Friday, January 16, 2015


Jalan pagi di Purwokerto, paling enak sambil nyari cemilan pagi.  Cemilan favorit Bubu dari jaman kecil dulu adalah kue Serabi.  Ciri khas Serabi di setiap daerah memang berbeda-beda.  Serabi bandung dengan kincanya, Serabi solo dengan pinggiran crispynya, kalo Serabi Purwokerto sendiri ciri khasnya mempunyai pinggiran putih gurih dan tengahnya manis gula jawa.  


Serabi langganan kami ada di daerah Jalan RA.Wiriaatmaja a.k.a dikenal dengan Jalan Bank.  Ada 2 lokasi, yang pertama pas di seberang gang V sebelum Pasar Manis.  Serabi dimasak dengan wajan kecil di atas arang yang diletakkan di kompor tanah liat.  Selama dimasak Serabi ditutup dengan tutup kecil.  Selagi dibuka, hmm..aroma Serabi yang sedang dimasak sukses bikin perut makin kriuk kriuk.  Konon kabarnya dulu adonan Serabi ini tepung berasnya ditumbuk sendiri oleh si penjual baru diadoni dengan santan, makanya rasanya khas banget, Bubu sering praktek masak di rumah tapi ga pernah saksess..huhuhu..

Serabi original ini terdiri dari 2 rasa : yang manis Serabi putih dengan adonan gula jawa di tengahnya, sedangkan yang gurih hanya terdiri dari adonan putih. Untuk lokasi ini kita harus datang pagi-pagi ya, karena jam 6 aja seringnya sudah sold out.  Pembeli berdatangan dari jam 5 pagi dengan pesanan yang berpuluh-puluh.  Jadi harus siap bangun pagi kalo mau ngerasain Serabi ini.

Untuk penjual Serabi yang kedua masih di Jalan Bank.  Berada di sejajar Hotel Pagoda.  Serabi ini sepertinya sudah sedikit dimodifikasi.  Rasa aslinya masih ada, tapi ada rasa-rasa baru seperti coklat, pisang, keju dll.  Klo warung Serabi ini sepertinya stoknya cukup banyak.  Bubu datang jam setengah 7 saja masih kebagian.  Asiik.


Satu Serabi dijual dengan harga 1250.  Tapi jangan heran kalau orang bisa pesan sampe berpuluh-puluh banyaknya.  Untuk penyajiannya selalu menggunakan daun pisang sebagai alas, makanya aromanya makin kaya deh.

Si Nam paling suka yang rasa original gurih.  Dia bisa habis 2 Serabi sekali makan..nyam nyam.

Makanan tradisional kayak gini emank ga pernah bikin bosen..Mau lagi lagi dan lagi.
#Wonderfull Indonesia

Artikel Kuliner-Kuliner di Purwokerto lainnya:
Warung Mbo Sirep a.k.a Warung Koboi
Pasar Manis Purwokerto
Oleh-oleh Sawangan Purwokerto Soto ayam jalan Bank Purwokerto
Gudeg Pasar Manis Bu Jun 
Bakso Telkom Pak Minto 

4 comments :

  1. Pernah ke Purwokerto dan mengunjungi Museum Bank BRI (http://www.virustraveling.com/museum-bri-purwokerto-sejarah-berdirinya-bank-di-indonesia/), tapi ga liat ada makanan serabi kayak begini. Haduuhh.. menggugah selera bgt sih itu. Harganya murah pulak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejalan tuh mas sama museum bri..cuma adanya pagi.next time jangan lupa mampir ya

      Delete
  2. lebih enak yang di pasar wage bu nam

    ReplyDelete