Friday, January 1, 2016


Keliling Jakarta asik juga kali ya bareng si Mpok Siti.  Siapa sih si Mpok Siti?  Mpok Siti adalah bis City Tour keliling tempat-tempat iconic di Jakarta.  Kenapa disebut Mpok Siti?  Karena oh karena, pengemudinya perempuan makanya dipanggil 'Mpok' dan 'Siti' pelesetan dari City.  Haha..keren yak..mudah diingat n betawi banget.

Bus city tour bertingkat ini mulai beroperasi tahun 2014.  Udah lama banget Bubu pengen ajak Nam naik ini.  Karena kapan lagi keliling jakarta naik Bus Tingkat ber AC dan yang paling penting GRAATIIISS...  Emak-emak pasti suka ini.

Pas lagi iseng chat sama BunWur, dia bilang deh pengen nyobain si bis City Tour ini besok.  Cek n ricek jadwal (macam orang sibuk aja)..ternyata jadwal kami besok kosong melompong, jadilah Bubu bilang sama Bunwur..ikutan dooonk.  Gayung bersambut, ternyata BunDi juga mau ikutan.  Yippee..besok kita nge'mpok siti' barengan sambil reunian emak n babenye dan playdate boci boci kita.

Hasil browsingan Bubu ditambah nanya BunDig yang udah pernah naik, Mpok Siti ini di hari Senin-Sabtu beroperasi jam 09.00-19.00.  Sedangkan ni hari minggu mulai jam 12.00.  Bundig juga ngasih tips-tips cara biar bisa dapet naik si Mpok Siti ini, karena penggemarnya buanyak, harus antrii.

Kumpul dulu di IRTI

Besoknya, kita sepakat untuk kumpul jam 08.00 di museum Gajah salah satu halte bus ini.  Ternyata museum Gajah pagi itu belum buka sodara-sodara, kita belok ke parkiran IRTI monas untuk naik bis ini dari halte Monas 2.  Karena masih pagi sambil jalan dari parkiran menuju halte terdekat, kita nikmatin pedestrian Jakarta sambil melihat lalu lintas Jakarta yang masih lengang.

Buat nyari halte Mpok Siti, kita harus mencari marka Jalan City Tour di halte-halte tertentu.  Karena kita datang hari Jum'at, maka halte-halte yang dilewati : Halte Monas 1, Halte monas 2, Halte Sarinah, Halte Bunderan HI, Halte Museum, Halte Pasar Baru, Halte Masjid Istiqlal, Halte Balai Kota dan kembali ke Halte Monas 2. 

Trik kalau tidak mau ngantri terlalu lama, nunggu pertamanya di Halte Monas 1 yang diseberang Istana Presiden, karena mulainya dari situ.


Halte Monas 2 di depan Patung Kuda
Walopun masih jam setengah 9 ternyata di halte monas 2 udah rame banget pemirsa si Mpok Siti.  Kita ambil ancang-ancang deh untuk antri.  Penumpang Mpok Siti ini memang dibatasi sesuai dengan kapasitas bangku.  Karena tidak boleh ada yang berdiri, maka bagi yang tidak kebagian masuk harap sabar dan tunggu next bus.  Alhamdulillah kita dapet di kesempatan pertama.  Asiik.. 

Eh.... yang ditunggu akhirnya datang juga...
Begitu masuk bis, ada seorang petugas yang memandu mencarikan tempat duduk di bis ini.  Karena ini bertingkat 2, paling enak emank di lantai atas, bisa liat view yang ga bisa diliat klo naik bus lain. Sayangnya, ternyata bis ini sudah tidak dilengkapi dengan pemandu wisata.  Jadi kita lah yang ngejelasin ke anak-anak tentang icon-icon Jakarta yang dilewati.  Sebenernya jadi kurang lebih sama ya dengan naik bis umum. Bedanya ini lebih bersih, terawat, dan yang paling penting gratiss..hehe. 




Setelah menempuh perjalanan 30-45 menit, sampai lagi deh kita ke halte Monas 2 tempat kita naik.  Oya, dengan naik bis ini kita bisa turun dimana saja, tapi maksimum ya di tempat kita awal naik, biar bisa gantian dengan pengunjung lainnya.



Overall, seru juga naik bis city tour keliling Jakarta ini appreciate khususnya sama Pemda Jakarta untuk inovasinya. Setahu Bubu baru ada 2 Pemda nih yg punya Bis Wisata, Jakarta sama Bandung CMIIW ya guys.  Tapiii, in my personal opinion ada beberapa yang harus diimprove :

1.     Disediakan line antrian untuk naik bis sehingga lebih teratur.
2.     Diadain lagi pemandu wisata karena untuk orang luar Jakarta apalagi Turis Mancanegara, informasi tempat-tempat iconic di Jakarta sangat penting. Minimal informasi dibuat electronic, misalnya dengan video atau malah pengeras suara.
3.     Disediakan peta rute bis, baik di halte maupun di dalam bis.
4.     Brosur, terutama untuk turis mancanegara.


Thanks Mpok Siti buat jalan-jalan gratisnya..... C U next trip.
#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment