Sunday, June 29, 2014


Lanjut lagi cerita soal kegiatan kunyah mengunyah di pekanbaru....... 



5. Sate Bundo Kanduang

Sebenernya saya makan disini karena 1 alasan, deket banget dari hotel tempat saya biasa menginap. Tapi lama-lama kok nagih ya, makan di sini jadi kunjungan wajib saya klo ke Pekanbaru. Lokasi tempat makan ini ada di food court Plaza Senapelan.
  


Sate Bundo Kanduang adalah sate padang, dengan beberapa pilihan dari daging sampe lidah. Pilihan saya selalu sate daging, dengan potongan daging yang cukup besar sedikit crunchy dan bawang goreng yang melimpah. Lebih enak lagi kalo ditambah krupuk kulit atau singkong balado. 


6. Sup Tunjang Tri Buana
Nah ini salah satu makanan favorit saya, Sup Tunjang. Di Pekanbaru ini ada beberapa tempat makan yang menyediakan sup tunjang spesial. Tapi kali ini saya diajak icip-icip di Sup Tunjang Tri Buana. Sup Tunjang ini ada di area GOR Tri Buana Jl. Diponegoro Pekanbaru. Walopun judulnya rumah makannya Sup Tunjang, tapi di sini juga disediakan menu makanan lain seperti soto, sate dan nasi pecal. Tapi saya ga mau melewatkan nyoba menu utama, yaitu Sup Tunjang. Begitu sup tunjang datang, hmm..bau harumnya bikin perut makin keroncongan.
  
Ga sabar menyendok kuah sup tunjang, ajiib..enak banget rasanya. Sup bening dengan tulang belulang sapi ini memang menggugah selera. Walopun makannya penuh perjuangan dengan menggerogoti tulang belulang, tapi memang bikin semangat makannya. Ga berasa semangkuk sup tunjang sudah ditransfer ke perut saya. Selain sup tunjang, saya juga mencoba menu sate kuahnya. Sate sapi dengan bumbu kecap pedas. Rasanya enak juga, hanya ada beberapa bagian yang dibakarnya ga well done, jadi agak alot sedikit. Untuk harga seporsi sup tunjang 25ribu dan sate sapi kuah 30ribu. 



7. Kue dan jajanan di Jl. Sam Ratulangi
Sebenernya awalnya saya salah turun angkot jadi nyasar ke daerah ini. Saya memang penggemar angkot and public transport. Makanya klo ke luar kota saya sempatkan juga nyoba-nyoba public transport di sana. Nah tempat ini lah saya nyasar membawa berkah, karena ketemu surga kue-kue yang bikin ngileer. Sepanjang Jl. Sam Ratulangi ini berjejer gerobak gerobak yang berjualan aneka kue.
  
Dari Kue Putu, Martabak manis (martabak durian ada lho...aduh ngeces klo inget lagi).. , Kue bingka bakar dan serabi, dan kue kue basah lainnya. Saya nyoba beli kue bingka bakar dan serabi. Harganya murah meriah, cuma seribuan, asik banget buat cemilan sambil ngopi ato ngeteh..yuk marii.



8.Kerupuk Pedas di Masjid Raya

Awalnya cuma mau poto-poto di Masjid Raya, maklum lah sebagai kaum narsis, selalu disempetin poto-poto di landmark suatu kota. Tapi rekomendasi dari temen, disini juga ada jajanan unik, yang cuma bisa ditemui di Pekanbaru, namanya kerupuk pedas. Kerupuk pedas ini sebenernya kerupuk super gede, yang dibumbui bumbu kari mirip bumbu sate padang, bihun dan sambel. 

Seporsi kerupuk pedas yang kecil cuma dihargai 3ribu sedangkan yang gede 4 ribu. Rasanya unik banget, mirip-mirip roti cane tapi garing,plus ada bihunnya. Klo sore kerupuk pedas ini rame pembeli. Asik lah buat cemilan sambil nyore di Masjid Raya. Untuk minuman, es tebu kayaknya bisa jadi temen yang pas makan kerupuk pedas ini.

Well semoga berguna buat Moms yg sedang Travelling atau Work-Travelling ke Pekanbaru ya.... Kalau lain waktu Bubu kesana lagi, kita bisa bareng-bareng icip-icip jajanannya lho...... Kita janjian aja....... :)

2 comments :

  1. liputan jajanannya mantapp dan ajib, oya mampir Kirim Ceritamu

    ReplyDelete
  2. makasih mas for reading n infonya..nanti deh dikirim2..semoga dapet vouchernya..hehe

    ReplyDelete