Sunday, April 5, 2015


Ceritanya hari ini kita cuma mau menghabiskan jatah Kanto Pass.  Si Ayah yang ternyata belum puas naik Shinkansen, ngajak naik Shinkansen lagi hari ini.  Tapi kemana ya enaknya?  Yang ga terlalu jauh tapi tempatnya asik.  Dari hasil browsing sebelum berangkat, kayaknya enak juga ke Saitama.  Salah satu atraksi wisata yang mungkin si Nam suka adalah Railway Museum a.k.a Museum Kereta.  Tapi sempet ada 'drama' yang mana sendal Nam jatoh dan ilang di MRT.  Si Nam rewel bukan kepalang minta ambil sendalnya, dan karena bingung ga tau gimana cara ambil si barket (barang ketinggalan) ini, jadilah kami pasrah.  So, Si Nam harus digendong deh di sisa perjalanan kami hari ini.  Lumayan ya olah raga, Ayah Bubunya gantian gendong Nam yang semakin ber'bobot' ini.  Tapi the show must go on..... lanjut lah kita jalan-jalan lagi.

Dari Tokyo Station kita naik Shinkansen menuju Omiya.  Dari Tokyo Station ke Omiya cuma ditempuh dalam waktu 25 menit aja.  Lumayan lah icip-icip Shinkansen lagi.  Untuk menuju ke Railway Museum, dari Omiya kita harus menuju Tetsudo hakubutsukan Station dengan kereta new shuttle.  Kita tinggal mengikuti petunjuk arah the Railway Museum untuk sampe di jalur new shuttle.  Kereta ini ga terlalu besar lumayan unik, kadang sedikit nanjak, turun, belokan tajam, mirip di wahana dufan.



Ga sampe 5 menit, sampailah kita di Tetsudo hakubutshukan Station.  Begitu keluar dari Station, kita  sudah disambut dengan dekorasi perkereta apian.  Mulai dari berbagai tipe roda kereta, gerbong kereta dan beberapa part dari kereta.  Masih di area stasiun inilah the railways museum berada.




Tiket masuk The Railway Museum adalah 1000 yen untuk dewasa dan 200 untuk anak-anak.  Karena ga bawa tentengan lumayan banyak, kami disarankan untuk menitipkan barang di locker dengan deposit sekitar 100 yen.  Oya opening hour untuk museum ini jam 10.00 - 18.00 jadi jangan kesorean ya.




Setelah membayar tiket kita diberi kartu untuk di tap di pintu masuk.  Area pertama yang kita explore adalah adalah area eksibisi kereta berupa mirip garasi raksasa yang berisi kereta dari berbagai jaman.  Dari Lokomotif kereta uap, aneka kereta dari jaman ke jaman, dan juga cikal bakal Shinkansen sampai dengan Shinkansen seperti yang ada sekarang.  Disediakan juga beberapa miniatur kereta kecil yang kalo dipencet tombolnya akan berjalan mengelilingi bukit.  Dan beberapa miniatur lainnya yang masih berfungsi baik.




Dari liat-liat kereta kita menuju area outdoor.  Dan tempat favorit anak-anak apalagi kalo bukan playground.  Tema playground di sini adalah aneka macem kereta.  Perosotannya berbentuk Shinkansen, kids gymnya berbentuk kereta lokal Keihin-Tohoku Line, dan tunggangannya berbentuk aneka kereta Shinkansen link.  Dan anak-anak kalo ketemu playground pastinya siap-siap lari dan dalam hatinya teriak serbuu... sama lah sama emaknya kalo liat sale.... *malu..  Daan Nam betah bener ya di sini, walopun udah sering main perosotan, tapi karena bentuknya lucu, bolak balik Nam liatin sambil terus manjat dan meluncur.  Disediain juga lho washtafel lengkap dengan sabunnya buat cuci tangan anak-anak sehabis main.... higienis banget yaa.


Perosotan Shinkansen


Let's slide


The playground


Puas main, *lebih tepatnya dirayu udahan mainnya, kita lanjut deh ke lantai 2.  Di lantai 2 kita bisa lihat Raillway History Chronological Table, berupa lemari kaca gede yang menjelaskan sejarah perkereta-apian.  Yang paling menarik dan sayang udah selesai jam operasinya, adalah railway model diorama Untung aja petugas yang baik hati, masih ngijinin kita liat-liat walopun cuma sebentar.


Melongok area eksibisi dari atas


Railway Model Diorama

Kemudian kita kembali lagi ke lantai 1.  Di bagian outdoor sisi yang lain ternyata ada kereta mini dan miniatur operating train.  Tapi karena udah sepi (maklum udah mau tutup),  Bubu dan Ayah memutuskan masuk lagi ke dalam untuk main simulator kereta.  Sebentar ya Nam, Ayah dan Bubu main dulu.  Simulator train ini terdiri dari beberapa jenis simulator dari berbagai kereta.  Jadi kita seperti masuk di ruang masinis, dan mengendarai kereta dengan layar gede seakan-akan kita beneran ada di jalanan kereta ditambah goncangan ringan mirip lagi berada di dalam kereta.  Untunglah kita sempet nyobain 3 simulator sebelum museum ini bener-bener tutup.


Kereta mini


Simulator aneka kereta JR



Belajar jadi masinis dulu
Pas banget museum ini tutup, kita baru deh keluar.  Kita ambil barang di locker dan jalan lagi ke Tetsudo hakubutshukan Station untuk naik new shuttle menuju Omiya.  

Sampai di stasiun Omiya, yang mana banyak outlet-outlet bikin mata Bubu ijo.  Tapi ya karena sambil gendong balita, Nampaknya tak bijak kalo masih belanja juga..hehe.  Skip dulu deh belanja.  

Walopun ga direncana, ga nyesel juga udah pernah kesini.  Bukan cuma Nam yang belajar, Ayah Bubunya juga ikutan belajar perkereta apian di Jepang.

Artikel Jepang lainnya:

2 comments :

  1. Tulisannya informatif mbak, trimakasi infonya. Bbrp wkt lalu sy kesana ( sebelumnya blogwalking nemu blog ini), tapi sayang prosotan shinkansennya sedang renovasi pdhl itu salah satu yang menarik dan nampaknya disenangi anak saya.. Hehe belum rejeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak fenda..waah jd ge er saya. Yaah sayang bgt perosotannya lg d renov..memang anak2 hepi bgt sih main disitu, anak saya aja sampe susah distop 😊

      Delete