Saturday, March 19, 2016


Jaman kuliah dulu, KRL yang sekarang ngetrend dengan nama Commuter Line jadi salah satu transportasi umum favorit.  Secara yaa kampus eyke terletak di pinggiran rel dimana ada 2 stasiun paling deket, bahkan salah satunya dekeet banget dengan fakultas Bubu.  Biasanya Bubu nebeng ayah Bubu a.k.a opanya Nam sampai stasiun deket kantornya truss lanjut deh naik KRL.  senengnya naek kreta itu karena murce bahkan gratis klo bisa maen petak umpet ama petugas *jangan ditiru, waktu tempuh cepet n bisa ketemu temen seperjuangan malah gebetan kalo lagi beruntung.  Klo laper jangan khawatir……. tukang jajanan siap menanti,  dari tararahu, buah buahan sampe aneka cemilan ada..yg belum ada cuma nasi padang n abang bakso.  Kebayang ya susah bener kayaknya makannya sambil naik kreta yang suka ngerem seenak perut masinis.  asiknya juga aneka live musik juga ada..dr full band, penyanyi karaoke yg bawa tape ama mic kemana2 sampe penyanyi solo.  Walopun ga teratur tp tetep seneng naek kreta..

Ternyata si kreta listrik ini jadi pilihan yang paling yahuud saat ini.  Pertama kali kerja Bubu paling anti naik transportasi ini.  karena jadwal yang ketat, telat sedetik aja bisa nangis bombay nunggu jadwal berikutnya makanya males bener suruh naik moda transportasi ini.  Bubu lebih milih bus or omprengan.  Bisa duduk-duduk lucu sambil maen henpon or bobo-bobo manis.  Tapi semakin kesini, jalan bebas hambatan yg kondang dengan nama jalan tol semakin ga bersahabat.  gimana ga, yang dulu dari rumah ke kantor paling lama 2 jam sekarang bisa 3 jam bahkan lebih.  Runyam deh urusannya kalo telat berlebihan ke kantor, serasa muka pengen ditaro di kantong pas masuk gerbang kantor..aku maluu.

Semenjak punya Nam, dengan ketetapan hati Bubu memutuskan naek KRL is the best way to reach office.  apalagi dengan konsep si Commuter Line…… makin cintaa deh ama alat transportasi ini.  Dulu Bubu harus berangkat sebelum matahari bersinar cerah, boro boro ngerapiin rumah, ngerapiin diri aja rasanya sulit.  Sekarang masih bisa masakin Nam, maen bareng sebentar sebelum berangkat ke kantor.  Naik motor sampai stasiun dilanjut dengan Commuter Line cuma butuh waktu kurang dari 1,5 jam ke kantor..  Lumayan banget buat lokasi rumah dan kantor beda propinsi kayak kami.  Apalagi tarif Commuter Line sekarang murah pake banget. Makin cinta deh sama si Commuter Line ini.


Siapa bilang orang kite ga bisa diatur….?!!?! Stigma Jadooooolll.... Merendahkan tuh....

Sebelom perombakan gede-gedean di system krl ini, setiap kali mau naik kita harus beli tiket dulu.  Udah gitu kereta ekonomi dengan bejubelnya orang sampe-sampe banyak orang yang lebih milih naik di atap.  Bahaya banget padahal buat keselamatan kan.  Mau keluar stasiun pun dorong-dorongan pengen duluan. 

Semenjak ada pembaharuan di perkeretaapian dimana udah ga ada lagi kereta ekonomi dan kereta ekspress, semua melebur jadi 1, commuter line namanya.  Yang mana tiket menjadi tiket elektronik dan kalo mau keluar tinggal tap aja di mesin tiket, kereta berAC jadi pintu kereta harus tertutup, ga ada tuh yang berani naik ke atap lagi karena security dimana-mana, dan ga ada penjual di dalem kereta bahkan di stasiun, lantai kereta pun bersih, menyenangkan deh.  Cuma yang ga berubah adalah penuhnya penghuni kereta.  Siapin tenaga dan mental deh buat menerjang kerumunan penggemar kereta.

Buat yang jarang atau belum pernah menggunakan moda transportasi ini, ini dia cara singkatnya  :


1.  Jenis tiket
a.     THB yang mana singkatannya Tiket Harian Berjaminan.  Tiket ini biasanya dibeli oleh orang yang ga rutin naik commuterline.  Tiket ini berlaku harian untuk satu stasiun tujuan.  Pada saat membeli tiket jenis ini akan ada jaminan sebesar 10ribu rupiah, jadi kalo tarif menuju stasiun tujuan 2000, maka kita harus membayar 12ribu dimuka dan pada saat tiba di stasiun tujuan, kita bisa dapatkan refund jaminan yang 10ribu itu.
b.     Tiket Multitrip adalah buat pelanggan alias orang yang rutin menggunakan commuterline.  Tiket ini merupakan prepaid, jadi kita punya kita tinggal isi kartu prepaid kita dengan saldo yang kita mau, setiap kali mau masuk dan keluar stasiun tinggal tap dan saldo berkurang otomatis.  Hanya perlu diperhatikan saldo minimalnya supaya tidak kena penalti.  Oya, kartu lain seperti Flazz BCA, e money Mandiri, atau Brizzi BRI juga bisa digunakan sebagai kartu multitrip.


2. Membeli tiket
Tiket commuter line dapat dibeli di loket-loket di setiap stasiun.  Biasanya loketnya dibedakan antara THB dan Multitrip, yang ditempel di depan masing-masing loket.  Di beberapa stasiun juga sudah tersedia mesin tiket, canggih deh macem di kota-kota besar di dunia.  Mesin tiket ini bisa untuk membeli tiket THB, top up kartu multitrip n THB, maupun refund tiket THB.  Caranya gampang kok, menunya simpel dan biasanya ada petugas yang mendampingi.


3.  Masuk ke stasiun & naik commuter line 
Untuk masuk ke stasiun kita harus tap in, di sisi sebelah kiri, dan untuk keluar tap outnya adalah sisi sebelah kanan.  Tunggu aja commuterline di peron yang dituju, awas, jangan sampe salah peron, nanti salah sampe tujuan.


Karena sekarang commuterline udah lebih sering frekuensinya maka Bubu jarang tuh liat jadwal lagi.  Tapi buat yang penasaran n butuh kepastian, coba aja liat jadwal comuterline di masing-masing stasiun atau download di web KAI.

4.  Do & don'ts
Do :
a.        Selalu berdiri di belakang garis kuning.  Walopun dah ngebet banget pengen naik ke kereta, jangan sampe tergoda untuk berdiri melewati garis kuning ini.  Berbahaya, takutnya bukannya masuk duluan malah kesamber ama kereta... ih amit amit.
b.        Dahulukan penumpang yang keluar.  Hal ini yang sering dilanggar yang mana penumpang maksa masuk padahal yang didalem belum bisa keluar.  Makanya sering chaos tuh antara penumpang yang keluar n masuk.  Pertempuran sengit terutama di kalangan emak-emak biasanya terjadi di fase ini.
c.         Pegangan ya.  Jangan asik maen henpon teyus ya... nanti kreta tetiba ngerem situ nubruk penumpang lain
d.        Berikan duduk pada wanita hamil, ibu bawa anak kecil or manula.  Jangan pura-pura bobok, nanti pas kita ada di posisi itu baru deh ngeluh... disitu saya merasa sedih... hiks
e.        Kalo sedang hamil, bawa anak, sudah manula, or lagi santai, usahakan jangan naik kereta pas jam sibuk, antara jam 6-8 pagi or jam 5-7 malam.  Kasian, walopun bisa duduk, terkadang untuk keluar dan masuknya pun penuh perjuangan.  Tapi kalo kamu setroong or kepepet sih silakan aza... kan cuma usul... ga ada yang ngelarang... hehe... piss.

Don'ts:
a.        Buang sampah sembarangan.  Kasian atuh penumpang lain kalo keretanya kotor, kita jaga sama-sama yuk.
b.        Dorong-dorong penumpang lain.  Biasanya saking semangatnya pengen masuk ke kereta, kita suka dorong-dorong penumpang lain.  Sabar ya bu... semua juga pengen nyaman dan aman.
c.         Dilarang nyopet juga... ya iya lah.  Sering tuh ya Bubu liat pencopet dihukum keliling stasiun pake name tag saya copet sambil jalan jongkok... Selain dosa n ngerugiin orang lain, maluunya itu lho... harga diri berceceran pastinya.



Demikian sekilap inpoh soal per commuterline-an...   Semoga commuterline semakin cihuy ke depannya. Masih banyak yang bisa diimprove lagi, namun demikian improvement yang ditunjukkan oleh Com-Line saat ini sudah cukup baik. Keep up the good attitude Comutter Line.....

#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment