Tuesday, July 15, 2014


Bulan Puasa ini Bubu mendapat tugas yang maha berat..keliling 3 kota di Sumatera.. what??dengernya aja udah lemes duluan.  Ticket dipesan, hotel dibooking dan ittinerary disusun..Sipp..siap berangkat, cemunguudh eaaa..bak abege kadaluarsa.

Perjalanan pertama ke kota BatamBubu ambil flight pagi, supaya energy masih full, maklum abis sahur.  Sesampai di Bandara sudah rame dengan orang-orang yang dinas bahkan liburan.  Ternyata puasa-puasa pada semangat juga ya travelling. 

Boarding time dan tiba saatnya masuk pesawat.  Untuk perjalanan pagi biasanya Garuda Indonesia menyediakan sarapan pagi, tapi untuk yang berpuasa sudah disiapkan kotak yang isinya sama persis dengan yang disajikan pagi itu.  Menu pagi itu sosis, telur dan kentang ga lupa juga takjilnya pie buah.  Lumayan ya bisa buat buka.

Safe landed dan saatnya jalan-jalan..eh kerja deng.............................

Sore setelah office hour, Bubu check in di Hotel Planet Holiday. Suasananya beda banget ya di banding hari-hari biasa, dengan berbagai ornamen khas Ramadhan dan juga ada akustik setelah buka tiba.  Kami langsung check in dan setelah check in kami diberikan 2 kupon, 1 untuk sahur dan 1 untuk buka puasa.  Iya..di hotel ini ada free buka puasa di fasting month.. Alhamdulillah..terharu.. ditambah lagi laundry gratis selama bulan Ramadhan..makin terharu.. 

Memang waktunya buka puasa, Bubu ga sempet nyobain buka di sana, karena kebetulan ada tawaran bukber yang menarik di Yongkee sup ikan khas Batam..slruup..yummy.  Tapi Bubu sempet intip-intip menu buka puasanya sepertinya lumayan lengkap, ada takjil dan menu utama yang lumayan bervariasi. 
Untuk sahur sudah tersedia dari jam 3.30, menunya cukup seadanya, hanya nasi dan beberapa lauk pauk aja, seperti fille ikan, ayam, dan sosis tumis.  Yaa lumayan lah buat isi perut. 

Next..kita menuju kota kedua, Pekanbaru.  Kali ini Bubu menginap di Hotel Jatra.  Nuansa Ramadhan juga sudah heboh menghiasi lobby hotel ini.  Hotel ini pun menyediakan menu Sahur mulai pukul 4 pagi.. 

Bubu bangun pukul 4 pagi dan langsung cuss ke resto.  Ga disangka, hotel ini menyediakan menu sahur yang lengkap banget, sama kayak sarapan pagi.  Dimulai dari buffet menu utama yang lengkap dengan lauk pauk, soto ayam, bubur ayam, buah dan aneka kue.  Makanan di hotel ini paling pas di lidah Bubu, semuanya enak enak.  Apalagi kue lupis spesialnya, ketannya pulen ditambah gula merah cair, hmm melted di mulut.  Semangat bener deh Bubu dan teman-teman sahur di sini.  Full energy buat puasa besok, siiap.

Untuk kota terakhir adalah Jambi.  Di Jambi Bubu nyobain ni hotel baru, jaringan Aston hotel ternyata bikin hotel di sini dan katanya most favorit hotel di Jambi versi Trip Advisor.  Lobby hotel yang cukup unik, dan selalu tersedia free drink.  Pada waktu Bubu kesana free drinknya adalah infused water lemon yang sueger, ampe bolak ballik kami ngambilnya..kembung kembung deh..hihi. 

Untuk berbuka kebetulan acaranya diadakan di sini.  Menunya cukup banyak, dan yang paling enyaak versi Bubu adalah Sop Buntut.  Kuah supnya pas banget bumbunya, kaldunya berasa banget tapi ga berlemak, cocok deh.  Daging buntutnya sudah lembut banget, enak banget deh dipadu sama nasi anget.  Sruput..abis juga ni semangkok penuh sup buntut. 

Di hotel ini juga menyediakan menu sahur yang cukup lengkap.  Dari menu utamanya nasi lengkap dengan lauk pauknya seperti sapi lada hitam, ayam, cah sayuran, sup daging, ga ketinggalan kue-kue, roti, buah, sampe salad.  Asik banget kan buat temen sahur.


Ternyata seru juga safari Ramadhan keliling kota saat puasa, nuansa beda, pengamalan beda dan cerita yang beda juga. 

Beberapa tips perjalanan di bulan Ramadhan :
1.  Sahur yang cukup dan konsumsi cairan 8 gelas selama buka dan sahur  
2.  Check hotel tempat menginap apakah menyediakan sahur.  Jika tidak bisa mempersiapkan menu sahur sebelumnya.  
3.  Hotel biasanya menyediakan fasilitas morning call, jadi klo kita termasuk yang susah bangun pagi, request aja sama petugas hotel
4.  Jangan lupa browsing waktu imsak, berbuka dan waktu sholat di kota tersebut

Happy fasting and keep productive……





0 comments :

Post a Comment