Sunday, March 22, 2015



Main salju di Gala Yuzawa, jadi salah satu highlight dalam itinerary kita ke Jepang kali ini.  Si Nam jauh-jauh hari udah ngomongin terus soal main salju gara-gara liat video Teletubies yang main salju.  Ketika tau mau ke tempat salju di Jepang, dia ga berhenti-hentinya nanya kapan kita main salju Bu?  Sampe tengah malem kita sampai di Haneda, dia ngerengek minta ke tempat salju saat itu juga.  Haduh semangat bener ya anak kesayangan Bubu ini.

Dari Jakarta Bubu dan teman-teman kantor yang sama-sama traveling ke sini pun sudah janjian ketemuan di Gala Yuzawa.  Karena ga punya paket data dan portable wifi pun belom ada, Bubu cuma mengandalkan wifi di airport.  Dari pagi Bubu udah bbm sampai ping! ping! Buncip dan Bunyas.  Tapi entah belom bangun or lagi rempong ngurusin bocah mereka ga jawab-jawab.  Bubu tunggu sampai jam 8, belom ada jawaban, kami nekad aja langsung jalan menuju Gala.  Kalo emank rejeki ya pasti kami ketemuan. 


Pada saat beli tiket Kanto Pass, Bubu sekalian beli tiket untuk Gala YuzawaKarena lagi promo bundling dengan Kanto Pass, maka harganya cuma 1000 yen alias 108ribu rupiah aja.  Setelah itu kita diberi 2 tiket, yang harus diserahkan pada petugas saat kedatangan dan pulang.    



Dari Haneda Airport kami naik Monorail ke Hamamatsucho, lalu dari Hamamatsucho kita lanjut ke Tokyo Station tempat Shinkansen Tanigawa berada.  Kita langsung menuju gate 20-23 tempat shinkansen beradaUntuk menuju ke Gala Yuzawa, kita naik Shinkansen Tanigawa.  Lama perjalanan sekitar 77 menit.  Setelah itu, kami duduk manis dengan reserved seat.  


1 stasiun sebelum Gala Yuzawa, Bubu liat sesosok yang kayaknya kenal banget..ooh itu kan Bunkey dan Onti-naBubu panggil-panggil dari dalam ga nengok-nengok, akhirnya Bubu keluar dan panggil mereka.  Ternyata mereka salah turun station.  Dan senangnya, ternyata kita satu kereta dengan rombongan lainnya Buncip dan Bunyas.  Yippie..jadi juga kita ketemuan.

Setelah 1 jam lebih perjalanan sampai juga kita di Salju a.k.a Gala Yuzawa.  Kucek-kucek mata, masih ga percaya bisa liat salju dengan mata kepala sendiri.  Kaya dipelem-pelem euy.  Takjub sekaligus kedinginan, kami masuk Gala Yuzawa dengan super excited.


Langsung deh kita lapor ke meja reseptionist.  Karena gembolan kita banyak, maklum lah belom sempet check in, kita diminta pesen locker untuk menyimpan barang.  Kelar bayar locker, petugas menjelaskan bahwa salah satu promo untuk pemegang Kanto Pass adalah diskon untuk paket boots, sleed (papan seluncur), round trip gondola dan sarung tangan seharga 950 Yen untuk dewasa dan 650 yen untuk anak.  Karena takut baju basah, kami tambah untuk pinjam baju seharga 1900 yen untuk dewasa dan 700 yen untuk anak, mahal juga ya baju ini..hehe. Untuk ruang ganti dibagi dua untuk men and women.  Di ruang ganti baju inillah loker-loker itu berada.



Setelah dandan rapi pake baju hangat, boot, glove dll, kita menuju ke tempat ski.  Dari main office Gala ke area ski dihubungkan dengan Gondola.  Gondola bergerak naik melewati bukit yang diselimutin salju.  Ngeri-ngeri sedep, karena pemandangannya indaah tak terkira.




Kira-kira 10 menitan, sampai juga kita di area ski.  Karena niat kita cuma main salju, makanya kita cuma main sled atau papan seluncur aja.  Untuk main seluncur, area dibatasi dengan pagar jaring merah.    Walopun ga seluas area ski, tapi cukup banget lah untuk kita main seluncur sampe bikin boneka salju.

Kita sama-sama naik ke tempat tinggi, duduk di papan seluncur sambil jangan lupa pegang talinya dan slidee.. kita meluncuur.  Ga cuma bocah, ibu-ibu,bapak-bapak, bahkan oma opa ga ketinggalan main sled ini.  Udah cape main sled, anak-anak langsung deh ngaduk-ngaduk salju sambil bikin boneka salju, planet, atau apalah sesuai hayalan mereka.
   



Karena biasa tinggal di daerah tropis, rasanya di snow resort ini macem berada di freezer raksasa, dinginnya maak.  Ditambah lagi pas kita disana pas banget lagi hujan salju, makin-makin deh dinginnya.  Tapi anak-anak, mereka betah tiada tara.  Nam dan Cipo tetep aja ngaduk-ngaduk salju, Kakbim dan Kaknda asik aja main seluncur, sementara emak-emak udah menggigil kedinginan.

Setelah hampir 3 jam kita udahan dulu mainnya.  Si Nam yang masih betah, masih aja curi-curi ngadukin salju kalo Bubu Ayahnya lagi meleng. 




Dan kita turun lagi dengan gondola ke main office. Setelah ganti baju, kita langsung menuju stasiun.  Shinkansen Max Tanigawa yang bertingkat sudah menunggu kita.  Dan Nam 1 gerbong sama Cipo..yippie.  Di kereta, mereka maunya duduk bareng aja sambil ngerumpi dan berbagi cemilan.  1 gerbong kayaknya anak-anak kita aja yang heboh sendiri.  






Kira-kira jam setengah 5 kita udah sampai di Tokyo Station.  Dan Nam berpisah sementara dengan CipoCipo mau ngeborong mainan kereta, sedangkan si Nam udah kecapean minta bobo.  Lanjut deh naik Yamanote line menuju Shinjuku disambung Marunochi line menuju Nishi Shinjuku tempat apartemen sewaan kita berada.
 
Cape dan ngantuk, sore sampe malem itu kita cuma leyeh-leyeh aja di apartemen, sambil nyiapin fisik dan browsing lagi itinerary untuk besok.


56 comments :

  1. Halo mba, salam kenal :)
    mau nanya dong pas beli JR Kanto Area Pass+bundling Gala Yuzawa itu ditentuin tanggalnya ga ya? Kalo belinya hari senin, apakah harus lgsg dipake hari senin itu juga atau sifatnya open date gitu?
    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sheila.... Salam kenal juga

      Untuk JR Kanto Area Pass berlakunya 3 hari. Kalau saya kemarin dari tanggal dibeli berturut-turut 3 hari kedepannya. Untuk tiket Gala Yuzawa kemarin saya distate tanggalnya, karena kereta shinkansen yg menuju kesananya pakai yg Reserved....

      Semoga membantu ya mba Sheila.... Agak lupa-lupa juga :)

      Delete
  2. Hai mbaaa aku lg nyari2 info ttg jepang nih..sama bgt ankku jg pgn ksana cm utk main salju :D.. Tdnya aku tuh mw k hokkaido utk main saljunya. Katanya kan saljunya trkenal lembut sejepang raya. Tp mihiiil ya bok ksananya...

    Nah kalo yg gala yuzawa ini saljunya lembut jg ga mba? Aku jg blm prnh nemuin salju lembut sih :p.. Tiap pergi pas winter saljunya udh mengeras semua hihihi....

    Kalo sama2 lembut, kan artinya aku ga ush jauh2 ke hokkaido :D

    ReplyDelete
  3. Hai mbaaa aku lg nyari2 info ttg jepang nih..sama bgt ankku jg pgn ksana cm utk main salju :D.. Tdnya aku tuh mw k hokkaido utk main saljunya. Katanya kan saljunya trkenal lembut sejepang raya. Tp mihiiil ya bok ksananya...

    Nah kalo yg gala yuzawa ini saljunya lembut jg ga mba? Aku jg blm prnh nemuin salju lembut sih :p.. Tiap pergi pas winter saljunya udh mengeras semua hihihi....

    Kalo sama2 lembut, kan artinya aku ga ush jauh2 ke hokkaido :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Fanny,

      Kalo untuk salju di gala yuzawa masih bisa dimainin kok, jadi belum mengeras. Mirip kita jalan di pasir pantai aja, tapi ini salju. Seru mbak, anak2 pasti suka, dari main sliding sampe bikin bola salju. Anakku betah banget, susah diajak pulang. Tapi mungkin liat bulannya kali ya mbak, kalo aku bulan maret, masih ada hujan salju.



      Delete
    2. wah sips sip... kyknya emg bgsan ke gala yuzawa ini ya... aku rencana akhir january kok mba sampe pertengahan Feb.. harusnya masih banyak2nya kan ya

      Delete
    3. Harusnya sih banyakan Mba Fanny saljunya :) . Kami aja yg disana bulan Maret masih banyak dan pas banget cuacanya ok Mba.... Pas hujan salju juga tapi masih terang cuacanya :))

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. untuk pemegang Kanto Pass adalah diskon untuk paket boots, sleed (papan seluncur), round trip gondola dan sarung tangan seharga 950 Yen untuk dewasa dan 650 yen untuk anak,,
    jadi mba pas nyampe sana kita bayar laagi 950 yen untuk rountrip gondala sm yg lainnya ?

    ReplyDelete
  5. Halo pak edo..yup betul pak..kita bayar lagi untuk penyewaan boots, sleed dll.
    Promo pada saat itu, yang sudah include kanto pass hanya tiket masuknya saja

    ReplyDelete
  6. terima kasih mba infonya :) kl sleed nya diganti snowboard bisa ga y mba trus harga paketnya jadi berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih ga bisa deh pak..karena untuk snowboard dan sleed beda paketnya
      untuk lebih jelasnya bisa dilihat di website gala yuzawa : http://www.galaresort.jp/winter/english/rental/rental.html
      Hv a nice skiing pak..

      Delete
  7. Hi, mbak.. kalo aku belinya JR Pass bs dipake utk ke yuzawa jg gak ya, dan beli tiket masuknya dpt diskon jg gak.. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak rini.. Waduh saya kurang tau pasti. tp seingat saya dulu promonya ga berlaku untuk JR pass. Tapi coba aja cek di website gala yuzawa or JR, barangkali ada promo terbarunya untuk gala yuzawa.
      Maaf ya mbak kurang membantu :)

      Delete
  8. Duh mba pengalaman travelingnya seru banget, apalagi bareng sama keluarga dan teman2 kaya gitu.. Saya juga penasaran banget main ski tuh, pngen ketemu musim winter juga tp selalu gagal. Seringnya dapet spring aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru maksimal pak..hehe..
      klo kesini sempetin deh ke ski resort pak..unforgetable deh terutama buat anak2

      Delete
    2. Itu main ski pas bulan apa mba...akhir maret masih ada salju ga ya...?

      Delete
    3. Kami kesana pertengahan maret mbak.masih ada saljunya

      Delete
  9. salam kenal mba ... aku rencananya akhir februari 2016 lalu membaca pengalaman Nam seru kayanya main ski di gala yuzawadan mau aku masukun kesalah satu itinerary ..pertanyaanku jika beli kanto pass itu untuk 3hr apakah termasuk menaiki shinkansen?atau tiket shinkansen beda lagi?lalu tiket gala yuzawa beda lagi ya tdk termasuk kanton pass?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shinkansen ke gala yuzawa sudah termasuk ke dalam kanto pass atau nama lainnya jr tokyo wide pass. Tapi tiket masuk ke galanya bayar lagi 100 yen. Met main salju

      Delete
  10. Mba salam kenal.
    Untuk sewa baju apakah mksudnya sewa jaket thermal? Atau harus bawa jaket sendiri? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul, maksudnya sewa jacket. Pake jacket sendiri boleh-boleh aja. Tapi kemarin kami putuskan sewa, supaya ga basah jacket kita.

      Delete
  11. Hi Mba, salam kenal.
    Asyik kyaknya ke gala yuzawa kalau baca blog nya Mbak.. kalau untuk solo traveller asyik gak Mbak? Rencana mau ambil JR Tokyo wide pass mggu dpan. makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mas Ghani..
      asik asik aja sih kayaknya..kan main ski or sleed ga perlu partner..malah mungkin dapet temen2 baru disana..
      Have fun

      Delete
    2. Thank you info nya Mbak, mau first time solo travelling ni soalnya. :)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. wah..seru donk..enjoy japan ya :)

      Delete
  12. numpang tanya nih
    kalau bawa gadget ke gala yuzawa apa perlu perlakuan khusus ?

    saya khawatir nanti alat elektronik sperti kamera / hape malah gak bekerja karena suhunya terlalu dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Rianti,

      Kalo kami sih ga ada perlakuan khusus. Waktu itu HP dan camera SLR dibawa ke area ski. Malah sempet hujan salju ringan. Untuk HP kalo tidak perlu kami masukkan ke tas kecil. Perlakuan untuk kamera SLR juga sama, kalo sedang tidak buat moto, kami masukkan ke tas kamera. Alhamdulillah sih ga ada masalah. Semoga membantu.


      Delete
  13. Salam kenal lagi mbak,ooh sepaket kunjungan dg MtFuji ya mbak. Wisata kelg ini diatur sendiri tanpa agen tur ya. Ijin menyimak destinasi dan pengaturan waktunya ya mbak. Salan untuk Nam yg ceria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..salam kenal juga. Saya ga pake travel agent sama sekali, jadi arrange sendiri itinerarynya. Lebih pas buat kami, lebih flexible untuk tempat dan waktunya juga. Salam kembali dari Namnam.

      Delete
  14. Hi mbak, makasih banget infonya, asyik sekali saya baca semua itinerary mbak di Jepang. Mau tanya, kalau ke gala Yuzawa tapi kita hanya ingin menikmati salju saja, gak naik cable car dan sewa peralatan, apakah bisa? Misal keluar stasiun apakah sudah bisa menyaksikan dan bermain di hamparan salju? Ceritanya mau ngirit..hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak windi..
      Sy kesana bulan maret dan masih turun salju. Keluar stasiun sudah bisa kok liat salju, tapi setau saya ga bs main2. Coba cek weathernya di accuweather..mudah2an masih dpt liat saljunya
      Hv fun mbak

      Delete
    2. Oke..makasih infonya, mba. Saya membaca banyak blog tentang Jepang dan saya rasa blog bunda Nam paling cocok untuk saya jadikan referensi ...hehe... Sun sayang untuk Nam

      Delete
    3. Waah..jadi ge er saya..hihi. makasih mbak udah sempetin baca blog saya. Oya Gala Yuzawa ada periode tutupnya.mungkin bisa dicekcek di webnya pas bulan mbak ksana masih buka apa tidak?
      Hv a nice vacation

      Delete
  15. mbak..kanto pass itu apa udah termasuk shinhaken dari naritake gala yuzawa dan train sampai ke tokyo(penginapan)?
    karna kanto pass bisa dipakai 3 hari, apakah bisa dipakai untuk ke lake kawaguchi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak. Setau saya sih bisa mbak. Saya pakai sampai ke Gala Yuzawa dan Kawaguchiko kok mbak. Coba aja cek n ricek petanya, lumayan banyak jangkauannya.

      Delete
  16. mbak, abis landing haneda kami rencana nginep di hotel MyStays Haneda dl. Qra2 paginya mau brkt dr hotel mending ke Airport lg apa lgsg ke tokyo station?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak ecka..saya kurang tau posisi pas hotelnya dimana.. menurut saya mana yang terdekat aja mbak.kalo bias langsung ke Tokyo station lebih bagus. Bisa juga dicheck n ricek tariff perjalanannya di hyperdia..jadi yang terhemat aja yg dipilih

      Delete
  17. Hi mba,

    Aku mau tanya doong.. Untuk sewa perlengkapan anak disana mulai usia brp ya? Apa ada untuk anak 1.5 - 3 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga mbak..seinget saya sih ada untuk ukuran anak-anak, tapi saya ga tau pasti ukuran yang paling kecilnya. Untuk harga sekitar 700 yen.

      Delete
  18. Haloo mba, mau tnya dong. Saya akan k jpang tgl 6-16feb
    Dan akan k gala 1 hari. Gala tmpt skinya tutup jam brp ya mba? dan last shinkansen beroperasi smpe jam brp? Tkt kebablsan ktinggalan kereta trkhir :D

    Trs yg mau saya tnya lgi, kn ad promo Tokyo wide pass (sebelomnya bernama kanto pass) selama 3hari 10.000 yen. Apa itu udh trmsuk tiket masuk ke gala dan sewa menyewa ya mba?
    Soalnya ad jg travel agent yg jual 1,7-2jutaan tokyo wide pass dan ktnya udh termasuk glove dll. Saya sih maunya klo emg di jepang cm 10.000 saya mau beli lgsg di jepang aja klo emg trnyta sama aja yg di dapat. Trims ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Meli,

      Klo dari webnya sih sekitar jam 5 sore tutupnya. Untuk tiket masuk Gala di luar Kanto pass, dulu tambahannya 1000 yen diluar kanto pass. Untuk paket sleed, boot, sarung tangan juga harga spesial untuk pemegang kanto pass. Coba check n ricek aja mbak pas masuk winter kira-kira promonya apa. Kalo dulu kanto pass ga bisa dibeli di Indonesia, makanya harus di sana. Smoga sedikit membantu mbak

      Delete
  19. Berrti 10.000hrganya blm trmasuk ini itu jg ya mba :)
    Klo reserved seat itu gmn mba?
    Sblomnya mesti dtg dl ke information nya gt untuk reserved seat? Reserved nya bsa untuk plg pergi skalian mba?
    Trs shinkansen dri tokyo ke gala dan gala ke tokyo itu slalu ada tiap saat atau ad jam2 brngktnya mba?
    Makasi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak meli..utk reserve seat bisa dilakuin di ticket counter..tinggal divalidasi aja tiket kita nanti dpt no kreta n no duduk. Klo jadwalnya bs dilihat d web hyperdia mbak.

      Delete
  20. Oiya mba
    Klo JApan Rail pass cover ke gala yuzawa jg ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy kurang pasti mbak..bisa dicheck di peta coveragenya. Klo dulu yg promo hanya utk kanto n jr east

      Delete
  21. Mb mau tanya
    1. Kan begitu sampe haneda besokny lgsng main ski, itu koper tarok mana ?
    2. Kan main ski samp jam 5 sore, itu makannya dmn n berapa y mb?
    3. Kan naik sinkanse di tokyo st kan ada reservasi seat, itu di ticket counter yg ada di tokyo st ya ? cara validasi itu hanya menunjukkan kanto pass aj ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Di gala ada tempat penitipan koper mbak
      2. Memang susah cari makan halal..mungkin lbh baik bawa mie instan cup
      3. Iya daftar d tiket counter nanti dpt bukti reservasi untuk divalidasi pd saat masuk kreta

      Delete
  22. MB tanya dong
    beda pasmo dan suica itu apa ya ?
    apa kah pasmo bisa mengcover TOEI dan tokyo metro line ?mengingat Suica itu dikeluarkan oleh JR,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak oktiara..
      Sila dibaca link ini
      http://www.infojepang.net/informasi-kartu-suica-atau-pasmo/

      Delete
  23. mbak permisi numpang tanya... kalau mau nginep di gala yuzawa ada hotelnya? selama di jepang, mbak beli jr pass? galau bgt ini..mahal jr pass nya

    tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Yeni,

      Saya kurang tau persos kalo pas di Gala yuzawanya, karena saya PP kmrn. Mungkin kalo di echiko yuzawa (1 sta sebelumnya) lebih banyak pilihan hotelnya.

      Delete
  24. Halo mbak mau tanya,itu sepatu.khusus atau sepatu biasa ya? Kl.kt sdh pk.jaket,sepatu kets,gloves,masih kurang? Harus sewa lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemarin sewa sepatu juga, karena takut licin dan juga supaya sepatu saya ga basah. Tapi kembali ke mbak sih, sesuai kebutuhan sy mbak.

      Delete
  25. Halo mbak mau tanya,itu sepatu.khusus atau sepatu biasa ya? Kl.kt sdh pk.jaket,sepatu kets,gloves,masih kurang? Harus sewa lagi?

    ReplyDelete