0 comments :

Post a Comment