Thursday, July 14, 2016


Stigma bahwa anak jaman sekarang lebih suka gadget dibanding main di luar kayaknya ga terjadi sama Namnam.  Kalo disuruh pilih main di outdoor sama gadget or TV, definitely dia bakal pilih main di outdoor.  Makanya Bubu suka banget nyobain taman-taman buat ajak Nam main.  

Bolak balik ke Purwokerto, baru tau ada taman di tengah kota yang caem banget.  Namanya taman Balai Kemambang.  Taman ini didiriin tahun 2014 dan baru 2016 Bubu ngeh ada taman yang cakep ini.

Lokasi taman Balai Kemambang ada di Jl.Raya Karangkobar, Bancarkembar Purwokerto.  Lokasinya ada di pinggir jalan, jadi gampang banget dicari.  Tapi kalo masih takut nyasar bisa kok pake google map.




Untuk masuk taman ini dikenai tiket seharga 2500 aja per orang mulai usia 3 tahun ke atas..murmer ya.  Kami sekeluarga besar kesana, jadi serunya rame-rame.  Apalagi Nam, sama sepupunya kak jesh, makin semangat deh explore taman ini.

Yang menarik di taman ini versi Bubu adalah:

Kolam ikan yang lumayan luas.  Anak mana sih yang ga seneng ngasih makan ikan?  Sewaktu ditebar bibit ikan dan ikan berebut ngejar makanan pastiya bikin anak ketawa kegirangan.  Ga cuma anak-anaknya, termasuk ayah-ayahnya pun asik ngerumpi sambil ngasih makan ikan. 






Di tengah-tengah kolam ikan ada jembatan yang menghubungkan ke gazebo yang menjadi center of attention dari kolam ikan ini. 

Untuk Playground, disini ada 2 play ground.  Yang 1 playground yang colorfull dimana ada perosotan dan jembatan.  Kayaknya sih dibidik buat bocah-bocah yang lebih kecil.  Jembatan dibuat kayak busur jadi agak curam.  Untuk bisa naik ke puncak harus semacam nanjak, cuman jadi tantangan tersendiri buat Namnam n kak Jesh.  Bolak balik aja duo ini naik turun jembatan. 



Dan playground yang satunya lagi ada jungkat jungkit dan ayunan dari bahan kayu.  Playground ini bisa untuk anak-anak dan remaja.



Lapangan yang bisa buat tempat main otopet atau mobil-mobilan anak-anak.  Ada penyewaannya juga dengan harga murah meriah.  Sambil nungguin anak-anak main, emak-emak bisa juga kongkow kongkow di gazebo yang disediain di sekitar lapangan ini.
   
Inilah bedanya taman ini dengan yang ada di Jakarta.  Klo taman-taman yang pernah kami kunjungi, macem taman lembang, taman tebet, taman suropati, dll,  sekeliling taman adalah rumah-rumah atau jalanan.  Kalo di sini kita masih bisa nemuin sawah.  Lokasi taman ini emank berdempetan sama hamparan sawah.  Disediain beberapa kursi bengong yang menghadap hamparan sawah ini.  Kebayang kan enaknya bengong or ngobrol-ngobrol dengan pemandangan hijau yang nyejukin mata...aah seger.


Taman ini memiliki menara pandang yang belum Bubu ukur tingginya..hihi..tapi cukup lah buat memandang landscape taman ini dan terasering sawah di sisi lainnya.  Sayang, cuaca kurang mendukung.. windy banget di atas sana..ga kuku rasanya Bubu berlama-lama di atas menara, padahal ada spot foto kece mirip di kapal titanic..tapi ya sudah lah lain kali aja kesini lagi.




Apalah artinya taman kalo minim fasilitas umum.  Yang paling penting pastinya toilet dan mushola ye.. Karena andaikata berlama-lama di taman tanpa 2 fasilitas penting itu kayaknya mustahil yak.  Untunglah wcnya lumayan ok.  Dan Musholanya pun bersih, dan lagi-lagi dikelilingi dinding kaca yang bisa terlihat hamparan sawah..bikin betah.

Satu lagi.. kalo anak-anak main, daripada ngerumpi mending emak-emaknya olah raga.  Kita lunturin lemak-lemak sisa ketupat opor lebaran kemaren dengan lari-lari di jogging track seputaran taman..yuk marie


Purwokerto emank lagi sering-seringnya diguyur hujan terutama sore hari.  Dan pas lagi asik-asiknya anak-anak main, hujan kembali melanda.  Kita check out dulu deh dari taman ini.  So far, taman ini keren, karena punya landscape yang bagus dan juga lokasi di pinggir sawah yang seger dan hijau.  Semoga maintenance taman ini juga tetep diperhatikan terutama untuk lapangan tempat main scooter yang sudah beberapa spot sudah terlihat retak dan juga playground anak anak yang nampaknya perlu diretouch ulang.  

0 comments :

Post a Comment