Saturday, January 17, 2015



Masa kecil dulu, Mall belum musim di kota ini..makanya diajak jalan-jalan ke pasar sama mama or uti itu rasanya suenangnya selangit.  Ke pasar berarti boleh jajan sepuasnya..apalagi kalo nilai sekolah bagus or jadi anak manis..ada tambahan bonus boleh beli mainan tradisional..yeay.. 

Saat mudik kemaren, kembali deh Bubu Nostalgia jajanan favorit di Pasar Manis.  Pasar favorit karena paling dekat rumah.  Yuk mari Nam kita jajan-jajan kece di sini :


1. Kamir
Kue ini belakangan lagi hitzz banget di Jakarta.  Di deket-deket stasiun, pasar, pinggir jalan banyak yang jualan kue ini.  Kue ini sebenernya mirip dengan kue dorayaki.  Hanya rasanya lebih padat dan dimasak secara tradisional.  Penjual Kue Kamir yang paling terkenal dari jalan Bubu masih bocah dulu adalah di samping kiri Pasar Manis.  Dulu dia jualan tepat di pintu keluar Pasar Manis, tapi sekarang dia pindah di sebelah kiri Pasar Manis, bersebelahan dengan warung mendoan, dan jajanan lainnya.  Haduuh..godaan.






Kue kamir di buat di atas kompor minyak tanah dengan cetakan dorayaki yang berjajar.  Sekali buat, sekitar 30an kue jadi.  Cuma karena pembeli antri, jadi harus sabar menanti.  Kamir di sini juga tersedia aneka rasa original, meses dan aneka selai. Yang paling uenak menurut Bubu sih versi mesesnya, ga cukup deh makan 1, minimal 3 kue dilahap.  

2.  Kraca
Kraca a.k.a kalo di jakarta Nama bekennya tutut, ini makanan yang juga ada sejak dulu kala di Purwokerto.  Penjualnya biasanya berjejer di pintu masuk utama Pasar Manis.




Kraca ini dijual matang, sudah berbumbu, jadi kita tinggal santap.  Rasa kraca, mirip dengan kerang cuma lebih kenyal.  Makannya bisa disruput, atau dicoel dengan tusuk gigi.  Bumbunya yang mantab meresap sampe daging kracanya, bikin nagih pengen nyruput trus.

 3. Getuk dan Grontol
Paling asik minum teh ditemenin sama getuk.  Makanya, kalo mampir kesini ga lupa beli getuk.  Getuk di sini beraneka rasa lho.  Ada yang Namanya intil (coklat kenyal dan manis), mawut (singkong cincang gurih ditambah manis gila jawa) dan macem-macem lagi



Dan makanan ini murah meriah banget, bahkan dengan seribu perak, kita udah bisa dapet getuk campur.  Hmm..  Oya satu lagi makanan favorit di tempat getuk ini adalah grontol, a.k.a jagung yang entah gimana cara pengolahannya tapi jadi pulen dan gurih banget, apalagi dimakan sama parutan kelapa.  Yumm..

4.  Aneka kerupuk
Buat yang lagi nyari oleh oleh murah meriah, bole juga mampir kesini.  Kerupuk aneka rasa bisa jadi pilihan.  Biasanya ni yang paling laris disajikan di rumah adalah Kerupuk Mie dan Cantir.  Dua-duanya terbuat dari singkong, yang 1 mirip mie digulung-gulung, yang 1 merah putih kecil dan gurih.  Kerupuk-kerupuk ini paling asik jadi campuran sroto banyumas or pecel.  Tapi dimakan langsung juga enyaak.



Sebenernya di pasar ini masih buanyak makanan n jajanan yang uenak-uenak dan murah bingit.  Nanti deh kalo mudiks lagi kita icip icip lagi di sini……………….

#Wonderfull Indonesia

Artikel Kuliner-Kuliner di Purwokerto lainnya:
Warung Mbo Sirep a.k.a Warung Koboi 
Serabi Jalan Bank Purwokerto
Oleh-oleh Sawangan Purwokerto 
Soto ayam jalan Bank Purwokerto
Gudeg Pasar Manis Bu Jun 
Bakso Telkom Pak Minto 


0 comments :

Post a Comment