Friday, April 25, 2014

Pagi ini kita disambut dengan udara yang dingiin...brrr..rasanya males banget beranjak dari tempat tidur. Pengennya selimutan sambil leyeh-leyeh aja..tapi inget ini liburan, kalo cuma leyeh-leyeh mah di rumah aja ya.. Dari jam 6 pagi, kami sudah siap-siap mandi dan menyiapkan perbekalan liburan kami hari ini.

Di sekitar hotel kami, sepertinya sangat jarang resto atau rumah makan yang buka pagi hari, kecuali coffee shop yang belum jelas kehalalannya. Untunglah kami sudah membawa perbekalan dari rumah, Bubur instan, mie instan dan abon. Tinggal seduh-seduh, siaplah sarapan kami. Alhamdulillah, Nam ga pernah protes menu sarapan seadanya ini, dia makan dengan lahap..hap..hap..habis sepiring Bubur dengan abon. Cukup lah buat energi jalan-jalan seharian..ups..sepagian maksudnya.
Setelah recharge energy, kami kembali bertualang. Rencana hari ini adalah keliling perth city dan menikmati sore di Kings Park Botanical Garden. Jam 7.30 kami sudah keluar dari Hotel. Tujuan pertama kita adalah Bell Tower. Untuk menuju Bell Tower, kita harus naik Blue Cat dan turun di halte no 2 Barrack Square. Blue CAT Bus Stop terdekat dari hotel kita ada di halte no 12 James Street yang hanya berjarak 5 menit walk distance. Karena hari Jum'at masih weekday, seru juga mengamati kebiasaan pagi warga Perth.

Di sepanjang jalan orang lalu lalang menuju ke tempat kerja. Dari yang berpenampilan chic dengan blazer atau coat, sampe yang casual. Beberapa orang juga terlihat menggunakan sepeda menuju tempat kerjanya, jadi jangan heran melihat mereka yang sudah berpenampilan rapi , tapi asik menggenjot sepeda menuju tempat kerjanya. That's whysepertinya, tempat parkir sepeda juga banyak disediakan di berbagai public area.

Selain mengamati warga lokal, mengamati turis-turis lain dari berbagai negara ,teman seperjuangan kami, juga seru. Di bus CAT kami selalu bertemu beberapa turis dari berbagai negara. Salah satu ciri turis yang paling mencolok adalah selalu menggenggam peta dan matanya setiap sebentar melihat peta, sama seperti kami pastinya..

Pagi itu sepertinya termasuk busy hour untuk traffic di kota ini. Sedikit macet karena antrian lampu merah yang cukup mengular. Tapi jangan khawatir, kira-kira 20 menit kami sudah sampai tujuan Barrack Square.

Barrack square ini merupakan dermaga yang terletak di pinggir Swan River. Dari sini tersedia kapal-kapal menuju beberapa lokasi wisata, seperti Fremantle, Rockingham, dan Perth Zoo. Untuk tiketnya bisa langsung dibeli di loket-loket yang tersedia di sini. Di Barrack square ini juga merupakan salah satu stop bus Hop On Hop Offdengan rute lokasi-lokasi wisata di seputar Perth. Jadi buat yang tidak mau repot naik turun public transport, bisa menggunakan Hop On Hop Offini untuk keliling kota Perth. Lebih lengkapnya bisa dilihat disini http://www.citysightseeingperth.com/

Pemandangan swan river dari Barrack Square ini indah banget dengan angin yang semilir. Klo si Nam sendiri seneng banget melihat kapal hilir mudik lewat, melihat ubur-uburdari yang kecil sampe yang buesar, sampe kejar-kejar burung. Ga heran, walopun masih pagi, banyak wisatawan yang sudah berada di sini. Dari yang sekedar poto-poto seperti eyke, blanja souvenir, dan ada juga yang membeli tiket feri untuk ke berbagai lokasi wisata.
Di area Barrack square ini lah Bell Tower berada. Bell Tower adalah salah satu landmark terpenting di Perth, semacam iconnya kota ini. Merupakan bangunan berbentuk mirip bell, setinggi 82,5m, dimana terdapat 18 bell menggantung di dalamnya. Untuk masuk ke puncak tertinggi Bell tower dikenakan biaya 14 AUD untuk dewasa dan 9 AUD untuk anak-anak. Saat kami ke sana, area sekitar Bell Tower sedang diperbaiki, sehingga sedikit mengganggu pemandangannya. Tapi jangan khawatir, tetep ada sudut-sudut tertentu dimana kita bisa tetep narsis poto-potoan.
Sebelum beranjak dari Barrack square ini, Nam sempatkan nyobain playground di sana. Sepertinya sudah standar playground di sana yang lantainya empuk dan mainannya pun dengan standar safety yang cukup baik. Setelah puas coba berbagai permainan di sana, kita lanjutkan jalan-jalan pagi kita.

ujuan ke dua kita adalah Stirling Garden, buat ketemu patung-patung kanguru. Stirling garden ini berada ga jauh dari Barrack square, mungkin sekitar 200 m atau 15 menit jalan kaki yang selow dan nyantaii. Perthmemang kota berjuta taman..ga jutaan sih, puluhan kali ya..:)..tapi memang di kota ini banyak terdapat taman yang indah dan well maintained. Seperti di stirling gardenini, rumput hijau terpelihara rapi..rasanya kayak berjalan di karpet deh..pantas aja banyak yang betah duduk-duduk atau sekedar mengajak anak jalan2 di taman ini.

Favorit si Nam pastinya burung-burung yang ngariung dan beterbangan kalo dideketin. Nam anak-anak sebayanya heboh mengejar burung2 merpati putih itu. Oya, selama di perth kami banyak sekali melihat burung-burung liar yang indah-indah. Burung merpatinya, putih bersih. Burung elang dan kakak tua pun terbang bebas di jalan-jalan kota ini. Puas main main dengan burung dia nagih janji ketemu dengan kanguru. Sempet agak kecewa sih kok kangurunya ga bisa dikasih makan..ya iya lah kan cuma patung nak..hehe..tapi cukup terobati setelah dijanjiin liat kanguru beneran keesokan harinya.

Puas pepotoan sama kanguru imitasi, kami langkahkan lagi kaki kami ke London Court.Sebenernya London Court adalah lorong pertokoan dengan suasanya seperti di eropah..katanyaa sih. London court tidak terlalu jauh dari stirling garden, menyebrang 2 lampu merah, sampai lah kita di legendary place London Court. Walaupun tidak terlalu luas, menurut Bubu tempat ini menarik banget. Toko-toko souvenir, sepatu, baju, sampai coffee shop berjejer di sini. Memang suasananya keren banget, kayak di eropah..really?? padahal belum pernah kesana juga..hehe.. Bubu cuma puas cuci mata di sini, karena tujuan wisata belanjanya masih besok di Fremantle.

Keluar dari lorong London Court, kita akan ketemu dengan Hay Street Mall. Jangan dibayangkan Mall di sini gedung supergede kaya yang ada di ibukota kita tercinta. Hay Street Mall ini mirip pasar baru lah, hanya lebih tertata rapi dan ada pengamen-pengamen dengan kualitas penyayi cafe di pinggir jalan. Jum'at siang ini rame sekali orang memadati Hay Street Mall. Mata Bubu pun ijo liat banyak discount bertebaran dimana-mana. Tapi mengingat bagasi terbatas, kayaknya disimpen dalem-dalem keinginan shopping Bubu.

Sesuai dengan ittinerary, tujuan berikutnya kita berencana mengunjungi perth mint. Kita langsung menuju stand Bus Red CATmerah no 24 di dekat Perth Underground Station. Perth Mintada di jalur Red CAT di bus stop no 6. Perth mint adalah semacam museum dimana menjelaskan proses pembuatan emas dan juga dipamerkan koleksi-koleksi koin atau kerajinan emas. Begitu sampai di sini, si Namdengan asiknya bobo, batal deh kami masuk ke dalam Perth Mint. Tapi untungnya, di depan sedang ada eksibisi mengenai asal usul emas dan cara penambangannya. Kami asik nimbrung deh sambil menunggu si NamBobo.

Waktunya sholat Jum'at, dari perth mint kami naik kembali bus red CATmenuju hay street bus stop 9 dan berganti busCAT biruturun di Central Institute bus stop 7 menuju perth mosquetempat ayah sholat. Perth mosque dapat dicapai dengan jalan kaki sekitar 500 m dari bus stop ini. Oya, sholat jum'at di sini dimulai jam 1 siang dan selesai kira-kira jam setengah 2, jadi don't be late ya. Menurut ayah, perth mosque ini tidak terlalu besar tapi cukup terawat. Sholat Jum'at tadi cukup padat oleh orang timur tengah dan beberapa bule muslim juga.

Jarak perth mosque dengan hotel kami kira-kira 600 m. Karena perut sudah lapar minta diisi, kami mampir di kedai kebab halal di James Street.

Porsi pesanan kami yang cukup banyak, sebagian makanan kami bungkus untuk piknik sore di Kings Park Botanical Garden. Bus stop James street, hanya tinggal menyeberang jalan dari kedai kebab tempat lunch kami. Dari James street bus stop 12, kami menuju esplanade busport bus stop 1. Sesampai di sana kami tanya ke pengemudi bus, bagaimana kami ke kings park? Si pengemudi bus menjawab dengan bahasa melayu, " Sila naik Green CAT dan turun di bus stop 5". Wah, kami ketemu saudara serumpun juga di sini. "Terima kasih".."sama-sama" jawab si pengemudi bis.

Bus Green CAT sudah datang..senangnya.. "Kings Park Botanical Garden, kami dataang".

To be continued the other half of 3rdday….