Sunday, May 10, 2015


Ngupi-ngupi kayaknya lagi hits banget ya belakangan ini……  nongkrong-nongrong di cofee shop sambil ngopi racikan barista jadi kegiatan favorit sebagian penduduk kota besar.  Gimana kalo kita ganti ngupi-ngupinya dengan ngejamu…... sambil ikut melestarikan minuman tradisional ini.


Kedai jamu yang udah ngetop dari jaman dahulu kala ini berlokasi didaerah paseban dan tempatnya cozy bgt buat nongkrong.  Namanya kedai jamu Mentjos, yang ada di wilayah Jakarta Pusat, kalo dari arah terminal Pasar Senen, lewat depan UI, belok kiri kearah Penjara Salemba. Pas lampu merah pertama, kedainya ada disebelah kanan lampu merah…..


Warung ini buka dari jam 10.00 sampe jam 21.15 kalo hari minggu tutup sodara-sodara.  Soalnya pernah nih kita mau kesana pas hari minggu, eh ga taunya ga buka, dan pas nanya bapak-bapak di sana, ternyata kalo hari minggu dia tutup aja….. yaa mungkin dia lelah pengen liburan.



Kedai jamu mentjos ini lumayan gede ya, di sisi kanan, kita bisa liat dapur a.k.a tempat meracik jamu para jamuwan dan jamuwati ini.  Jenis rempah-rempahnya beragam banget.  Jenis-jenis jamunya tergantung khasiat yang kita mau.  Ada yang untuk menyembuhkan penyakit, jamu khusus wanita/ pria, kesuburan, dan jamu untuk menjaga kesehatan biasa.  Kalo yang paling standar ya beras kencur dan kunyit asem.  Segelasnya dihargai 8000rupiah aja.  Memang agak mahal ya dibanding mbok-mbok jamu gendong.  Cuma rasanya memang sedikit beda, rempah-rempahnya berasa banget. 




Dan kalo jamu yang khusus harganya bervariasi, dari belasan ribu sampe puluhan ribu.  Untuk rasa dan khasiatnya, disediain semacem brosur, tinggal dipilih sesuai kebutuhan.  Buat yang takut pahit, jangan khawatir, disediain air jahe kok buat penawar pahit.  Oya, kalo pengen ngerasain khasiatnya tapi males sering-sering kesini karena jauh, bisa beli yang dalam bentuk bubuk, tinggal diseduh aja di rumah.  Untuk jamu beras kencur dan kunyit asem, bisa dibeli dalam bentuk botolan yang siap minum.


Yang ga suka jamu bisa juga ngemil aneka bubur di sini.  Dari bubur ayam, bubur jali-jali, kolak, biji salak sampe wedang ronde tersedia di sini.  Bubu kemarin nyoba wedang rondenya.  Hmm..enak banget malem yang dingin minum wedang lengkap dengan isi kolang-kaling, kacang dan semacem kue mochi yang chewy.


Yuk nongkrong sambil ngejamu, badan sehat,dan kantong juga ga bakal bolong......... 


0 comments :

Post a Comment