Friday, November 29, 2013

Masih tentang liburan sekaligus kondangan kami di Pulau Lombok.  Ke pulau Lombok bisa ditempuh baik dengan jalur darat- laut maupun udara.  Nah keduanya pernah Bubu alami.  Sewaktu kecil dulu, Bubu 2 kali naik bis menuju Lombok.  Jadi kita naik bis menuju banyuwangi, menyebrang ke Bali dan dari Bali kita menyeberang lagi ke pulau Lombok.

Lama perjalanannya kira-kira 2 malam.  Lama ya, tapi memang zaman dahulu, pesawat sepertinya barang yg super mewah dan langka.  Makanya ga jadi pilihan transportasi saat itu.  Kalau sekarang banyak pilihan transportasi udara yg menawarkan rute ke Lombok baik yang direct flight maupun yang transit di surabaya or bali.  Untuk yang direct flight bisa dipilih garuda, lion, atau sriwijaya.  Untuk yang transit lion dan citilink.

Memang penerbangan ke Lombok belum ada yang superpromo, tapi bukan ga mungkin kita bisa dapat harga terjangkau kesana.  Triknya menang dengan memesan jauh-jauh hari.  Garuda sering adakan Early Bird dengan harga lumayan terjangkau, begitu juga citilink yang sering adakan promo. Cara lain adalah dengan menggunakan promo kerjasama airlines dengan bank atau kartu kredit.  Karena waktu pemesanan mepet, kami kemarin memanfaatkan diskon bank, ada yang diskon 13% dan cash back 500ribu.  Lumayan lah.

Menurut Bubu, pulau Lombok memiliki banyak sekali objek wisata yang indah dan masih alami.  Ga kalah dibanding bali. Tapi memang menurut Bubu lagi, untuk kemudahan akses dan transportasi, begitu juga pilihan hotel tidak sebanyak di bali.

Durasi liburan kami kemarin memang cukup singkat.  Belum lagi kami ada acara kondangan juga, jadi kami harus pintar-pintar mengatur waktu supaya masih sempat untuk berwisata. Ini nih bukti foto kondangannya....

Hari pertama kami langsung menuju gili trawangan, lengkapnya bisa dibaca di artikel khusus mengenai gili trawangan.
Hari kedua kami sempatkan ke Senggigi sebelum kondangan.  Kebetulan hotel kami berlokasi di pesisir pantai Senggigi.  Pagi hari setelah sholat subuh, kami langsung menuju pantai Senggigi.  Udaranya sangat bersih dan laut masih tenang.  Puas deh kami berlarian, bermain pasir, main air sampil poto-poto pastinya di pinggir pantai sampai sunrise tiba.  Asiknya lagi, karena masih sepi, serasa pantai milik pribadi..ngayal..hehe.  Oya, di pinggir pantai banyak penjual mutiara.  Bagus-bagus sekali dan murah, pintar-pintarnya kita menawar.

Masih hari kedua, sore harinya kami ke pantai Kuta.  Agak jauh, kurang lebih 2 jam dari kota mataram.  Walopun sama-sama Namanya Kuta, Pantai Kuta-nya Lombok ternyata berbeda dengan bali.  Jika di bali pasirnya lembut dengan garis pantai yang panjang, pantai Kuta di Lombok pasir agak kasar dan sedikit berbatu.  Tapi soal pemandangan, ga kalah cantik.  Pantai lepas dengan beberapa bukit di pinggirnya.. Indah sekali.  Yang sedikit mengganggu adalah banyaknya pedagang souvenir yang sedikit memaksa menawarkan dagangannya.  Sebenarnya barang yang ditawarkan bagus dan bisa ditawar. Tapi karena terlalu memaksa, jadi sedikit mengganggu wisata kami.

Tidak jauh dari pantai Kuta, banyak pantai-pantai lain yang masih alami antara lain pantai Tanjung An.  Indah-indah sekali pemandangannya.

Ga lengkap rasanya ke Lombok kalau mencicipi masakan khasnya.  Kalau diLombok ga perlu khawatir seperti dibali, disini mayoritas muslim, so makanannya mostly juga halal. Yang wajib sekali dicoba apalagi kalo bukan ayam taliwang dan teman-temannya.  Ayam taliwang sebenarnya ayam bakar dengan bumbu khusus, dibuat dari ayam yang masih muda jadi agak kecil.  Ayam taliwang terkenal dengan kepedasannya, tapi sekarang mereka menyediakan juga varian yang tidak pedas.  Teman makan ayam taliwang adalah plecing kangkung dan beberok terong.  Rasanya jangan ditanya lagi..super maknyuss.

Jangan lupa juga dengan kerajinan khas Lombok, yaitu mutiara.  Toko mutiara banyak terdapat di kota mataram.  Harganya jika dibandingkan dengan jakarta, jauh lebih murah.  Misalnya, dengan harga 10ribu saja kita bisa mendapat gelang mutiara, 50 ribu kalung yg sedang.  Belum lagi bros yang keren-keren. Kaum ibu2 harus waspada, klo tidak bisa kalap memborong perhiasan mutiara yg cantik-cantik ini.

Oya, selain wisata pantai, di Lombok masih banyak lagi tempat wisata lain, seperti Narmada, gunung rinjani, air terjun sendang gile dan masih banyak lagi.

Sekian cerita tentang Lomboknya.  Menurut Bubu, pulau ini salah satu must visit place buat yang ngakunya traveler..hehe.