Monday, December 2, 2013


Dinas yang artinya beberapa hari ga ketemu Nam.. jadi saat-saat yang berat buat Bubu. Berbeda dulu sewaktu belum punya anak, ringan saja kaki melangkah saat ditugasi ke luar kota..klo sekarang rasanya kaki kayak diganduli barbel 100 kg. Yaa..tapi dinas tetaplah dinas, tugas kantor ini tetap harus dijalankan dengan senang hati ciee.. Makanya Bubu anggap aja ini part of holiday..saatnya explore daerah lain, secara gratis..dengan maskapai terbaik di negri ini dan hotel bintang 4 yang kalau travelling dengan biaya sendiri kayaknya harus mikir-mikir 1251 kali..waa banyak amit.

Ya kali ini Bubu akan ceritakan wonderfull of Batam. Very famous city right?? Kota tetangga dekatnya Singapura dan kota tempat blanjaa..favorit emak emak donk. Things to do kalo sedang di Batam, adalah :

1.       Shopping place
     Batam salah satu kota pusat pershoppingan di negri kita, selain Jakarta dan Bandung pastinya. Mungkin karena bertetangga dengan negara sebelah, sehingga barang-barang pun terkenal unik unik dan lebih murah di banding daerah lain.

Mau cari parfum? Dari yang super original sampe yang mirip original alias KW banyak tersedia di sini. Toko-toko yang berjualan parfum, banyaak dan melimpah ruah di Batam, terutama kawasan Nagoya. Kalo favorit Bubu adalah toko Swiss yang di sebelah Lucky Plaza dan toko Victoria di belakang Hotel Harmoni. Sedikit tips untuk belanja parfum di sini, pastikan parfumnya original. Selain itu jangan lupa harus tau harga parfum sebelum tawar menawar dengan toko-toko itu. Karena saking banyaknya toko, ga ada salahnya juga cek di toko-toko lain untuk cari harga paling murah. Untung di kantong sekaligus membakar kalori.


Tas..dari original, berbagai macam KW dari yang super sampe yang KW abal-abal ada di sini. Toko tas biasanya 1 toko dengan toko parfum. Nah kalo untuk tas, Bubu paling favorit belanja di Gold Hill di Nagoya dan toko Paris di belakang Harmoni. Tipsnya juga sama, kalo untuk tas ori, harus tau harga tas di Mal-Mal di Jakarta jadi bisa nawar dengan kejam. Pengalaman Bubu, harga tas bisa lah 40%-60% lebih murah di banding di Jakarta. Tapi kalo tas KW..jangan sampe ya lebih mahal daripada di Mangga 2, masa jauh-jauh ke Batam tetep lebih murah di kota sendiri..hehe.


Gadget..pusatnya adalah di Lucky Plaza Nagoya. Dari kamera, handphone, game, bisa di dapat di sini. Untuk harga gadget, beberapa memang lebih murah di bandingkan harga pasaran. Tapi harus dipastikan bahwa barangnya ori dan garansi berlaku di Indonesia. Kalau untuk harga handphone second, harga boleh diadu deh..murah meriah



2.      Food and Food
a.     Seafood
Batam gudangnya sea food. Berbagai restoran seafood tersebar di kota Batam. Favorit Bubu adalah di Golden Prawn karena masakannya enyaaak dan Harbour Bay karena makanan enak dan tempat pun sangat cozy di tepi pantai. Yang paling khas adalah gong gong, sejenis kerang yang dimakan dengan cocolan sambel. Hmm.....


b.     Sop ikan Batam Yong Kee

Sop ikan Batam, juaranya adalah Yong Kee. Rasa sop ikan ini enaak dan segar, jauh dari rasa amis. Sop ikan disajikan dengan cabe rawit potong dan kecap asin. Hmm..bikin ketagihan. Jangan lupa coba otak-otaknya juga ya buat cemilan.


c.      Kaki Lima Sepanjang Nagoya
Makanan kaki lima di sepanjang Nagoya juga asik buat tempat nongkrong dengan harga yang ga bikin kantong bolong. Dari aneka seafood, pecel lele, sampe sate padang tersedia disini. Karena outdoor dan di pusat keramaian, jadi seru untuk tempat dinner.


d.     Martabak Har
Martabak Har adalah tempat yang paas banget buat pecinta roti canai dan teh tarik. Roti canai dengan karinya yang juara dan segelas teh tarik yang segeer banget, pas buat cemilan. Selain canai tersedia juga makanan khas India lainnya dengan harga yang paas juga di dompet.


Oya, sewaktu jalan-jalan di Nagoya Hill, Bubu nemu makanan yang enak and sueger, yaitu kembang tahu aneka rasa. Mau durian, capucino, strawberry, green tea, kacang merah, dll.. Harganya cukup 12.000 rupiah dan rasanya manis seger.


3.      Jembatan Barelang
Klo ke Batam, kurang afdol kalo ga mampir ke sini, jembatan Barelang, iconnya Batam. Barelang ini singkatan dari Batam Rempang Galang, yak yang artinya jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau kecil tadi. Jembatan Barelang ini ada 1 jembatan utama yang gambarnya bisa diliat di souvenir2 khas Batam dan beberapa jembatan-jembatan kecil lainnya.
Jembatan utama tampak megah berdiri di antara wilayah yang masih perbukitan, dengan pemandangan laut dan pulau-pulau yang indaah banget. Banyak traveler maupun warga lokal yang mengunjungi tempat ini buat sekedar poto-poto or kongkow-kongkow bersama pasangan, keluarga or teman.

4.      Berburu oleh-oleh
Buat oleh oleh, di Batam juga banyak pilihan. Untuk yang tradisional ada kue Bingka Bakar, kek Pisang Villa, dan makanan ringan khas Batam lainnya. Makanan lainnya adalah snack-snack import dari Malaysia dan Singapura. Bubu biasanya belanja di toko Top 100. Harga disini bisa lebih murah 2000-7000an per item barang. Lumayan kan.
Klo ga sempat nyebrang ke Singapura, jangan khawatir. Di Batam banyak dijual souvenir Singapura seperti kaos, gantungan kunci atau pernak pernik lain dengan harga yang murah meriah.

Sebenernya di Batam masih banyak tempat yang bisa dieksplore..hanya karena waktu luang yang terbatas saat tugas jadi hanya tempat-tempat ini yang baru sempat dikunjungi.. Ayo jadiin Batam jd next holiday destination


#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment