Thursday, March 17, 2016


Siapa sih anak yang ga suka play dough?  Kayaknya mostlly anak-anak suka deh. Jaman kita kecil dulu untuk mainan bentuk-membentuk menggunakan lilin or malam, yang dibuat dari oil, waxes n clay.  Lilin mainan ini agak bau dan sedikit berminyak, sehingga agak kurang nyaman untuk dimainkan anak terlalu lama.  Nah di jaman anak-anak kita nih, lilin or malam kayaknya udah jarang banget dipake, diganti dengan benda serupa tapi tak sama namanya play dough.  

Play dough ini dibuat dari tepung, air, garam, mineral oil dan pewarna.  Play dough ini diklaim sangat aman untuk anak-anak. Tersedia berbagai warna dan cetakan, bikin mainan ini jadi heiitzz banget di kalangan anak-anak masa kini.

Nam aja sering banget minta dibeliin play dough yang saking semangatnya maen, dalam itungan jam udah luluh lantah play doh dibuatnya... Hadeeh

Iseng-iseng sama Nam, bikin play dough sendiri ah...   Ternyata gampang banget, bahan-bahan lebih terjamin keamanannya untuk anak. Tapi kalo soal lebih murah sih relatif ya... kan play dough ada yg murmer juga.

Ini dia bahan-bahannya (untuk setiap warna) :

-         1 cup tepung terigu
-         1/3 cup garam halus
-         1/4 cup air hangat
-         1/2 sdt minyak goreng
-         Pewarna makanan

  
Cara membuatnya :
1.     Campurkan tepung terigu dengan garam sampai merata
2.     Tuangkan air hangat dan minyak goreng dalam satu wadah.  Lalu teteskan pewarna makanan dan campur
3.     Campurkan tepung terigu yang telah dicampur garam tadi ke dalam air panas campuran.  Uleni hingga kalis alias tidak lengket di tangan.
4.     Masukkan kulkas sebentar
5.     Siap dimainkan



Gampang banget kan Buibu...   
Yuk ah dicoba dengan anak kesayangan masing-masing.......

0 comments :

Post a Comment