Monday, September 22, 2014


Masih lanjut ni cerita mudik lebaran sekaligus liburan di kota Purwokerto.  Ga lengkap rasanya mudik kalo ga beli oleh-oleh.  Tempat langganan Bubu adalah Toko oleh-oleh di Jalan Sawangan.  Selain buat beli oleh-oleh, disini wajib banget dicoba makanan paling laziss sejagat raya..this is it..Mendoan



Agar para tetangga dan teman-teman sejawat ikut ngerasain makanan khas Purwokerto, Bubu ga lupa beli cemilan khas Purwokerto. Purwokerto dikenal keripik tempenya.  Keripik tempe di sini super tipis dan super renyah.  Tepungnya pun berasa bumbunya.  Wajib banget ini masuk keranjang belanja.

Selain keripik, snack lezat khas Purwokerto juga adalah mancho dan nopia. mancho adalah kue gabus yang renyah banget, dilapisi karamel dan wijen.  Kalo dimakan perpaduan antara renyahnya gabus, mulurnya karamel dan gurihnya wijen.  Temen ngeteh yang enyaak.

Untuk nopia sendiri awalnya hanya ada 1 rasa, gula merah yang diselimuti adonan tepung yang dipanggang.  Sekarang nopia ini sudah ada berbagai rasa, dari rasa coklat, durian, keju, dll.  malahan ada versi mininya...dinamai “mino”...alias mini nopia.

Siapa yang ga kenal klanting????.  Snack dari singkong yang berbentuk bulat maupun angka delapan yang digoreng renyah.  klanting ini sekarang sudah dimodifikasi dengan aneka rasa juga.  Ada klanting rasa keju, pedas, barbeque, tinggal pilih sesuai selera.
Kalo yang ini namanya getuk goreng.  Getuk biasanya dikukus dan dimakan dengan parutan kelapa.  Tapi di daerah Sokaraja dan daerah Sawangan ini, getuk digoreng.  Hmm..penasaran khan.  Patut banget diicip ni.  Apalagi getuk goreng ini sekarang banyak variannya, dari rasa coklat, pandan, durian, dan nangka.

Yang ga boleh ketinggalan adalah Mendoan.  Wajib banget nyoba Mendoan yang baru digoreng disini..  Tempe tipis selebar talenan yang digoreng dengan tepung dan daun bawang ini memang favorit semua.  Bisa buat lauk dimakan dengan nasi panas dan sambal kecap, tapi enak juga jadi cemilan.   Aduh, ampe laper nulisnya.

Selain menjual Mendoan yang sudah digoreng, disini juga menjual paket Mendoan untuk digoreng di jakarta.  1 paket terdiri dari tempe Mendoan, tepung bumbu dan kecap sambal.  Siap digoreng setibanya di rumah.

Kalo mau beli tepung bumbunya atau kecap sambalnya aja juga tersedia di sini.

Buat yang hobi telur asin, disini juga tersedia.  Telur asin ini enak banget buat temen rawon atau tambahan lauk.

 Selamat berburu oleh-oleh di Purwokerto ya........!!!!!!!
#Wonderfull Indonesia

Artikel Kuliner-Kuliner di Purwokerto lainnya:
Warung Mbo Sirep a.k.a Warung Koboi
Pasar Manis Purwokerto
Serabi Jalan Bank Purwokerto
Soto ayam jalan Bank PurwokertoGudeg Pasar Manis Bu Jun 
Bakso Telkom Pak Minto 

0 comments :

Post a Comment