Friday, October 9, 2015


“Wek…wek…wek….wek… Gitu kan Bu suara Bebek…..?!?!” Kata si NamNam saat kita lagi nonton Donald Bebek di televise. Memang waktu hidup suaranya wek…wek..wek…wek…. tapi kali ini yang Bubu mau share yang suaranya nyam…nyam…nyam….nyam… J

Bebek tuh bahan makanan yang memang belum sengetop ayam.  Entah lah karena susah cara mengolahnya atau memang jarang ada yang jual di pasar, makanya belum se'pasaran' ayam dengan aneka masakannya.  Namun trend belakangan ini berkata lain…. Bebek sepertinya lagi booming!!!  Banyak banget kuliner-kuliner terkait Bebek sedang ngetrend. Bebek dibuat dengan beraneka bumbu, masakan, yang bikin ngiler bukan kepalang.  Kemudian cara mengolahnyapun macam-macam deh, mulai dari Bebek goreng, Bebek bakar, sate Bebek sampe soto Bebek pun ada…….  Hmm..

Selain lezat, Bebek juga memiliki kandungan gizi yang cukup kumplit.  Menurut sumber-protein.blogspot.co.id Dari 100 gram daging Bebek memiliki 23,5 gram protein. Jumlah protein ini jauh lebih tinggi ketimbang jumlah protein pada daging ayam. Sementara itu, lemak jenuh dalam daging Bebek sebanyak 35,7%,  lemak tak jenuh mencapai 50,5% dan lemak tunggal asam linoleat sebanyak 13,7%. Komposisi lemak ini bisa menjadi sumber lemak sehat sehari-hari Anda.

Komponen penyusun daging Bebek lainnya adalah Vitamin yang antara lain terdiri dari riboflavin, niacin, tiamin, vitamin B6, dan vitamin B12. Sementara itu, kandungan mineral makro maupun mikro  dari daging Bebek adalah selenium, fosfor, zinc, zat besi atau Fe, tembaga, sodium dan masih banyak lagi lainnya. Secara umum nilai gizi dalam daging Bebek sangat baik untuk tubuh manusia dengan catatan diolah dengan cara yang benar dan dicampur dengan bahan yang sehat.

Adapun manfaat daging Bebek antara lain:

  • Menjaga kerja otot juga tingkatan tekanan darah sebab ia mengandung sodium yang baik.
  • Menjaga kesehatan fisik juga mental Anda. Hal ini terkait dengan kandungan tembaganya.
  • Mencegah anemia. Khasiat ini terkait dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin B12 yang juga bekerja baik melawan anemia.
  • Mengobati suara yang serak dan juga ampuh menghilangkan gas di dalam perut.
  • Menambah berat badan secara sehat juga memperkuat badan.
  • Lemak pada Bebek sangat baik untuk mempercantik kulit tubuh dan wajah Anda.
  • Menambah vitalitas pada pria.
  • Merangsang dan memperbaiki sistem imun tubuh. Hal ini terkait dengan kandungan zinc-nya.
  • Membantu sistem metabolisme sebab kandunag fosfornya proporsional. Sementara itu kandungan B6-nya juga membantu proses metabolisme asam amino juga asam lemak.
  • Sebagai anti-oksidan sebab mengandung selenium.
  • Dan masih banyak lagi manfaat daging Bebek

Nah……!!!! Dari sekian banyak masakan Bebek, warung inilah paling favorit bagi Bubu dan keluarga. Ya si NamNam, si Ayah, si Oma, si Embah, semuanya doyan Bebek goreng di tempat ini  Sebenernya warung ini udah lama banget jadi langganan Bubu sekeluarga…...  Sebelum aneka masakan Bebek merajalela kayak sekarang ini, warung ini udah ada. Awalnya, ditempat ini mereka jual kayu-kayu bekas dan juga membuat warung kecil disebelahnya dengan menu cuma nasi Bebek aja. Sayang Bubu nga punya fotonya waktu zaman dulu…. Seandainya Bubu punya foto jadulnya, you will see this place from nothing to something…..

Lama-kelamaan karena warung Bebeknya banyak yang antri…… Sampe akhirnya ya sekarang malah toko kayu-kayunya yang kegusur dijadiin warung Bebek semua.

Nasi bebek pisah

Namanya adalah Rumah Makan Ella, lokasinya ada di Jl. Ahmad Yani no.44, Bekasi Barat. Kalau pemirsa keluar dari tol Bekasi barat arah Rawa Panjang, dia ada di kanan jalan setelah lampu merah pekayon atau diseberang Lotte Mart Bekasi dan kalau dari arah Rawa Panjang, dia ada di sebelum lampu merah Pekayon dan ada di kiri jalan. Warung ini cukup mentereng, warna catnya ijo royo royo dengan parkiran mobil dan motor yang biasanya membludak kalo pas jam makan siang. 

Ini si nasi bebek campur

Menu yang ditawarin di sini cuma Nasi Bebek goreng sambal dan anti-ampela Bebek.  Bebek digoreng dengan bumbu yang minim, sehingga cita rasa Bebeknya masih berasa dengan tekstur daging Bebek yang sedikit lebih alot  dan lebih gurih daripada ayam.   Sambal untuk pelengkap Bebek di sini, dari cabe merah yang pedas ruar biasa.  Untunglah Bebek disini disajikan dalam 2 cara, ada yang langsung digabung antara Bebek goreng dengan sambal, sehingga mirip-mirip Bebek balado.  Tapi buat yang tidak terlalu suka pedes, ada juga yang sambalnya dipisah.  Oya, jangan lupa Cabe sendiri punya kandungan gizi yang cihuy juga.  Cabe dapat menstabilkan kadar insulin dalam darah dan dalam takaran yang wajar dapat mengurangi asam lambung dan sebagai antiinflamasi.   Selain itu juga sebagai antioksidan dan memiliki kadar vitamin C lebih banyak daripada jeruk dan juga mengandung provitamin A.

Ini nih si ati & ampela

Kalo soal rasa masakan Bebek disini jangan ditanya deh...Masakan Bebek paling Bebek yang pernah Bubu coba..haha apa sih..

Si Nam yang masih balita ini ga pantang makan makanan yang satu ini.  Dia memilih Bebek goreng yang belum dicampur sambal.  Rasa gurih daging Bebek ditambah nasi panas yang mengepul membuat anak balita ini lahap banget makannya.  Hap..hap.

yang belum tahu, ini namanya ketimun ya...

Sebagai balita pecinta buah dan sayur, Nam seneng banget deh liat metimun dan minta makan ditambah buah nan segar ini.  Dan buat Bubu dan Ayah yang pesen Bebek sambal, metimun ini berguna banget deh buat ngurangin pedes.  Dan menurut artikel di merdeka.com, ternyata mentimun ini punya khasiat menurunkan kolesterol.  Udah seger bergizi lagi..asiik.


The price....

Klo soal harga menu Bebek di sini cukup murah meriah.  Seporsi Bebek dihargai 19 ribu untuk Bebek campur dengan nasi dan 23 ribu untuk Bebek pisah.  Satu porsi isinya 2-3 potong Bebek.  Makanan enak ga perlu mahal khan. Bebek ini salah satu masakan nusantara yang perlu banget dilestarikan, selain kaya rasa, juga kaya nutrisi. 

“Ibuuuuuu……. Susu” Rengekan si NamNam setelah lahapnya dia menyelesaikan suapan Nasi Bebek Goreng-nya…. He…..he…..he…. Untung Bubu selalu bawa susu kotak dari rumah…..


#Wonderfull Indonesia


2 comments :

  1. mmmm....nyam..nyam...nyam
    boleh juga dicoba...
    Thanks juga infonya

    http://www.malkafood.blogspot.co.id/p/lava-cake.html


    ReplyDelete