Monday, July 27, 2015



Mumpung lagi nginap di wilayah Baturaden, jalan-jalan pagi jadi agenda kami.  Jam setengah 7, belom mandi dan masih muka bantal, kami udah siap di depan hotel untuk jalan pagi.  Tempat yang kami tuju adalah rekomendasi adek alias om-nya NamNam, this is it.. Curug Bayan.

Biasanya si adek suka ngasih rekomendasi tempat-tempat ajaib dengan akses yang ga kalah ajaib.  Makanya agak sangsi juga sih sama rekomendasi dia, tapi tetep penasaran donk.  Dan ternyata tempat rekomendasi si adek ini….. super keren….. indah deh macem di kalender…..  maap ya adek ganteng udah neti (negatif thinking) duluan….. hehe.




Curug Bayan ga jauh dari hotel, yaitu di dusun Kalipagu desa Ketenger.  Cara ikutin aja petunjuk arahnya ke Curug Gede/Curug Bayan. Klo dari hotel Madurodam, tinggal lurus aja, nanti aja petunjuk jalan curug, belok kanan, dan Curug Bayan ga jauh dari situ.  Sedangkan kalo dari terminal Baturaden, belok kiri aja dan ikutin jalan sampe ada petunjuk arah Curug.  




Sampai di curug masih lumayan sepi, cuma ada beberapa pengunjung aja yang rata-rata nginap di sekitar curug.  Kami parkir di atas, ga jauh dari jalan setapak menuju Curug Bayan.  Dan sampe sekarang masuk ke areal ini belum diminta bayar a.k.a gratiss…..  Ibu-ibu pasti suka deh yang gratis-gratis….. betul kan buibu??


Turun lewat jalan setapak ke arah kiri kami menuju air terjun lebih dulu.  Air terjun setinggi kurang lebih 7 m ini cukup deras dengan kolam berwarna kehijauan di tengahnya. Karena sepertinya dalam  airnya kayaknya kurang aman deh kalo berenang disini.  Di sekitar curug gede terdapat aliran air yang beningnya ga ketulungan mengaliri sungai-sungai kecil…..  andaikan di jakarta ada yang beginian….. mimpi kali ye.  Di depan curug gede ada areal bebatuan yang lumayan gede, cukup lah buat kami leyeh-leyeh sambil sarapan.  Kapan lagi sarapan dengan view air terjun dan suara gemericik air sungai.


Habis sarapan saatnya main aiir…… cihuy.  Kita jalan lagi ke bawah dimana aliran air ini udah dibendung jadi mirip sama kolam renang dengan air alami yang bening bukan kepalang.  Tempat ini jadi favorit anak-anak dan juga orang tua yang masa kecil terlalu bahagia, yang asik berenang n main air ga kalah ama anak-anaknya. 



Nam awalnya takut main di sini, karena airnya dingin macem air kulkas.  Tapi karena ayahnya iseng, diciprat-cipratinlah si NamNam, jadilah Nam ikutan lagu dangdut.. "terlanjur basah, ya sudah mandi sekalian".  Sukses deh kejahilan Ayah, Si NamNam mau maen air sampe basah kuyup.  Kalo Bubunya cuman ngeliatin, sambil nikmatin pemandangan ala kalender yang breathtaking banget.


Oya di sini kita juga bisa liat dam yang dibuat saat jaman Jepang dan juga ada jembatan melintasi sungai yang photogenic banget deh kalo dipoto.


Ini memang kunjungan pertama Bubu, tapi kayaknya tempat ini Bubu note jadi salah satu must visit place kalo nanti kami ke Baturaden nanti.

#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment