Tuesday, August 30, 2016





Tempat liburan anak walopun child friendly, edukatif dan tampaknya menyenangkan ternyata ga semua bikin anak hepi.  Contohnya si Namnam, ternyata Namnam ga suka sama tempat yang remang-remang cenderung gelap.  Kidzania yang menurut Bubu super menyenangkan aja bisa bikin Nam cranky dan ketakutan sewaktu baru dateng.  Tapi bukan Bubu dan Ayahnya Namnam namanya kalo ga bisa ngerayu Namnam sampe akhirnya dia enjoy the place.   Dan setelah beberapa lama dan nyobain wahana yang simpel-simpel, Nam hepi juga main disini, sampe minta kesini lagi dan lagi.

Pas ada undangan suatu acara di Skyworld, Bubu langsung cerita deh sama Namnam.  "Itu wahana apa bu?" kata Nam.  "planetarium, disana kita bisa belajar planet-planet dan hal-hal tentang luar angkasa".  Dan kita puter youtube nya tentang Skyworld, di luar dugaan si Namnam bilang ga mau kesana, ya namanya Planetarium kan memang rada gelap-gelapan ya, salah satu kriteria wanaha liburan yang Nam ga suka.  Duh, harus puter otak ni biar Namnam mau diajak kesana.

Hari H yang ditunggu-tunggu dateng juga.  Udah agak lupa video di youtube, pagi-pagi Nam udah semangat mau ke Taman Mini.  Yak, wahana sky world ini adalah salah satu wahana baru di taman mini.  Sesampainya disana, langsung Nam kita ajak masuk.  Drama dimulai.. begitu liat gerbangnya aja Nam udah jejeritan, minta digendong sambil meluk kenceng, dia ga mau masuk..  Hadeeh.


Bubu n Ayah bahu membahu deh ngegendong si Nam sambil melancarkan rayuan gombal biar ni anak berhenti nangis dan bisa menikmati wahana.  Begitu masuk kita disuguhi studio photo 3 dimensi dengan 2 baju astronot yang bikin foto kita seakan-akan berada di luar angkasa.  Nam mau foto disitu?? tentu tidaak..haha.

Ga putus harapan Bubu n Ayah ajak Nam masuk lagi, berbagai poster tentang pengetahuan luar angkasa dan juga video show tentang planet planet, Ayah ga berhenti nyerocos tentang serunya belajar planet dan Nam masih aja tersedu-sedu.  Sampe lah tempat aneka teleskop, sambil melihat-lihat beberapa jenis teleskop dan juga pajangan tentang rasi bintang, mulai lah reda tangis anak ini..  Ternyata dia tertarik nyoba-nyoba teleskop.







Turun ke lantai di bawahnya, ternyata terpampang beberapa miniatur roket.  Buat boys pasti seneng deh liat-liat roket ini, tapi buat princess.. masih belum tertarik juga.  Di area yang sama ada tempat yang menggambarkan suasana di Bulan dan kita juga bisa foto ala astronot, karena disediakan juga baju astronot dari ukuran anak sampe dewasa.  Wah pasti seru deh foto disitu, langsung deh Bubu lancarkan rayuan bertubi-tubi biar anak manis ini mau diajak foto disitu..dan hasilnya nihil.. *emak mulai putus asa.





Di lantai ini juga tersedia wahana 5 dimensi, yang terdiri dari beberapa studio, jadi ga perlu antri.  Ketahuilah, wahana model-model 5 dimensi ini adalah wahana favorit Bubu yang ga berani naek roller coaster kalo lagi di theme park.  Film petualangan seru ditambah kursi yang goyang-goyang, lumayan dinikmati anak kecil ini.



Dan puncak keceriaannya adalah wahana outdoor.  Wahana outdoor terdiri dari trampoline, wall climbing, roket air, kids playground dan kolam renang anak-anak.  Diawali dengan main trampolin dengan senyum mengembang, dilanjut dengan main air.  Siapa sih anak yang ga suka main air.  Wahana air ini dibagi jadi 3 kolam.  1 kolam dengan kapal-kapalan kayuh, kolam kedua dengan ban-banan raksasa, dan kolam yang paling besar dengan aneka water splash dan perosotan.  Semua seru kata Nam..sampe ga mau udahan.





Ok sudah dapetin senyum anak manis, kita rayu lagi buat wahana unggulan tempat ini, ga lain ga bukan Planetarium.  Kita masuk lagi ke dalam dan meluncur ke studio Planetarium.  Planetarium ini cukup mini kalo dibandingkan dengan Planetarium di TIM.  Di pertunjukan ada pemandunya yang menjelaskan kita mengenai tata surya dan planet-planetnya.  Nam cukup enjoy di sini walopun masih dipangku.  Dan selesai Planetarium, sebelum pulang kita rayu lagi dia untuk pake baju Astronot.  Syukurlah mau juga..cekrek cekrek jadi juga foto ala luar angkasa.






Overall, Skyworld ini cukup menarik dan edukatif, hanya karena masih dalam tahap pembangunan di beberapa bagian masih ada sedikit pekerjaan konstruksi.  Semoga cepet selesai jadi lebih puas nikmatinnya.

Oya kembali lagi tentang memilih tempat wisata buat anak.  Memilih tempat wisata sesuai karakter dan kesukaan anak memang penting..setuju ya.  Tapi bukan berarti kita hanya ngajak ke tempat-tempat yang disukai anak.  Buat kami, anak-anak butuh challenge.  Asal tempat liburan itu memenuhi syarat keselamatan untuk anak dan child friendly, Bubu dan Ayah sih ga ragu ngajak Namnam kesini.  Dan menurut kami juga ya, setiap tempat pasti akan ditemukan hal-hal menarik dan anak juga juga belajar adaptasi terhadap hal baru.  Coba bayangin ya, kalo tempat wisatanya ada di kota yang jauh atau malah di luar negeri, masa kita harus nyerah ga jadi masuk kesana padahal menuju kesananya aja udah penuh perjuangan.  Makanya Bubu dan Ayah siap melancarkan rayuan-rayuan biar si Namnam hepi di berbagai tempat wisata.  Sedikit tips dari Bubu :
1.  Sounding dulu ke anak tentang tempat wisata yang mau didatengin dan ceritakan menariknya tempat ini.
2.  Jangan dipaksa tapi jangan putus asa untuk membujuk anak untuk melihat hal menarik dari tempat wisata itu
3.  Kalo anak sudah cranky di dalam tempat wisata, tenangkan dulu dan alihkan perhatian ke hal-hal yang mungkin menarik buat anak-anak.
4.  Ajak anak bercanda dan bercerita yang lucu-lucu selama menikmati tempat wisata
5.  Posisikan diri kita dekat atau terlihat oleh anak (misalnya di wahana yang ga boleh orang tua masuk) sehingga anak ga merasa sendiri
6.  Kasih rayuan menarik bisa makanan favorit anak atau hadiah sederhana, misalnya dijanjikan beli eskrim atau souvenir anak-anak disana.

Ok..let's have fun with kiddos




0 comments :

Post a Comment