Wednesday, May 14, 2014



Saat yang ditunggu tunggu Nam tiba, ketemu Kanguruu.. Ga afdol ya kayaknya ke Australia kalo ga ketemu langsung Kanguru dan teman temannya. Untuk bisa ketemu Kanguru, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi yaitu Perth Zoo, Conuhu wild life park dan Caversham wild life park. Kami memilih Caversham wild life park, http://www.cavershamwildlife.com.au/ karena paling banyak direkomendasiin di trip advisor. Pada saat bikin itinerary, sempet bingung gimana caranya kesana dengan public transport alias angkot. Rata-rata traveler lain menggunakan tour atau mobil sewaan.

Tapi demi trip yang hemat dan cermat, Bubu dengan semangat membara browsing-browsing lagi moda transportasi apa yang bisa mengantarkan kami kesana. Ternyata, caranya gampang banget. Dari perth station, kita naik kereta jurusan Midland untuk turun di Bassendean. Sesampainya di Bassendean lanjut naik bus 955 sampai gerbang Whiteman park dan sesampai di gerbang ada free shuttle yang mengantarkan kita ke dalam.

Dari Fremantle kita membeli tiket langsung ke Bassendean seharga 4,2 AUD. Di Perth Station kita sempat turun karena kami pikir harus pindah line. ternyata kereta yang kita naiki berganti tujuan menjadi ke jurusan Midland. Klo di kota-kota lain seperti Singapura, Hongkong kita harus naik turun atau jalan untuk pindah line. Kalo di sini cukup perhatikan layar pengumuman untuk tahu jalur kereta kita selanjutnya. Sesampai di Bassendean, kita menunggu bus 955 menuju Elenbrook atau gerbang masuk Whiteman park dimana Caversham wildlife park berada.

Free shuttle hanya tersedia di jam jam tertentu, untuk jadwal free shuttle adalah : 

Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan, sampai juga kami di Whiteman park. Gerbang Whiteman Park sore itu sepiii banget. Kami hanya turun bersama 1 ibu ibu. Sempet binun juga..jangan2 kami nyasar. Begitu masuk gerbang kami langsubg dipanggil pengemudi shuttle bus diminta segera naik. Naik lah kami ke shuttle bus yang sepertinya merupakan bis Transperth jaman baheula. Antik tapi terawat. Caversham sendiri kira-kira berjarak 2 kilo dari gerbang whiteman park. Dan tidak disarankan untuk berjalan kaki, karena masih banyak hewan liar di sana.hiii.....


Kira2 10 menit dari gerbang whiteman park information center. Begitu masuk baru deh keliatan ramenya pengunjung white man park hari itu, maklum weekend bu. Kebanyakan orang piknik disana dengan sanak keluarga. Kayaknya penduduk perth emank hobi piknik, ga di kings park, fremantle, sampe di sini. Tikar-tikar piknik sampe bangku-bangku piknik tergelar. Beberapa bahkan ada yanh barbeque-an disana..sampe laper nyium baunya..ikut doonk :)

Ternyata di whiteman park tidak hanya ada wild life park, museum transportasi, wisata tram juga ada di sini. Karena waktu terbatas, kami putuskan ke tujuan utama kami Caversham Wildlife park. Sempet agak disorientasi dimana Caversham berada, kami tanyalah ke petugas di information center. Menurut ibu petugas, untuk ke Caversham, kami tinggal mengikuti jejak gambar Kanguru di pedestrian path, kira-kira bisa ditempuh dalam 2 menit jalan kaki. Oo..ok thank you madam..no worries.


Ternyata langkah kaki kami ga sebanding dengan orang Aussie, yang katanya 2 menit kami menempuhnya selama 10 menit. Ato mungkin harus lompat lompat ala Kanguru dulu ya biar 2 menit bisa sampe..hehe


Finally gerbang Caversham sudah menanti kami. Ticket price untuk dewasa 25 AUD dan anak anak sebesar 11 AUD. Ticket sudah ditangan, mari masuuuk.

Caversham Wildlife park ini semacam kebon binatang, hanya ada beberapa arena dimana kita bisa interaksi langsung dengan Kanguru dan koala..yeay. Sebagai pemanasan, Nam melihat lihat hewan asli benua ini yang ada dalam kandang dulu, dari Kanguru, Tasmanian devil, wombat, wallaby, koala, dingo, burung warna warni dan burung hantu. Excited banget deh anak ini, tanya ini itu dan berusaha mendekati baby Kanguru sambil diajak ngomong. Dia ngertinya bahasa binatang nak..hehe

Interaksi dengan Kanguru yang sebenarnya ada di suatu area guede dimana Kanguru dan wallaby dibiarkan berkeliaran. Nam takut?? Tentu tidak. Area ini sepertinya area favoritnya anak anak. Anak anak seusia Nam keliatan asik banget main dengan Kanguru. Malah banyak yang sambil tiduran meluk Kanguru..wah. Kanguru disini memang jinak banget, Nam berani elus elus malah main kejar kejaran sama Kanguru. Makanan Kanguru disediakan di gentong-gentong, tinggal diambil aja oleh pengunjung kalo ingin ngasih makan Kanguru.


Tapi karena sudah sore, kayaknya Kangurunya udah kekenyangan dari pagi dikasih makan, jadi agak susah ngasih makan si Kanguru. Berbeda dengan Kanguru, wallabi lahap lahap aja dikasih makan..nyam nyam..pantesan bodynya lebih endut dibanding Kanguru. Sekilas Kanguru dan wallabi hampir sama. Tapi bentuk moncongnya dan wallabi keliatan lebih bulet badannya.

Di Caversham juga ada show show untuk bisa berinteraksi dengan binatang. Sore itu kami menonton wombat show. Di show ini kita bisa mengelus elus binatang dan poto bareng pastinya


Dan kandang terakhir sebelum pulang yaitu the one and only cute koala. Ternyata berinteraksi dengan koala ga sebebas dengan Kanguru. Koala si hewan lucu ini terlihat seperti boneka yang nemplok di pohon. Koala sangat sensitif hanya boleh dielus dengan punggung tangan dan pelan pelan. Kita pun ga bisa ngasih makan koala, karena dia tidak mau makan daun yang sudah dipegang orang. Ilfil alias ilang feeling kayaknya klo makanannya sudah dipegang orang.

Puas skali Nam melihat langsung binatang yang tadinya cuma bisa diliat dalam bentuk boneka
Terus aja dia ketawa ketawa sambil lompat Kanguru. Karena belum sholat, kita cari toilet dulu untuk wudhu. Ternyata papan petunjuk toilet bertuliskan toilet/tandas. Jadi inget di malaysia, atau mungkin banyak turis asal malaysia yang berkunjung ke sini. Di area toilet juga tersedia area membersihkan diri buat yang tadi abis peluk pelukan dengan binatang.

Setelah selesai sholat, kita langsung menuju shuttle bus yang mengantarkan kami ke halte. Beruntung, ga lama bis 955 datang untuk mengantarkan kami ke Bassendean Station.


Tidak sampai 1 jam kita sudah tiba di perth Station. Di hari sabtu minggu, pusat perbelanjaan di Perth hanya buka sampai jam 17.30. Kebalikan jakarta ya, yang klo malam minggu malah makin panjang jam operasionalnya, bahkan sampe ada acara midnight sale segala..hihi. Sore itu kami habiskan dengan nongkrong di depan Western Australia Art and Gallery.
Sekitar jam 19.00, kita malem mingguan di North bridge piazza. Kira kira 5 menit jalan kaki dari hotel kami. Piazza ini seperti taman dengan layar raksasa yang menayangkan film film setiap minggunya. Yaa semacem layar tancep ya kalo di sini. Disediakan juga semacam bantal besar warna warni untuk leyeh leyeh. Karena malam itu ruame, kami ga kebagian bantal. Jadi lesehan aja deh di rerumputan. Lucky Nam, malam itu yang diputar film Open Season, pass banget favoritnya.


Film selesai jam 20.30, mata sudah ngantuk tapi perut masih laper. Untung ada Nando's..enak kalinya ngemil malem malem di sini. Yuk makan.

3 comments :

  1. Hi, saya dah baca your blog. Sangat informative. Boleh saya tahu, masa di caversham Nam solat di mana? Berapa total transportation dari perth ke sana? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Fifa..makasih ya udah mampir d blog saya
      terus terang saya lupa persis total transportasinya.. klo dari Fremantle ke Bassedean 4,2 AUD, mungkin dari perth station sekitar 2-3 AUD. Kalo untuk bus ga semahal kereta. Untuk shuttle bus ke dalamnya free.
      Untuk tempat sholat, sepertinya belum tersedia waktu saya kesana. Saya sholat di tempat yang cukup bersih dan sepi gantian dengan suami.
      Smoga membantu mbak

      Delete
  2. Halo, Mbak. Bolehkah saya minta di-emailkan itinerary nya? Maret ini saya mau liburan ke Perth. Terima kasih

    ReplyDelete