Sunday, September 29, 2019



Kemana aja sih tempat-tempat yang seru buat ajak kiddos berpetualang di Singapore??


Setiap orang pasti punya masing-masing bucket list saat berkunjung ke suatu tempat atau negara..  Biasanya ke tempat-tempat iconic.. kayak di Sing biasanya orang-orang foto di patung singa yang mancurin air.. alias Merlion.. atau Marina Bay Sand.   Di trip kali ini, dengan kondisi bawa 2 bayik, Bubu udah buang jauh-jauh deh tempat-tempat iconic dari itinerary Bubu.  Karena pastinya hectic, rame, terik, yang mana bikin anak-anak cranky berat.. Oh Noo


Trip dengan kiddos kali ini, Bubu coba cari tempat-tempat yang nyaman tapi tetep seru buat anak-anak sambil diskusi ama si sulung, kemana sih asiknya kita jalan2?  Dari sekian tempat yang dikunjungi, ini dia the best 3 versi my kiddos.. Kriterianya mereka ga cranky, banyak ketawa dan susah diajak udahan.. This is it


#1  Children Library di National Library-nya Singapore



Denger kata perpustakaan selintas di pikiran..ih boring banget pastinya.  Ternyata anggapan ini salah besar.   Children library ada di basement 1 gedung National Library Board yang letaknya di Victoria street alias sebrang Bugis junction ini seruu banget.  Perpustakan ini buka setiap hari dari jam 10 AM - 9 PM, kecuali public holiday.  Dan tiket masuknya gratis... πŸ‘πŸ‘πŸ‘



Dari pintu masuk aja udah seru, kita diajak serasa di hutan buku bacaan.  Desain interiornya seru banget, bernuansa hijau-hijau, dengan karpet hijau menghampar dan rak-rak buku dengan motif pepohonan.   Center of attentionnya adalah tree house lengkap dengan pohon buatan dan rumput sintetis. 




Di sekitarnya juga tersedia pojok-pojok baca dari kursi-kursi kecil, stool, sampe area lesehan.  Di sini anak juga bebas hilir mudik lari kesana kemari, pokoknya nyenengin banget.  Buku-buku tersusun rapi berdasarkan usia anak, dan bukunya seru-seru berat.





Si kembar mondar mandir kesana kemari sambil ambil buku-buku yang menarik hati mereka dan minta dibacain ayah n bubu.  Klo kakak sih udah tenggelam sambil baca buku-buku favoritnya. 




Ga kerasa kita di sini hampir 3 jam, dan anak-anak masih susah diajak pulang.  Makanya tempat ini dinobatkan jadi 1st favorit place di trip kita kemarin.

#2 Garden by the Bay


Alasan utama kami ke Garden by the Bay lagi dan rela beli tiket masuk ke dome-nya (padahal biasanya hobinya yg gretongan).. adalah karena Tulip Festival a.k.a Tulipmania yang kebetulan saat itu sedang berlangsung.  Ngomong-ngomong soal Tulip Festival, it's like a dream come true deh.. Bubu suatu saat pernah baca artikel soal Tulip Festival ini di internet.. langsung kepikiran pingin banget ajak Namnam kesini.  Secara ga sengaja, tiket yang Bubu beli tanggalnya pas banget Tulip Festival berlangsung di Flower Dome.. So.. ga ada alesan kan ga beli tiket masuk ke dome? 


Harga tiket untuk dewasa 23 SGD dan anak-anak 3-12 tahun 14 SGD berlaku untuk 2 dome, Flower Dome dan Cloud Forest Dome.  Nyesel ga sih beli tiket segitu mehong untuk masuk ke dome? Jawabannya ga sama sekali.  Kami datang ke Garden by the Bay di siang bolong setelah selesai dari Sentosa.  Dome yang pertama dimasuki adalah Flower Dome.  Begitu masuk, nyess... adem banget.  Ternyata suhu di dome diatur sekitar 25 C.  Flower Dome sangat menyenangkan buat kiddos.. 

                            



Flower arrangement indah dan jalur lalu lintas pengunjung pun menyenangkan dan rapi.  Si kakak yang udah esde, bisa sambil belajar lihat-lihat bunga yang belum pernah dia liat sebelumnya.  Kalo si adek cuma seru jalan-jalan sambil nunjuk-nunjuk bunga-bungaan.  Saat itu sedang tulip festival, jadi dekornya ala ala Belanda, lengkap dengan kincir angin, sepatu khas Belanda dan tulip segala warna dari yang masih kuncup sampai yang sudah bermekaran.  Sayangnya pada saat kami datang flower dome lagi ruamee, susah banget ambil foto, karena dimana-mana ada pengunjung lain yang berfoto ria juga.  Jadi, selagi ada kesempatan cekrek.. eh udah ada pengunjung lain yang antri foto.








Setelah puas, di flower dome kita akan keluar melewati lorong yang di dalamnya ada beberapa diorama mengenai alam, dari gurun, padang rumput, yang mengalami musim hujan sampai musim panas.  Ini seru banget sih, Bubu Ayah jadi flash back pelajaran IPA tempoe doeloe.


Next is Cloudforest dome.  Center of attention dari si Cloudforest ini adalah air terjun yang tinggii banget dan dikelilingi pepohonan ala hutan hujan tropis yang disusun secara vertical.  Untuk menikmati si Cloud Forest yang ketinggiannya sampai 35 m ini, kita harus naik lift sampai ke lantai teratas.  Dimulai dari atas kita bisa menyusuri jembatan  yang tinggi melingkari dome, sehingga kita bisa menikmati cloud forest ini dari lantai teratas sampai terbawah.  Bubu kira bakal ngeri-ngeri sedep ya karena jembatannya kan tinggi ditambah bawa 3 kiddos.  Ternyata ga menakutkan sama sekali.  Jembatannya sangat stroller friendly dan pagar pengaman yang cukup tinggi, jadi aman untuk anak-anak. 






Last but not least, setelah capek keliling, kita mau main air.  Di area Garden by the Bay ini ada taman bermain anak-anak yang gratis sodara sodara.  Namanya Far East Organization Children Garden.  Di sini ada playground anak macem jungkat-jungkit dan teman-temannya.  Dan yang paling seru ya area main air dimana ada macem-macem pancuran dari peruntukan usia baby dan anak-anak yang lebih besar.  Oya disini juga disediakan kamar ganti yang bersih, jadi jangan takut main air ya kiddos.




Seperti yang pernah Bubu bahas di blog sebelumnya, banyak juga area gratis di Garden by the Bay, seperti Supertree lengkap dengan sky walknya, dragon fly and kingfisher lake dan masih banyak taman-taman tematik yang bisa dinikmati dengan gretong alias gratis.  So, Garden by the Bay menurut Bubu, must visit kalo keliyan sedang di Sing.

#3 Sentosa


Sentosa kayaknya memang surganya rekreasi di Singapore.  Bukan hanya karena ada Universal Studio Singapore, di sini juga banyaak banget wahana-wahana yang menyenangkan buat dinikmati.  Tapi, tujuan kami ke Sentosa kali ini cuma mau morning walk aja dan karena Nam mau nyari permen skittles.. jauh banget ya nyarinya sampe ke sini.. hehe. 


Morning walk kita awali di bola dunianya USS sambil ngerasain vibe serunya orang-orang yang mau main di themepark yg kece ini.  Sempet tergoda juga pengen masuk ke USS ini, mengingat anak-anak masih belum bisa menikmati banyak wahana di sini, maka menurut hemat Bubu, tiket masuk yg mahal itu ga worth it buat usia kiddos saat ini, jadi skip lah.


                            

Lanjut kita ke Candylicious.. Dari pintu masuknya aja udah seru banget liat aneka permen gelantungan.  Masuk ke dalam lebih seru lagi karena pilihan permen dan coklatnya buanyaak banget.  Happy deh si kakak dapet permen yang diincernya selama ini.



Setelah dapet permen-permen seru, kita lanjut liat si merlion yang ada di sentosa.  Dan sebelum cuzz pulang, kita sempetin ke siloso beach sambil piknik-piknik lucu sebentar dan pulang naik sentosa express untuk lunch di vivo mall.



Selain 3 tempat favorit di Singapore, kita juga sempetin ke LEGOLAND di Johor Bahru.  LEGOLAND sekarang udah makin lengkap daripada waktu pertama kali Nam kesana.  Untuk reviewnya, nanti yaa..klo ga males😁😁

So far, Singapore tetep menyenangkan untuk dieksplore.  Klo ada kesempatan ke sini lagi, Bubu pengen ajak ke children library yang katanya ada juga di beberapa lokasi lain, ke museum yang seru-seru dan pastinya ke USS.  See you latter Sing πŸ’›πŸ’›πŸ’›πŸ’›πŸ’›




0 comments :

Post a Comment