Friday, July 8, 2016



Kalo Jepang identik dengan bunga Sakura, Belanda identik dengan bunga tulip.  Biasanya bunga Tulip cuma bisa dilihat di bungkus coklat atau kosmetik, sekarang kita liat langsung yuk si bunga tulip nan cantik ini.

Bunga tulip ini ternyata berasal dari Asia Tengah.  Seorang ilmuwan bernama Carolus Clusius mendapat bibit bunga tulip dari Duta Besar Austria.  Karena tertarik dengan keindahannya, Carolus meneliti untuk memperoleh varian baru bunga ini.  Bunga tulip yang memang sudah indah menjadi lebih indah lagi dengan varian warna warni.  Sejak saat itu Bunga ini ngehits di Belanda.  

Musim
Untuk bisa melihat bunga tulip, dateng aja di musim semi antara akhir Maret sampe awal Mei. Kebetulan yang ga disengaja, schedule flight kami ke Belanda jatuh di awal Mei, yang artinya kita masih bisa liat bunga tulip bermekaran disana..hip  hip horreey.

Venue
Dimana aja sih bisa liat tulip di Belanda??  Sebenernya dari keluar bandara pun kita udah bisa liat bunga tulip warna warni.  Tapi masa sih cuma liat bunga tulip dalam pot aja..pengen ah liat yang lebih massive dan warna warni. Kemana lagi kalo bukan ke taman bunga Keukenhof.




Keukenhof ga jauh dari Schipol Airport, yaitu di kota Lisse sekitar 30 menit dari airport.  Untuk menuju kesana gampang banget, karena tersedia bis langsung dari airport.  Kalo ga salah no 858.  Lebih lengkapnya soal Keukenhof bisa dicek di web ini  keukenhof.

Dream comes true..gitu deh rasanya ngliat bunga tulip secara langsung.  Begitu masuk gerbang Keukenhof, hamparan tulip warna warni udah keliatan di depan mata..kereeen..speechless.  Katanya sih ada sekitar 7 juta bunga klo full bloom..tapi maap ga sempet ngitungin kemarin.





Landscape taman ini indah banget deh..taman tulip di antara sungai kecil lengkap dengan angsanya.  Di sini juga finally Bubu bisa ngeliat kincir angin live..seneng banget, karena kincir angin ini satu-satunya yang sempet Bubu liat pas trip europ kemarin.  Semoga next trip bisa liat kincir angin yang lebih banyak kayak Buncip di Zaanse Schans.

Ada juga area dimana keramik putih biru khas kota Delft menjadi atraksi utamanya.  Walopun ga sempet ke Delft, tapi terobati juga liat aneka keramik putih biru dan maskot anak kecil yang siap nge kiss ini.



Playground buat anak-anak didesain dengan tema boneka Miffy..ah..kembali inget Nam.  Pasti seneng banget kali diajak kesini.

Di Keukenkof juga tersedia toko souvenir khas belanda dan aneka klompen. Klompen ini adalah sepatu kayu Belanda.  Di toko klompen ini dijual klompen dengan berbagai ukuran dan variasi gambar.  Selain klompen, dijual juga souvenir kayak kincir angin mainan ini ya lucuuk berat.  Sayang ga kebayang gimana cara bawanya ke Jakarta dengan bentuk yang masih utuh ga patah-patah akibat kekerasan saat packing.  Maap ya Nam, ga jadi deh dapet mainan kincir angin.


Ladang Tulip 
Selain Keukenhof.. kita bisa juga melihat tulip di ladang-ladang warga di pinggir jalan menuju Keukenhof.  Kalo di sini kita liat ladang ditanamin jagung, padi dan palawija lainnya.  Di sini kita bisa liat ladang yang ditanamin bunga tulip aneka warna.  This is the most favorite tulip spot ever.  Baru kali ini liat hamparan bunga tulip di area yang luas banget.  

Lokasi ladang ini ada di pinggir jalan sebelum Keukenkof.  Kalo naik mobil, tinggal parkir aja dan mampir sebentar ke tempat ini.  Tapi bisa juga jalan kaki atau naik sepeda dari Keukenkof, kira-kira 15-20 menit deh.  Olah raga dengan view tulip pastinya bisa jadi sensasi tersendiri.

Sebenernya ini kebun milik warga yang ada tulisan verboeden nya..cuman banyak wisatawan yang  numpang foto di sini..kayak kami ini, numpang foto boleh tapi jangan merusak ya.



Oleh oleh

Kalo bukan gara-gara tante Bubu nitip bibit bunga tulip, Bubu ga bakal tau kalo bibit bunga tulip ini bisa dijadiin souvenir alias oleh-oleh.  Bibit bunga tulip ini dijual per box antara 7-12 eur..hmm mayan mahal yak.  Bibit ini banyak di jual di Keukenhof, toko souvenir maupun di Airport.  Bubu sih beli di airport di toko Aviflower.  Katanya tinggal di semai maka akan tumbuh tulip dalam 4-5 minggu.


 Selain Amsterdam, kota lain di Belanda yang Bubu kunjungi adalah Rotterdam..monggo klik disini.


 

0 comments :

Post a Comment