Tuesday, January 28, 2014

Trip ke Jogja kemarin Bubu sempetin berkunjung ke Solo untuk berkunjung ke rumah Mimi dan Pakdenya Nam.  Dari beberapa moda transportasi, kami memilih menggunakan kereta.  Kereta lokal Jogja Solo ada beberapa jenis..Jadwalnya bisa dilihat disini.   Untuk tarif kereta Pramex sebesar Rp. 10.000 sedangkan Sri Wedari Ac Rp. 20.000. Penampakan kereta Sriwedari mirip commuter line, hanya bangkunya berhadapan dan ada nomor bangkunya.  Kretanya bersih dan nyaman.
Setiap ke Solo,kami selalu di ajak wisata kuliner oleh Mimi dan Pakde Nam.  Makanan di Solo enak-enak, sampe ga sanggup liat timbangan setiap kali pulang dari Solo.  Ini dia favorit kami :

1.  Tengkleng Pak Manto
Warung yang ga pernah sepi dari penikmat kuliner ini berlokasi di daerah pasar kembang.  Tengkleng ini menurut Bubu agak mirip tongseng ya..cuma bahan utamanya bukan daging, tapi tulang belulang kambing. Rasanya lebih tasty..manis gurih enak deh pokoknya.  Daging yg masih nempel di tulang belulang itu lembut banget dan jauh dari aroma parfum kambing yang sering kita temui di olahan masakan kambing lainnya.  Bikin semangat menggerogotinya..hmm.





Selain tengkleng, di warung ini juga tersedia sate buntel, gulai, tongseng.  Untuk harga, sepiring tengkleng dihargai 30 ribu dan sate buntel dihargai 10ribu.  Tapi jangan khawatir, porsi jumbo dan puas deh menyantapnya.


2.  Nasi Liwet Yu Sani

Walaupun cuma tenda kaki lima, makanan di warung ini gurih dan enak.  Lokasinya ada si daerah Solobaru. Menu utamanya nasi liwet, yaitu nasi disiram sayur pepaya, suwiran ayam dan telur pindang.  Soal harga bersahabat banget, seporsi nasi liwet mulai dari 5000an.  Selain nasi liwet tersedia juga, aneka bacem, garang asem, dan masih banyak lagi.  Soal rasa..jempol banget deh.





3.  Warung Susu Shi Jack
Di warung ini dijual susu aneka rasa dari plain, coklat, sampai buah-buahan.  Penyajiannya pun dari yang hangat sampai yang dingin.  Kalo lapar, jangan khawatir, nasi kucing dan aneka lauk pauk juga ada di sini.  Segernya susu sambil ngemil nasi kucing..pas banget rasanya.

4.  Serabi Notosuman
Serabi ini ada di jalan Notosuman.  Serabi Solo sangat khas, bentuknya mirip kue ape di jakarta, tapi tengahnya lebih padat.  Ada 2 rasa , yaitu original dan coklat.  Bubu sih lebih suka yang original ya, gurih dan tidak terlalu manis. Tapi yang coklat juga ga kalah enak kok.  Untuk harga 1 serabi 2000-2200. Oya serabi ini juga bisa untuk oleh-oleh.


 
5.  Lekker Notosuman
Mirip serabi, tapi hanya bagian keringnya saja.  Klo di mal-mal seperti crepes.  Rasanya pun macam-macam, dari keju, pisang keju, coklat, dan masih banyak lagi.  Menurut info Pakde-nya Nam , di weekend dia jarang kebagian lekker ini, karena antrinya panjang.  Beruntungnya kami bisa makan jajanan yang rasanya lekker banget juga rasanya..kress kress



6.  Toko oleh-oleh Mesran
Kalau untuk beli oleh-oleh, Bubu selalu diajak ke toko ini.  Memang toko ini lengkap banget pilihannya, dengan harga juga murahmeriah.  Bisa kalap deh kalo udah ke toko ini, semua tampak cruncy dan menggiurkan..  klo ga inget barang bawaan dah berkoli-koli, pasti udah kami borong aneka snack ini.  Jangan lupa beli oleh-oleh khas Solo, Intip.



Selain jajanan di atas, masih banyak makanan maknyus di seputar Solo, seperti Bebek Goreng Slamet yang walopun sudah banyak franchisenya, yang original tetep lebih enak. Gudeg ceker si Mbah, yang jualannya dini hari.  Bubu masih gagal terus pengen nyoba makanan ini karena antara perut dan mata ga singkron, selalu ketiduran saat mau mampir kesini.  Selain itu, aneka soto dari Soto Seger, Soto Trisakti, Soto Gading dan masih banyak lagi.  

Makasih Mimi dan Pakde-nya Nam sudah diajak keliling Solo.  

Bagi pecinta kuliner, jangan lupa masukkan kota ini untuk next trip agenda.

#Wonderfull Indonesia

0 comments :

Post a Comment