Tuesday, February 18, 2014


This is what I called early holiday..kenapa? Karena liburan panjang akhir tahun masih seminggu lagi tapi kami sudah curi start ke Yogyakarta.  Sebenarnya bukan liburan banget sih.  Bubu kebetulan dapat training di Yogyakarta, karena kotanya seru dan Nam belum pernah ke sana, jadilah Nam dan omanya Nam diangkut kesana.

Sebetulnya harga tiket budget airlines dan kereta api hampir sama sih, hanya Bubu pengen banget ajak Nam naik kereta.  Biar Nam punya pengalaman naik kereta dengan rute yang cukup panjang.  Dan hasilnya, dia hepiii bgt.

Moms, berikut "Tips & Trick" berburu tiket kereta api:
1.     Tiket kereta api bisa diburu via online di website www.kereta-api.co.id
2.     Layanan call center kereta api juga bisa dilakukan lewat (021) 121
3.     Tiket kereta untuk jadwal yang sama harganya bervariasi. Bubu juga ga tau bedanya dimana, sebagai budget traveller sejati pasti donk kami pilih harga terbawah. 
4.     Seat bisa dipilih sesuai kebutuhan. So... moms tinggal pilih, mau di sebelah pinggir untuk melihat pemandangan atau ditengah
5.     Setelah memesan, kita akan mendapat kode booking dan kode pembayaran. 
6.     Bayar di ATM lalu tukarkan bukti pembayaran dengan tiket di stasiun.

Oya, Jangan lupa, kereta api sekarang cukup ketat soal identitas.  Jadi pastikan mengisi no kartu identitas yang benar.  Dan untuk anak-anak, siapkan saja kartu keluarga.  Pada saat masuk gate, akan ditanya kartu identitas.

Saatnya naik kereta, Bubu ga lupa siapkan bekal baju dan makanan minuman buat Nam.  Sebaiknya bawa makanan sesuai selera anak, karena makanan di kereta sepertinya lebih cocok buat orang dewasa.  Bubu juga bawakan Nam majalah atau buku biar dia ga bosan selama di perjalanan.

Setelah kurang lebih 7 jam perjalanan, kami sampai juga di Yogyakarta.  Banyak pilihan transportasi ke hotel, dari taxi sedan, taxi mpv, ojek, maupun becak.  Tapi kami memilih becak pastinya, sambil menikmati suasana Jogja.  Waktu kami naik becak, kami pikir ini becak biasa, karena abangnya dengan semangat menggenjot becak.  Tapi kok lama-lama dia berhenti menggenjot dan mulai bunyi suara motor. Lho, ternyata becak spesial.  Si abang menambahkan mesin motor di becaknya, jadi serupa bajaj bedanya supirnya di belakang.


Inilah enaknya liburan sambil kerja, Bubu bisa pilih hotel bintang 5, berbeda dengan trip pribadi yang mengandalkan hotel ga berbintang atau hotel melati.  Setelah browsing agoda dan beberapa situs booking hotel lainnya, pilihan jatuh ke hotel Melia Purosani.  Kamarnya cukup luas, dengan king size bed yang besaar, ada kolam renang dan walking distance ke the heart of Yogyakarta 'Malioboro'.


Ternyata pilihan kami ga salah, walaupun bukan hotel baru, tapi hotelnya terlihat good maintenance.  Paling suka dengan lobbynya, dengan kaca super besar sehingga terlihat menyatu dengan taman belakang dan kolam renang.  Dan untuk ke Malioboro, cukup berjalan kaki 10 menit, tapi karena Nam sering merengek minta digendong, dan kayaknya Bubunya ga kuku kalo harus menggendong jarak jauh, jadi lebih sering kami naik becak atau taxi kemana-mana.


Hari pertama ini cuma kami sempatkan ke Malioboro sebentar sekedar  cuci mata, dan istirahat.  Bubu siap untuk tugas kantor dan Nam n Oma siap exploring Yogyakarta.

#Wonderfull Indonesia


0 comments :

Post a Comment