Thursday, March 19, 2015


Waa..senengnya bukan kepalang pas baca headline web berita di internet bahwa mulai 1 December 2014 ke Jepang bebas Visa.  Begitu diklik beritanya, dibaca sampe tuntas, ternyata bebas Visa ini hanya berlaku buat yang punya e-Passport.. *tertunduk lesu dipojokan.  Tapi setelah diinget-inget lagi, Passport Bubu kan expired juga jadi pas lah buat ganti jadi e-Passport.  PRnya cuma tinggal buat Ayah dan Nam aja.  Semangat ah demi mandi salju dan liat bunga sakura.



Seperti biasa, Bubu bertekad baja buat ngurus Visa sendiri.  Alesannya cuma 1, iriit.  Kira  sebulan sebelum berangkat, Bubu berencana ngajuin VisaUntuk mengajukan Visa kita tinggal dateng aja ke kedutaan Jepang yang lokasinya di Jl.MH Thamrin ga jauh dari EX.  Buat yang naik busway, turun aja di halte bundaran HI, tinggal jalan sedikit aja dari situ.


Jangan lupa catet ya kakak jadwal pengajuan Visanya :
-         Hari Senin - Jumat, (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan) 
-         Pengajuan Permohonan Visa : pk. 08:30 - 12:00 
-         Pengambilan Paspor : pk. 13:30 - 15:00
Untuk persyaratan membuat Visa, klik aja disini :

http://www.id.emb-japan.go.jp/Visa.html  

Ada banyak jenis Visa, yang kita pilih Visa Kunjungan Sementara Untuk Tujuan Wisata dengan biaya sendiri.  Mengajukan Visa
Jepang menurut Bubu ga terlalu ribet persyaratannya.  Dan formulirnya pun cuma 2 lembar.  Untuk ayah, dokumen-dokumen yang dilengkapi sbb:
  1. Paspor. 
  2. Formulir permohonan Visa. dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) 
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili) 
  4. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang) 
  5. Jadwal Perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) 
  6. Kartu Keluarga dan Buku Nikah sebagai pelengkap
  7. Copy reservasi hotel
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
         - Surat referensi dari bank dan rekening koran 3 bulan terakhir
         - Copy NPWP
         - Surat Keterangan kerja dan Keterangan gaji
         - SPT tahunan

Untuk Nam, dokumennya hampir sama seperti di atas hanya berbeda dengan tambahan surat orang tua sebagai sponsor.

Karena udah keasikan punya e-Passport yang bebas Visa, Bubu lupa ngeprint rekening koran 3 bulan buat Nambah-Nambah sebagai sponsor si Nam.  Setelah sampe kantor ijin sebentar untuk ke bank.  Ternyata hujan deres.  Karena tabungan ada di 2 bank, dari 1 bank ke bank lain mandi ujan aja, untung langsung dapet taxi jadi bisa langsung capcuss ke Kedutaan Jepang.

Jam 9.30 Bubu sudah sampai di kedutaan Jepang.  Setelah antri dan tuker ID, masuklah ke ruangan untuk pengajuan Visa.  Seperti biasa kita ambil no antrian terus duduk manis deh sambil nunggu dipanggil.  Ga sampe 30 menit nomor Bubu udah dipanggil.  Berdiri di loket sambil petugas meriksa kelengkapan dokumennya.  Setelah lengkap kita diberi kertas kecil berisikan kapan passpor bisa diambil yang mana menentukan juga diapprove ato ganya Visa kita.  Mulai dari pengajuan ke pengambilan Passport jaraknya 3 hari.  Oya, untuk pembayaran biaya Visa ternyata bukan dilakukan saat pengajuan, melainkan saat pengambilan Visa.

Untuk Bubu sendiri karena sudah pake ePassport, cukup mengisi form waiver yang cuma selembar dan diberi kertas untuk pengambilan Passport 1 hari setelahnya.  Dan biayanya 0 rupiah..alias ghratees..


Untuk Bubu sendiri sehari setelah pengajuan passport sudah bisa diambil.  Kalo Nam dan Ayah 3 hari setelah pengajuan.  Untuk Nam dan Ayah karena masih menggunakan passport biasa maka biaya pengajuan visa adalah 320ribu per orang dan dibayar pada saat pengambilan.

Alhamdulillah,  kami bertiga diapprove...... yeea.. We are so ready for Japan...........


Artikel Jepang lainnya:
Tokyo Tower dan Hachiko @Shibuya

12 comments :

  1. biaya buat visa jepang utk non-epassport brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya 320 ribu mbak, tapi per 1 April 2015 kayaknya sudah naik mbak jadi 330 ribu..monggo lebih lengkapnya di browsing disini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

      Delete
  2. Kl ganti epassport dari daerah bisa nggak ya di jkt.
    Trus kl sudah e passport ngutus visanya bisa juga di jkt nggak
    Tnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal pak
      Maaf pak, saya kurang tahu pasti kalo dari daerah bisa atau tidak mengurus passport di Jakarta, tapi saya pribadi passport sebelumnya di depok dan untuk perpanjangan passport menjadi e passportnya di Jakarta. Jika sudah epassport, tidak perlu membuat visa, tapi perlu mendaftarkan rencana perjalanan di kedutaan Jepang untuk mendapatkan stempel visa waiver.
      Semoga bisa membantu pak.

      Delete
  3. Mbak, wkt dulu buat paspor di kedutaan jepang, apakah semua anggota keluarga yg mau buat paspor jg hrs hadir atau bs diwakili satu org anggota keluarga saja?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Asty,

      Maaf mbak, maksudnya passport atau visa ya? Klo passport buatnya tetap di imigrasi dan harus dihadiri orang yang akan membuat passport. Tapi kalo mengajukan visa di kedutaan Jepang, bisa diwakilkan salah satu anggota keluarga saja.

      Delete
  4. Hihi...pingin ngajak anak-anak ke negeri Sakura, blm kesampaian juga @-)

    ReplyDelete
  5. Mbak, salam kenal.
    Kalau itin yang biasa dilakukan mbak, child free hassle, non ribet dan buat anak2 enjoy, ke mana aja.Karena kami ada rencana untuk jalan2 tanpa tour tahun ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak...honestly sih trip yang paling lancar jaya tanpa anak cranky itu waktu ke Perth. Kota ga terlalu besar, nyaman, public transport gampang, banyak taman buat anak-anak main, pokoknya smooth banget.
      Klo di Jepang seru juga banyak theme park, tapi lebih hectic n public transport pun sedikit ribet..klo udah di atas jam 8 belum sampe apartemen siap-siap anak rewel..hehe
      Tapi every place have different story n fun things..anakku tetep hepi aja diajak kemanapun

      Delete
  6. Halo mbak! Great article :)
    Aku mau nanya dong sama yang lebih pengalaman hehe.

    Aku bulan depan rencana ke jepang ajak sepupu yang masih SMP (13 thn).
    Udah siapin dokumen yang diminta dan yang tidak/belum diminta based on hasil surfing di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html.

    Pertanyaannya, setelah dokumen terkumpul apakah langsung datang saja ke kedutaan? Atau ada hal lain yang dipersiapkan? Mohon pencerahannya ya mbak hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga..makasih ya udah sempetin mampir blog saya
      Setelah dokumen terkumpul bisa langsung apply visa ke kedutaan. Cuma karena jangka waktu visa 3 bulan, jadi aplikasi visa disesuaikan dengan jadwal keberangkatan ke Jepang.

      Delete