Wednesday, April 6, 2016


Setiap kali liat foto orang saat berada di Makassar, hampir pasti berbackground tulisan LOSARI. Kayaknya tempat ini jadi landmarknya kota Makassar yang paling penting. Dimana sih tempat ini, kenapa hitzz bener ya?

Bela-belain bener ni kami cari hotel deket lokasi ini, supaya puas nongkrong-nongkrong di area ini. Karena cuma 5 menit jalan santai dari hotel kami, makanya hampir tiap berangkat dan pulang ke tempat wisata kami mampir ke sini. Suasana pagi yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi dan sunset yang dramatis, menjadikan tempat ini asik banget buat nongkrong dan melakukan berbagai aktifitas dengan keluarga maupun teman-teman. Apa aja sih yang bisa dilakukan di sini :

1. Ibadah
Di Pantai Losari ini memiliki masjid terapung dengan nama Masjid Amirul Mukminin. Masjid ini di buat di pinggir pantai dimana katanya kalo air sedang pasang terlihat seperti terapung makanya disebut masjid apung. Sayang sewaktu kami kesana, air sedang tidak pasang jadi masih kelihatan deh pondasi-pondasi masjid.


Ukuran masjid ini ga terlalu besar, tapi memiliki 3 lantai, lantai dasar untuk jamaah laki-laki, lantai kedua untuk jamaah wanita, dan lantai 3 pada saat Bubu ke sana sedang kosong sih, tapi bisa kok untuk tempat sholat juga. Dari lantai 3, pemandangan pantai dan kota Makassar terlihat indah banget.


Oya, Nam paling senang naik ke atas melewati tangga yang dibuat melingkar di sisi luar masjid, sehingga pada saat naik, bisa lihat laut lepas, kapal-kapal, dan juga sunset. Indaah banget.

2. Belajar budaya dan para tokoh
Anjungan Pantai Losari ini, sepertinya juga sudah disiapkan jadi tempat untuk belajar mengenai budaya dan tokoh dari Sulawesi Selatan. Di beberapa spot didirikan patung para tokoh Makassar seperti Sultan Hasanuddin, Syech Yusuf, dan ada sekitar 20an patung dada di lokasi ini. Selain patung dada, terdapat juga patung yang menggambarkan budaya Sulawesi Selatan. Di area anjungan Bugis-Makassar memiliki patung berbentuk becak, kapal pinisi, permainan paraga, dan tarian pepe-pepeka ri makka.



Di area Toraja-Mandar beridiri patung tedong bonga kerbau belang, tongkonan—rumah adat Toraja, dan tari pa’gelu. Patung favorit Nam adalah kapal pinisi, bolak balik dia minta difoto sama kapal pinisi mini ini. Minta naik ke atas malah boboan di samping kapal pinisi...Hadeeh.

3. Foto-foto
Selain dengan patung-patung menarik yang seru banget jadi background foto. Di pantai losari punya juga aneka tulisan gede yang foto-able banget.



Ada tulisan City of Makassar, Bugis, dan Losari donk. Yuk keluarin tongsis, pose paling eksis, dan mari kita poto.

4. Olah raga
Pelataran Pantai Losari juga banyak juga dipergunakan jadi tempat olah raga. Pagi hari banyak yang lari pagi dan senam-senam kecil. Nah sore hari banyak anak-anak yang main in line skate. Bahkan jalan santai di pinggir pantai termasuk olah raga juga kan?

5. Menikmati sunset
Di pantai losari ini kita juga bisa menikmati sunset yang Indah. Semburat langit kemerahan sewaktu matahari akan terbenam menambah keindahan Pantai ini. Apalagi kalo langit cerah, kita bisa lihat matahari terbenam tanpa bersembunyi di balik awan.

6. Kuliner
Di sepanjang jalan di seberang pantai Losari banyak dibangun tenda-tenda. Menurut pengamatan Bubu, tenda-tenda ini baru didirikan sore hari. Makanan yang dijual kebanyakan pisang epe.




Semacam pisang bakar diberi gula merah dan aneka toping... lejaat. Selain itu juga ada penjual bakso, jagung bakar dan berbagai jajanan khas Makassar lainnya.

7. Main bebek-bebekan
Buat pecinta bebek-bebekan...disini juga ada lho. Dengan naik bebek bebek-an dan perahu kecil kita bisa mengelilingi pantai losari. Malem-malem bebek dan perahu ini makin meriah, karena dihiasin dengan lampu-lampu warna warni. Tapi kami ga sempet coba...liat lampu-lampunya di pinggir pantai aja udah bikin Nam hepi.

8. Bengong
Banyak tempat buat duduk duduk di sekitar pantai ini. Bengong sambil liat laut lepas, memperhatikan aktifitas orang-orang di sana, apalagi sambil ngemil pisang epe...juara banget deh santainya...


Beruntungnya warga Makassar punya tempat hang out outdoor pinggir pantai selengkap ini dan gratis pullak (Colek Kota J......)

Wish us back here someday...


0 comments :

Post a Comment