Friday, June 20, 2014


Ke luar kota buat saya adalah memanjakan lidah dan perut dengan jajanan lokal. Hampir ga pernah kosong ni perut di Pekanbaru....karena sana sini enak.... jadi agenda kalo ada waktu luang ya makan..makan..dan makaan.. Gimana ga bergeser jarum timbangan ke kanan.. oo noo

Beruntung lah saya menginap di Jatra Hotel di Jl. Jendral Sudirman waktu itu. Hotel ini connecting dengan Mal Pekanbaru, dan di sekitarnya melimpah makanan yang ngetop dengan rasa top markotop. Ini dia yang sempet diicip-icip :

1. Bakso Populer

Untuk menuju bakso ini, cukup jalan kaki kira-kira 200 m dari Jatra Hotel. Kalo ke tempat ini, berasa deh ada di Jawa mana gitu. Selain dekorasi ruangan yang ala ala Jawa, pelayannya pun kebanyakan orang Jawa, yang terdengar dari logatnya. Jadi inget kampung halaman... Menu yang ada di sini ya Bakso, mie ayam dan miso. Karena penasaran, saya coba pesan Mie Bakso Spesial yang ternyata isinya mie kuning (yang dipake adalah mie basah), bihun, bakso dan yang spesial suwiran ayam.,,lengkap banget kan.. Yang spesial di sini memang kuah bakso yang rasa kaldunya gurih banget. Ditambah sambel dan tahu goreng, makin mantab deh. Untuk harga memang agak premium dibanding warung bakso pinggir jalan, tapi rasanya memang spesial. Buat penggemar bakso, wajib dicoba.


2. Serba Sedap

Rumah makan ini ada di Jalan Diponegoro menyajikan aneka makanan melayu. Karena waktu itu saya datang rame-rame bersama rombongan kantor, sehingga menu yang dipesan pun nano-nano alias buanyak. Menu yang paling maknyus menurut versi saya adalah ikan bakar. Ikan bakar ini meresap banget bumbunya, dipadu dengan sambal kecap..ditambah nasi putih makin nikmat. Selain ikan bakar menu lainnya juga menggugah selera, seperti gulai ikan baung. Ikan baung jarang banget kita temui di jakarta raya, ikan ini mirip-mirip ikan patin, kaya akan daging dan ga banyak duri. Bumbu gulainya pun pas banget dipadu sama daging ikan ini yang lembut. Sayur dimasak aneka macam, dari digulai, urap, atopun cuma direbus. Buat penggila pete dan jengkol, balado pete dan jengkolnya jempol banget rasanya. Klo ga inget-inget aromanya, bisa abis sepiring saya lahap..ups.


3. Durian Pangeran

Durian memang selalu ada di Pekanbaru di segala musim. Konon kabarnya, durian ini import dari berbagai daerah, jadi selalu dijaga stoknya sepanjang waktu. Kedai-kedai durian ini berjejer sepanjang jalan diponegoro. Rata-rata tiap kedai menyajikan durian dengan kualitas yang hampir sama.  Soal harga memang agak premium dibanding durian di Jakarta klo lagi musim, tapi pengalaman kemarin, ga ada yang bikin nyesel deh, karena rasanya semua enyaak and pulen banget..bikin merem melek deh makannya.  Oya, disini juga disediakan ketan buat temen makan duren.  Ternyata enak juga lho makan duren sama ketan..yumm.  Buat oleh-oleh, mereka menyediakan durian yang bisa dipacking rapi dengan wadah plastik dan ditaruh di dalam stereofoam, untuk menjaga suhunya.  Selain buah durian, aneka olahan durian juga ada di sini, mulai dari lempok, kue-kue dan pancake durian.  Untuk pancake durian ini dihargai 75ribu untuk 10 pcs.
  

4. Kedai Kopi Kimteng

 Kedai kopi ini sepertinya ngetop seantero Pekanbaru.   Saya pertama kali baca diblog-blog, ternyata banyak yang mereview tempat ini sebagai must visit place di Pekanbaru.  Sebenernya yang asli di Jl.Senapelan 22, ga jauh dari Pasar Bawah.  Menurut cerita temen, kalo sarapan, disini banyak sekali pilihan makanan yang enak-enak.  Tapi sayang, kunjungan kemarin saya ga sempet ke tempat ini.  Tapi di dekat Senapelan Plaza tepatnya di lantai 2, tinggal nyebrang dari hotel tempat saya menginap, ada juga Kedai Kopi Kimteng.  Kopi Kimteng disini suasananya, ala ala resto, dimana pilihan makanannya buanyak.  Mirip Solaria lah.  Karena ingin merasakan kopinya yang khas, di 2 kunjungan yang berbeda saya pesan es kopi susu dan kopi susu hangatnya.  Es kopi susunya enak, rasanya lebih light, pas selera saya.  Sedangkan kopi susu hangatnya, rasanya strong banget, agak asem dikit, cocok buat penggemar berat kopi.  Sebagai pelengkap, saya pesan roti bakar rasa coklat hazelnut.  Rotinya imut-imut, sedikit lebih kecil dari roti tawar biasa, tapi cukup kenyang kok buat sarapan or cemilan sore hari.  Klo untuk harga, minuman dan makanan di sini harganya ramah di kantong kok.  Kopi susu dihargai 13 ribuan, sedangkan roti 9ribuan.



Well Moms..... Segini dulu ya.... nanti edisi jajanannya lanjut ke Part 2....
Ngantuk nih..... Hoam....... ZZZzzzzzz.......

0 comments :

Post a Comment